Sabtu, 26 Mei 2012

Graduation Day

Hari ini adalah hari yang paling dinantikan sekaligus menegangkan bagi sebagian besar pelajar SMA/SMK/MA di tanah air, termasuk aku. Yap, hari ini adalah hari dimana hasil kelulusan diumumkan. Jujur aku takut. Berbagai pemikiran negatif muncul di otakku. Takut beginilah, takut begitulah. Tapi aku coba buat tetep tenang.

Aku ke sekolah sekitar jam 9, pake seragam batik. Ternyata disana udah lumayan rame. Begitu dateng, aku langsung disambut sama pertanyaan salah satu temenku dari kelas sebelah, si Marla.
Dia nanya, "Eh, kamu nge-post postingan tentang perpisahan sekolah ya di blog? Yang namanya Vidialesta itu.."
Aku jawab, "Iya"
Didalem hati, aku lumayan surprised dan excited juga sih. Ternyata ada juga temenku yang baca blogku ini. Haha.. :P

Disekolah, entah kenapa aku seneng banget. Rasanya aku seneng bisa kumpul-kumpul lagi sama temen-temen setelah sekian lama kami nggak saling ketemu. Jujur, aku kangen banget sama saat-saat bareng mereka.

Sebelum pengumuman kelulusan, kami disuruh masuk ke kelas masing-masing. Disana kami dikasih pengarahan-pengarahan sama wali kelas. Setelah dikasih pengarahan, baru deh kami disuruh keluar dari kelas dan kumpul dilapangan buat dengerin arahan-arahan dari Bapak Kepala Sekolah dan menerima hasil keputusan kelulusan.

Kami berbaris dilapangan seperti ketika kami melaksanakan upacara bendera. Disana kami dikasih wejangan-wejangan dari Bapak Kepala Sekolah. Setelah beliau bicara, Pak Dedi maju. Beliau mengatakan beberapa hal. Aku nggak begitu memperhatikan. Yang ada dipikiranku adalah, apakah aku bisa lulus? apa yang bakal aku lakuin setelah ini? Apakah setelah ini aku masih bisa ketemu sama temen-temen dan guru-guruku?

Nggak tau kenapa aku jadi pengen nangis. Belom apa-apa aku udah pengen nangis!
Aku nengok temen-temen disekitarku. Mereka keliatan cemas. Mungkin apa yang mereka rasain sama seperti apa yang aku rasain.

Kemudian wali kelas masing-masing membagikan satu buah amplop kecil ke masing-masing siswa. Ketika nerima amplop itu, entah kenapa aku jadi deg-degan.
Pak Dedi mengarahkan kami untuk mengangkat amplop itu tinggi-tinggi dengan tangan kanan.
Kemudian beliau memberi kami aba-aba. Ketika beliau berseru, "BUKA!!", serentak kami membuka amplop itu dan mengeluarkan isinya.

Aku buka amplop itu dengan mengucapkan "Subhanallah" beberapa kali. Ketika aku buka, didalam amplop yang aku pegang terdapat secarik kertas bertuliskan HOREEEE.. GUE LULUS CUY...



Spontan aku langsung ngucapin "alhamdulillah". Aku peluk Rohayati, temen sebangkuku, yang ada disebelahku. Temen-temenku berpelukan. Suara jerit dan tangis kebahagiaan memenuhi lapangan sekolah. Yak! SMA Widya Utama Cirebon lulus 100%

Aku sujud syukur di lapangan itu. Aku juga menyalami guru-guru dan temen-temenku.
Aku sempet meneteskan air mata. Nggak banyak, tapi sesungguhnya apa yang aku rasain lebih dari tetesan air mata itu. Aku seneng karena aku lulus, aku seneng karena temen-temenku lulus semua, tapi disamping itu aku juga sedih karena aku takut setelah ini aku nggak bisa ketemu lagi sama temen-temenku. Kalopun ketemu, atmosfernya juga pasti bakal beda banget. Ah, andai mereka tau.. Rasanya aku pengen banget meluk mereka satu persatu.

Suasana bahagia dan haru memenuhi lapangan SMA Widya Utama pagi itu. Beberapa murid dan guru saling bersalaman dan berpelukan. Sementara Pak Kohar menyiram-nyiramkan air ke arah kami sampe kami basah kuyup. Well, kalo selama ini acara kelulusan identik dengan euforia berlebihan kayak coret-coret baju seragam dan sebagainya, aku dan temen-temen sepakat untuk nggak ngelakuin itu. Coz kasian juga kan kalo ada temen kita dari sekolah lain yang nggak lulus. Dia pasti bakal semakin sedih kalo ngeliat kami bereuforia kayak gitu. Sama aja kan kita berbahagia diatas penderitaan orang lain. Makanya kami sepakat buat nggak ngelakuin aksi coret-coret seragam dan sebagainya.

Oh ya, aku juga turut prihatin atas kejadian yang menimpa dua orang temenku, Riska dan Euis. Mereka kecelakaan ditengah perjalanan menuju ke sekolah. Entah gimana keadaan mereka, sampe ketika aku nulis entri ini aku belum tau kabar tentang mereka. Jujur, aku khawatir juga sama mereka. Coz meskipun berbeda kelas, tapi mereka juga temen baik aku.

Setelah pengumuman kelulusan, kami disuruh kembali lagi ke kelas. Disana wali kelas kami, Ibu Marfuati membagikan sebuah amplop yang lebih panjang. Amplop itu dibagikan ke masing-masing anak. Ternyata isinya adalah secarik ketas berisi keterangan kelulusan yang lebih resmi.


Well, meskipun aku belom nerima nilai-nilai Ujian Nasional-ku, tapi dengan lulus pun aku udah cukup bahagia. Sekarang saatnya menentukan masa depan.. dan aku masih bingung..


*                                           *                                           *

Kita Untuk Selamanya by Bondan feat. Fade2Black

It's not the end.. It's just beginning..

Ok.. detak detik tirai mulai menutup panggung
Tanda skenario baru mulai diusung
Lembaran kertas barupun terbuka
Tinggalkan yang lama, biarkan sang pena berlaga
Kita pernah sebut itu kenangan tempo dulu
Pernah juga hilang atau takkan pernah berlalu
Masa jaya putih biru atau abu-abu
Memori cerita cinta aku, dia dan kamu

Saat dia masuki alam pikiran
Ilmu bumi dan sekitarnya jadi kudapan
Cinta masa sekolah yang pernah terjadi
That was the moment a part of sweet memory
Kita membumi, melangkah berdua
Kita ciptakan hangat sebuah cerita
Mulai dewasa, cemburu dan bungah
Finally now, it's our time to make a history

Bergegaslah, kawan.. sambut masa depan
Tetap berpegang tangan, saling berpelukan
Berikan senyuman tuk sebuah perpisahan
Kenanglah sahabat.. kita untuk selamanya

Satu alasan kenapa kau kurekam dalam memori
Satu cerita teringat didalam hati
Karena kau berharga dalam hidupku, teman
Untuk satu pijakan menuju masa depan

Saat duka bersama, tawa bersama
Berpacu dalam prestasi hal yang biasa
Satu persatu memori terekam
Didalam api semangat yang tak mudah padam
Kuyakin kau pasti sama dengan diriku
Pernah berharap agar waktu ini tak berlalu
Kawan.. kau tahu, kawan? Kau tahu kan?
Beri pupuk terbaik untuk bunga yang kau simpan


Congratulations to our graduation, guys!

Sukses buat kita semua. Aamiin.. ;)

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;