Minggu, 17 Juni 2012

About My Dream and Failure

Well, ternyata bukan cuma melamar pekerjaan yang menuntut banyak syarat, tapi juga mendaftar ke Perguruan Tinggi. Hal ini aku alamin tiga hari yang lalu.

Kamis, 14 Juni aku mendaftarkan diri ke salah satu Perguruan Tinggi Kesehatan di kota aku. Ada tiga pilihan  jurusan di Perguruan Tinggi itu, ada Kebidanan, ada Keperawatan, dan ada Gizi. Aku ambil jurusan Gizi. Sebenernya aku agak pesimis sih. Untuk masuk ke Perguruan Tinggi itu, tentu aja kita aku harus menghadapi tes tertulis dulu. Dan pelajaran yang di-tes-kan adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA Terpadu. Well, kalo mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris mah aku optimis bisa menghadapinya. Tapi yang jadi masalah aku adalah, aku lemah dalam pelajaran Matematika dan IPA. Apalagi aku bukan berasal dari kelas IPA, tapi aku dari kelas IPS.

Tapi meskipun rasa pesimis itu ada, aku nggak mau nyerah gitu aja. Aku janji aku bakal belajar sebagai persiapan buat menghadapi tes itu. Lagian aku juga nggak bego-bego amat tuh. Haha..

Kamis siang, aku dan ibu mendatangi Perguruan Tinggi itu. Kami tiba disana sekitar jam setengah satu siang. Tapi ternyata kami nggak bisa langsung mendaftar. Siang itu para panitia pendaftaran lagi istirahat. So, kami nunggu dulu bareng para pendaftar lainnya.

Sekitar jam satu lebih, pendaftaran kembali dibuka. Kami pun menghadap panitia pendaftaran.
Ketika giliran aku, Bapak Panitia itu mempersilahkan aku untuk diukur tinggi badannya. Deg-degan banget aku waktu itu. Aku takut tinggi badan aku nggak memenuhi syarat. Dan ternyata apa yang aku khawatirkan itu bener juga. Bapak Panitia itu nyamperin ibu, trus ngomongin sesuatu yang nggak bisa aku denger. Bukan karena aku budeg, tapi karena tuh bapak suaranya kecil banget waktu ngomong sama ibu aku, seolah nggak mau didenger sama orang-orang disekitarnya. Tapi feeling aku udah mengatakan bahwa ada yang nggak beres.
Aku langsung samperin ibu aku, trus nanya, "Nggak bisa masuk ya?"
Kemudian Bapak Panitia itu bilang, "Maaf ya, De.."

JLEB! Cuma tiga kata, "Maaf ya, De.." tapi tuh kata serasa nusuk banget sampe ke ulu hati. Jleb banget sumpeh ditolak kayak gitu. Konyol banget kan, alasan aku ditolak di Perguruan Tinggi itu hanya karena aku kurang tinggi! Daaamn.. ternyata aku lebih pendek dari yang aku duga. Aku kira tinggi badan aku nyampe 148-150 cm, tapi ternyata kurang dari itu! Konyol! Konyol banget!
Perasaan aku campur aduk. Rasanya aku pengen nangis dan teriak sambil ketawa. Batin aku teriak, "Ya Allah.. perlukah saya makan tiang biar badan saya tinggi..?!!"

Bukan cuma alasan ditolak doang yang bikin aku nyesek, tapi juga aku nggak suka sama tatapan orang-orang yang waktu itu ada disana. Kok kayaknya mereka ngeliat aku dengan tatapan mengejek gitu. Gimana aku nggak makin down? Bener deh ya. Andai aku adalah seorang psikopat yang nggak peduli sama hukum, mungkin aku udah gorok mereka semua, atau aku bom sekalian tempat itu. Hahahaha.. *evil laugh*

Bener deh, aku nggak habis pikir. Kenapa ya sekarang-sekarang ini nggak kerja, nggak kuliah.. semuanya menuntut tinggi badan. Selalu tinggi badan yang diutamakan. Kenapa bukan skill?
Sumpah, ini nggak adil buat orang pendek kayak aku. Tapi ya sudahlah. Mungkin ini emang yang terbaik buat aku. Nggak ada gunanya aku nyalah-nyalahin diri sendiri yang emang udah pendek dari sananya. Lagian aku juga harusnya bersyukur sih dikasih tinggi badan yang normal meskipun nggak tinggi-tinggi banget. Masih banyak orang yang jauh lebih pendek dari aku.

Well, sebenernya sekolah di Perguruan Tinggi Kesehatan itu juga bukan keinginan aku sendiri sih, tapi keinginan ortu aku. Sebenernya aku pengen banget masuk jurusan Psikologi, secara dari dulu aku tertarik banget sama ilmu kejiwaan. Tapi ortu aku nggak setuju. Makanya aku mutusin buat belajar sendiri dengan baca-baca berbagai macam artikel. Untuk saat ini aku lagi tertarik banget mencari tau informasi tentang masalah Kepribadian Ganda dan Psikopat.

Aku pengen banget tuh punya novel Sybil yang best seller itu. Udah lama aku cari tuh novel, tapi di toko buku yang biasa aku kunjungin ngga ada. Padahal aku penasaran banget tuh sama kisah nyata tentang seorang cewek yang punya 16 kepribadian berbeda itu.

Aku pengen banget ya, suatu saat nanti aku bisa jadi seorang ahli Psikologi. Yah, mudah-mudahan Allah ngasih aku kemudahan buat mencapai mimpi aku itu. Semoga..


0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;