Selasa, 30 Juni 2015

#21

Setiap tanggal dua puluh sembilan Juni tiba, aku selalu berharap waktu berhenti di angka sebelas lebih lima puluh sembilan menit di malam hari, atau bahkan kurang dari itu. Tapi kenyataannya hal itu nggak terjadi juga. Kenyataannya hidup masih terus bergulir, seiring detik jarum jam yang terus berdetak, sementara batin aku terus meronta, “Saya ingin me-restart semuanya. Saya ingin kembali.” Tapi kalian tau, Kawan, bahwa pada akhirnya pun cuma rasa capek dan kecewa yang aku rasain, karena biar gimanapun aku (dan kita) nggak bisa melawan alam. Waktu akan terus berlari sampai Israfil meniup terompetnya, dan umur pun akan terus bertambah sampai Izrail menjemput kita ‘pulang’.

Hari ini adalah hari peringatan hadirnya aku di dunia sejak aku dilahirkan dua puluh satu tahun yang lalu. 21 tahun, hmm..

Kata orang, ketika seseorang menginjak usia dua puluh satu tahun, berarti dia mulai menapaki tangga kedewasaan. Padahal aku sendiri pengennya kayak Peter Pan yang awet muda :’)

Dan seperti biasa, nggak ada yang spesial di ultah aku. Mungkin ada beberapa hal yang berbeda, tapi tetep.. lebih banyak keselnya. Pertama, aku kesel karena planning aku buat ngajak Rohayati dan Putri Ayu buka puasa di luar gagal. Gara-garanya sih karena temen-temen aku itu lagi pada sibuk. Huaahh.. nggak tau aku lagi kangen sama mereka nih (khususnya Rohayati, kangen banget aku.. dia ngucapin ultah buat aku sampe dua kali). Yang kedua, aku kesel karena dikerjain sama temen-temen kantor—hal yang sangat nggak aku sangka bakal kejadian coz temen-temen kantor aku nggak ada yang tau kapan aku ultah.

Awalnya sih aku kesel gara-gara nada bicara Mas Aris yang kedengeran nggak enak gimana gitu kalo ke aku. Nggak tau kenapa ya, walaupun sebenernya baik, tapi Mas Aris itu diem aja serem, apalagi kalo ngomong dengan nada nggak bersahabat (=__=’) Tapi ya aku introspeksi diri aja. Aku sadar kinerja aku mungkin masih jauh dari kata bagus, dan masih suka banyak tanya karena nggak ngerti, ditambah lagi belakangan ini aku sering ijin nggak masuk kerja, dateng terlambat, atau pulang lebih cepet.. sementara rekan-rekan yang lain pusing sama kerjaan (dan makin pusing pasca hengkangnya Pak Zuhri dan Mas Rizki), walaupun aku sendiri ijin juga buat ikut bimbingan dan nyusun TA, bukan buat maen-maen.

Kemudian flashdisk aku ilang. Tadinya sih dipinjem Mas Yudi, tapi Mas Yudi ngakunya itu flashdisk udah dikembaliin lewat Mbak Ati. Dan pas aku tanya Mbak Ati, dia malah mengaku kalo dia nggak nerima flashdisk dari Mas Yudi. Aneh.. Tapi berhubung aku adalah pribadi yang kalem dan cuek, aku tenang-tenang aja gitu, nggak nyariin ato gimana. Ya soalnya aku pikir, flashdisk itu dipinjem sama rekan satu ruangan, jadi kemungkinan posisi flashdisk itu pasti nggak jauh-jauh dari tempat aku, sehingga pasti bakal ketemu walau nggak dicari.

Aku mulai ngerasain ketidakberesan ketika hape aku yang lagi di-charge nggak ada di tempat. Padahal hape aku itu baru aja aku colokin ke charger sebelum aku tinggal ke mushola buat sholat Ashar. Parahnya, yang ilang itu nggak cuman hapenya, tapi sama charger-nya juga. Aku tanya lah ke Mbak Ati dan Mas Kholik, dan lagi-lagi mereka mengaku bahwa mereka nggak tau sama sekali kalo aku nge-charge hape.

Tapi lagi-lagi aku nggak ambil pusing atas ilangnya hape aku itu, ya karena aku yakin ada oknum-oknum yang iseng. Mbak Ati dan Mas Kholik itu lah. Hey, aku bisa dengan mudahnya ngebaca ekspresi wajah boong mereka. Aku udah menduga kalo mereka mencoba ngerjain aku. Yah, akting mereka kurang jago ah :P Hanya aja pertanyaannya, kok bisa sih mereka tau kalo hari ini aku ultah?

Well, singkirkan dulu pertanyaan satu itu. Lanjut ke cerita..
Mungkin Mbak Ati dan Mas Kholik gregetan karena aku bersikap biasa aja, tenang dan nggak keliatan panik, akhirnya.. mereka bikin heboh seisi kantor! Mbak Ati teriak-teriak, “Woy, ada yang tau hapenya Putri nggak? Hape Putri ilang..” Hal itu tentu aja menambah kecurigaan aku. Aku semakin yakin kalo mereka emang berniat ngerjain aku. Dan kehebohan yang dibuat Mbak Ati pun sukses bikin beberapa rekan kantor menghampiri ruangan kami dan bertanya kepo, “Ada apa? Ada apa?” sehingga masalah yang tadinya cuma diributin bertiga (aku, Mas Kholik, dan Mbak Ati), akhirnya bener-bener bikin heboh seisi kantor, termasuk Pak General Manager. Seketika ruangan Purchasing jadi dikerumunin banyak orang (sesuatu yang menyebalkan bagi aku yang notabene nggak suka keramaian).
“Ada apa ini ribut-ribut?”
“Apa yang ilang?”
“Hapenya yang kayak gimana?”
“Emang beneran ilang?”
“Berapa harga hapenya?”
“Hapenya mahal nggak? Udah ikhlasin aja!” Begitulah suara-suara yang aku denger diantara kerumunan. Beberapa suara terdengar serius, beberapa terdengar ngeledek, dan beberapa terdengar seperti seolah-olah aku adalah tukang jual beli hape. Aku jelasin deh, “Hape itu baru aja saya colokin kok, trus saya tinggal sholat, pas balik hapenya udah nggak ada. Mas Aris tau kok. Pas saya nge-charge kan dia lagi nge-print disini.”
Eh, tanpa diduga, Mas Kholik malah nuduh Mas Aris yang ngumpetin, sampe-sampe yang dituduh pun menghampiri aku dan bilang, “Jadi Mbak Putri nuduh saya ngambil hape Mbak Putri?”
Haisshh.. padahal aku sama sekali nggak bermaksud nuduh. Lagian ogah banget deh aku berurusan sama kloningannya Tatsuya Fujiwara satu itu. Dia bilang kayak gitu sambil senyum lho, tapi tetep aja serem. Nggak tau kenapa orang itu kok aura seremnya kuat banget -_-

Keributan di ruangan itu berlangsung beberapa menit, sampe akhirnya..

BRUSSSSS..
Tanpa diduga, seketika badan aku dari kerudung sampe sepatu dipenuhi potongan-potongan kertas yang berasal dari mesin penghancur kertas, dan ucapan ‘happy birthday’ pun langsung menggema. Tuh kaan..

Lalu rekan-rekan pun menyalami aku. Ada yang ngasih kartu ucapan, bungkusan dari kertas koran, dan hape aku yang sedari tadi diumpetin tentunya. Yang koplak tuh Mas Salim. Masa dia ngasih aku buah kapuk yang warnanya masih ijo gitu. Aneh-aneh aja -_-

Dan sesi selanjutnya adalah.. sesi bersih-bersih. Aku kudu nyapuin kertas-kertas yang bertebaran itu. sendirian. Iya, sendirian. Haisshh.. padahal yang nyampah kan bukan aku -_-

Kotak berbungkus koran yang dikasih Mbak Ati berukuran lumayan gede. Dia nyuruh aku buat buka bungkusan itu dirumah. Ketika sampe rumah dan aku buka, ternyata apa coba isinya?
Kertas-kertas itu lagi.. dan dua lembar Deka Crepes rasa pisang coklat yang dibungkus plastik. Whattheheck?! Ya udah langsung aja aku masukin mulut. Kebetulan aku belom buka puasa :v
Panteeees.. pantes aja feeling aku rada aneh pas Mbak Ati ngasih kado berbungkus kertas koran itu dan mengaku kalo kado itu dari dia dan Staff Keuangan. Soalnya, sebelumnya Mbak Ati pernah merencanakan ngasih kado aneh di hari ultah Mbak Lela.

Dan kartu ucapan itu, ternyata didalemnya ada foto aku. Tapi fotonya kurang bagus gimana gitu, coz yang motret ngambilnya diem-diem dan nggak fokus sehingga agak nge-blur. Kalo bagus udah aku pajang deh di figura.

Oh ya, seperti yang udah aku duga sebelumnya, bahwa Buyung yang selama di kantor tadi diem-diem aja dan nggak terlibat dalam kehebohan justru adalah dalang dari semua ini. Iya, karena dia adalah satu-satunya orang yang tau dan inget tanggal ulang tahun aku. Sedangkan aku sendiri nggak pernah ngasih tau tanggal ultah aku dan ngumbar status yang berbau-bau hari ultah gitu.

Untuk make a wish.. aku bener-bener make a wish karena yang aku minta cuma KEBAHAGIAAN. Kenapa aku cuma minta kebahagiaan? Ya karena satu hal ini bisa mewakili segalanya. Bahagia karena panjang umur, bahagia karena sukses, bahagia karena banyak rejeki, bahagia karena punya kehidupan yang lebih baik.. begitulah.


Well, happy 21st birthday to meee..


0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;