Jumat, 13 Mei 2016

SING!

Aku yakin orang-orang di dunia mostly pada suka nyanyi. Bahkan aku yang menurut teman-temanku kayak patung berjalan ini juga honestly suka sama yang namanya nyanyi. Aku memang nggak kayak teman-temanku yang pede-pede aja nyanyi didepan orang lain, ataupun di tempat karaoke umum. Aku lebih suka nyanyi-nyanyi sendiri di kamarku, atau di kamar mandi. Bagiku, bernyanyi itu termasuk kedalam suatu kebutuhan.

Ada suatu waktu ketika aku ngerasa down banget. Pengen nangis, udah terlalu capek.. Pengen teriak, nggak enak didengar tetangga (takut dikira kesurupan or sumthin’). Maka nyanyi adalah cara melampiaskan emosi yang aku pilih, khususnya menyanyikan lagu-lagu yang liriknya sesuai dengan apa yang aku rasakan saat itu, dan ini ampuh banget. Aku selalu ngerasa lebih lega setelah ngelakuin itu.

Ngomong-ngomong soal nyanyi, ada satu aplikasi yang lagi aku suka banget. Namanya Sing! Karaoke by Smule (well, let’s say it’s Smule). Smule ini merupakan sebuah aplikasi Android yang menyajikan fitur-fitur perekam suara dan efek-efek audio bagi mereka yang hobi berkaraoke. Bahkan nggak hanya itu, dengan aplikasi ini juga memungkinkan para penggemar karaoke untuk berduet sama artis dan para pengguna Smule di seluruh dunia.

 Aku mengenal aplikasi ini dari Tri, teman dekatku yang udah pake aplikasi ini duluan. Dia sering banget pake aplikasi ini dan membagikan hasil karaokenya ke akun media sosial yang dia punya. Karena penasaran, akhirnya aku coba download dan install aplikasi ini. Di awal pemakaian, aku sempat nggak ngerti. Bingung gitu gimana caranya. Akhirnya aku uninstall deh aplikasi itu.

Tapi beberapa hari kemudian, aku kembali menginstallnya. Hahaha..
Aku coba utak-atik sampe ngerti, dan.. well, sejak saat itu aku jadi hobi nge-Smule. Tapi nggak semua lagu yang aku nyanyikan di Smule aku upload. Seringnya aku mengupload lagu-lagu yang liriknya mewakili perasaanku saat itu dan lagu-lagu yang didalamnya nggak banyak suara noise ataupun suara yang nggak karuan. Aku inget, lagu yang pertama kali aku nyanyikan di awal pake aplikasi itu. Aku bawain lagu With Ears to See and Eyes to Hear-nya Sleeping With Sirens dan berduet sama seorang cowok. Nah, selama nyanyi, pasangan duetku itu sering nge-scream nge-scream gitu, padahal lagunya akustik. So, lagu With Ears to See and Eyes to Hear yang saat itu lagi aku suka banget nggak menjadi lagu pertama yang aku upload di akun Smule-ku.

Lagu pertama yang aku upload justru lagu Hold On Till May-nya Pierce The Veil. Belakangan ini aku memang lagi suka banget sama lagu itu, dan aku selalu emosional setiap kali membawakannya sendirian. Sebenernya saat itu aku pengen banget menyanyikannya secara solo, tapi karena musik karaoke versi solonya nggak tersedia saat itu, akhirnya aku berduet sama seorang cewek yang dari suaranya juga sepertinya mendalami lagu ini. I guess..

Aku jadi inget, dulu Teh Tyas pernah ngasih aku link video Youtube yang memperlihatkan beberapa orang dari negara berbeda yang berkolaborasi membawakan lagu The Only Exception-nya Paramore, dan itu awesome banget! Kami juga sempat berkeinginan melakukan hal yang sama, bareng Maya, bareng Sarah Azka, bareng Tika, bareng Diah.. Tapi hal itu nggak kesampean karena kami nggak tau gimana caranya. Saat itu juga belum ada aplikasi kayak Smule—saat itu kami baru mengenal Soundcloud, dan Android belum dimiliki banyak orang kayak sekarang. Zaman semakin maju, Smule nongol.. eh, pertemanan kaminya udah nggak kayak dulu lagi. Hahahaha.. :’D

Anyway, adikku sering komen mengenai hobiku yang suka nge-Smule. Katanya, “Nggak maluan ih, suaranya didenger sama orang”. But I don’t care. Okay, aku tau banget kalo suaraku nggak bagus. Sebagai cewek, suaraku nggak ada soft-softnya kayaknya. Trus kadang kayak orang ngeden, kadang cempreng, kadang mleot.. Wakakakak.. Tapi whatever lah. Toh, orang-orang itu nggak kenal aku secara langsung juga. Teman-teman dunia nyataku yang pake Smule juga mostly teman-teman yang akrab dan sering main bareng :p

Oh ya, kayaknya banyak ya yang mencari tau about how to download our Smule performance alias gimana caranya mendownload hasil rekaman karaoke kita di Smule. Nah, bagi kamu yang pengen banget menambahkan hasil rekaman karaoke kamu ke playlist musik kamu, kamu tinggal klik aja www.thebluebyte.com/getsmule.


Kalo udah masuk ke halaman itu, kamu tinggal copy-paste link lagu yang mau kamu download ke kolom URL yang tersedia disitu, lalu klik ‘SUBMIT’. Setelah itu, halaman akan menampilkan judul lagu yang mau kamu download. Klik ‘DOWNLOAD AUDIO PERFORMANCE’. Nah, udah deh.. hasil karaoke kamu tersimpan di device kamu. Tenang aja, ini bisa kamu lakukan di komputer maupun di Android kok. Tapi kalo pake Android, aku saranin sih pake UC Browser, coz aku pernah coba download pake browser bawaan Android malah gagal. Hahaha.. Nggak tau sih kalo pake browser lain. 

Well, selamat ber-Smule Smule ria deh ^^

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Pertqma denger suaramu aku kagum. Lembut banget. Rasanya jadi pengen ketemu trs ngobrol...hehe. suaramu bagus ^^

Putri Vidialesta mengatakan...

Aih, it's not that good. Yang lembut itu kan suaramu, Sis. Aku cuma 'berusaha' buat lembut, dan sepertinya kurang berhasil xD

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;