Minggu, 18 September 2016

The Black Parade Tribute Album


Sekitar dua bulan yang lalu, keluarga MCRmy sempat dibikin heboh dengan kemunculan sebuah video teaser yang diunggah di official account Facebook My Chemical Romance. Video dengan durasi sekitar tiga puluh detik itu menampilkan sebuah bendera dengan logo (baru) My Chemical Romance yang berkibar perlahan dengan intro lagu Welcome To The Black Parade sebagai backsound. Yup, cuma video bendera berlogo My Chemical Romance yang berkibar. Tapi di akhir video, sebuah angka misterius muncul.

9/23/16.
Sebuah tanggal. Mereka nggak menjelaskan apapun, sehingga kemunculan video misterius itu memunculkan beberapa asumsi dari para MCRmy, khususnya mereka yang belum sukses move on dari band yang memutuskan 'turun panggung' di tahun 2013 ini. Ada yang menduga bahwa mereka bakal meluncurkan album baru, ada yang menduga bahwa mereka bakal reunian, ada yang ngarep mereka bakal mengadakan tour.. Nggak terkecuali aku. Tapi ada juga sih yang menanggapinya dengan biasa aja tanpa banyak berasumsi dan berharap. Maklumlah, kami memang udah beberapa kali di-PHP-in. But however, sebagian besar dari kami excited banget karena kemunculan video teaser itu. Ngaku deh, kamu yang MCRmy pasti sempat berharap sama kan?

Eh, nggak taunya apa?
Keesokan harinya, mereka (official account Facebook My Chemical Romance) memupuskan harapan kami. Mereka update status gini,
"We've been really touched and blown away by the response to the teaser trailer. We are not touring and there is no reunion planned. Only a release for the anniversary of The Black Parade. Thanks so much for continuing to keep MCR in your minds and in your hearts".

Haaaahh.. kecewa deh jadinya. Rupanya video teaser itu cuma untuk menyambut peringatan anniversary album The Black Parade yang kesepuluh tahun. Well, semenjak saat itu, aku benar-benar berhenti berharap akan kembalinya My Chemical Romance, hanya aja memang ada rasa penasaran sama tanggal yang tertera di video teaser itu. Kira-kira ada apa ya di tanggal 23 September 2016?

Daaaaann.. sebulan setelah itu, aku dibuat surprised sama postingan yang di-share sama salah satu teman One Ok Rocker-ku di Line. Postingan itu menyebutkan tentang One Ok Rock yang bakal meng-cover lagu The End yang merupakan salah satu dari lagu My Chemical Romance di album The Black Parade. One Ok Rock bukan satu-satunya band yang meng-cover lagu dalam album ini, tapi ada dua belas band lainnya yang ikut berkontribusi dalam peluncuran album bertajuk The Black Parade Tribute ini. Dua diantaranya adalah Asking Alexandria dan Crown The Empire yang merupakan band-band favoritku.

Saat itu, rasanya rasa kecewaku sama My Chemical Romance cukup terpulihkan. Aku kembali bersemangat dan nggak sabar kepengin cepat-cepat bulan September tiba. Yah, gimana nggak excited coba? Band-band favoritku ikut campur tangan dalam peluncuran album tribute band favoritku juga. It was more than just a good news! Aku sempat luar biasa nggak sabaran waktu nyimak teaser albumnya di Line.

Dan sekarang, album itu finally udah masuk ke playlist-ku! Big thanks to Putri dan Tifanny yang berbaik hati nge-share download link-nya ke aku. Kalian care sekali ^^
Tanpa banyak cingcong, setelah dapet link itu dari mereka berdua, malam harinya aku langsung download tuh album. Kenapa harus download malam? Ya karena aku memang cuma bisa mengandalkan kuota malam buat download file-file besar. Hahahaha..
Karena downloadnya lumayan lama sementara mataku udah lumayan berat, akhirnya downloadannya aku tinggal tidur deh.

Besok paginya, sambil prepare berangkat ngantor, aku play semua lagu dalam album itu. Nah, berikut ini adalah urutan lagu-lagu dalam album The Black Parade Tribute ini dari yang paling aku suka :
1.     House Of Wolves – Palisades. I never listened to their songs before, tapi sumpah.. denger coveran mereka yang satu ini, aku langsung jatuh cinta. Lagunya asik banget, bikin aku nge-dance dan jingkrak-jingkrak sendiri di kamar sepanjang lagu.
2.     Sleep – New Years Day. You know what? Waktu awal dengar lagu ini, aku sempat berpikir kalo penyanyinya cowok. Hahaha.. Tapi setelah dengar lagu ini untuk kedua kalinya plus browsing, aku jadi tau bahwa penyanyinya cewek. Suaranya keren banget, apalagi di bagian teriakan.. ugh, dapet banget feel-nya.
3.     Cancer – Twenty One Pilots. Awal dengar lagu ini, jujur rasanya agak bosan karena ada beberapa part yang liriknya diulang-ulang. Tapi setelah dengar lagu ini untuk kedua kalinya, penilaianku tentang lagu ini berubah. Aku pikir Twenty One Pilots ini keren banget ya. Karena apa? Ketika mostly para musisi meng-cover lagu-lagu dalam album ini mirip dengan versi aslinya, Twenty One Pilots justru berani beda.
4.     Teenagers – Against The Currents. Sejak pertama kali dengar band ini duet bareng Taka di lagu Dreaming Alone, aku udah jatuh cinta banget sama suara lembut-lembut empuknya Crissy. Dan aku pikir lagu ini lumayan asik dibawakan sama mereka.
5.     Dead – Escape The Fate. Dari segi musik, menurutku ini terlalu mirip sama versi aslinya, tapi keren laah..
6.     Famous Last Words – Asking Alexandria. Jujur, aku agak kecewa sama yang satu ini. Aku sama sekali nggak berpendapat bahwa coveran mereka jelek, sama sekali enggak. Hanya aja aku berpikir ini nggak sesuai dengan ekspektasiku. Serasa bukan Asking Alexandria.
7.     Welcome To The Black Parade – Crown The Empire. Ini apalagi. Duuuhh.. sumpah, sebenarnya aku berharap banyak sama mereka. Karena apa? Pertama, lagu ini adalah the best song-nya album ini; kedua, Crown The Empire adalah salah satu band favoritku. Aku jatuh cinta setengah mati sama lagu The Fallout dan Johnny Ringo-nya mereka.  Tapi pas dengar lagu ini versi mereka.. well entahlah, aku nggak merasa lagi dengar Crown The Empire. Tapi yaaah.. walaupun lagu Welcome To The Black Parade versi mereka nggak mampu bikin aku merinding kayak versi aslinya, tapi not bad lah..
8.     Mama – Ghost Town. Dua kata buat lagu ini. Musiknya asik. Bikin goyang. Dan satu lagi.. suara vokalisnya seksi. I dunno. Hahaha..
9.     The End – One Ok Rock. Alright, mungkin teman-teman One Ok Rocker bakal mengutukku habis-habisan karena menempatkan band sekelas One Ok Rock pada posisi ini. Well, entahlah.. Aku kecewa, kenapa One Ok Rock justru kebagian lagu dengan durasi paling sedikit dalam album ini. Dan nggak tau kenapa, kok rasanya menurutku lagu ini kurang cocok aja dibawakan sama mereka. Kalo aja One Ok Rock meng-cover lagu lain (I Don’t Love You, atau The Sharpest Lives, misalnya), mungkin coveran mereka bakal lebih memuaskan. I’m so sorry for that..
10. Disenchanted – Chunk! No, Captain Chunk. Sebenarnya ini lagu favoritku banget. Tapi sayang, CNCC nggak berhasil membuatku merinding seperti kalo aku dengerin lagu versi aslinya.
11. The Sharpest Lives – State Champs
12. This Is How I Disappear – Creeper
13. I Don’t Love You – Mouse Blood


That’s all, Guys. Intinya, menurutku sih album ini cukup sukses ya. Cover-nya bagus-bagus, walau TETEP nggak mengalahkan versi aslinya yang menurutku berasa banget emosionalnya. Dan yang paling penting, album ini benar-benar memberiku nostalgic feeling. Andai keluarga MCRmy masih sesolid dulu, wah, pasti grup MCRmy udah rame banget deh, pada diskusi tentang album ini. Tapi sekarang, yang bisa kami lakukan cuma mengutarakan pendapat mereka tentang album ini di status media sosial masing-masing. Aku sendiri cuma sharing sama Tifanny dan pembaca blogku ini. And one more thing, aku nggak ragu untuk bilang bahwa The Black Parade adalah album musik terbaik yang pernah aku dengar. Aku nggak pernah suka sama sebuah album yang seluruh lagunya aku suka. Pasti aja ada satu-dua lagu yang kurang klop di kuping. But The Black Parade album is the exception. Aku suka sama semua lagu dalam album itu, dan meskipun udah enam tahun berlalu (karena aku telat banget kenal MCR dan baru punya album itu di playlist-ku pada tahun 2010), rasanya lagu-lagu dalam album The Black Parade tetap nggak pernah bosan kudengar dan kunyanyikan sampai sekarang. So I think The Black Parade is not dead, and never gonna die :)

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;