Selasa, 11 Maret 2014

Good News? Or Bad News?

Dear, Blogger. Udah seminggu ini aku magang lagi setelah beberapa bulan yang lalu aku resign magang dari perusahaan industri rotan yang pernah aku ceritain itu. Kali ini aku magang di salah satu cabang dari perusahaan terbesar di Indonesia. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri semen.

Well, aku nggak magang sendirian disini. Jadi ceritanya, hari Senin tanggal 3 Maret lalu, aku dipanggil salah satu staff CnP di kampus. Aku ditugasin buat magang di perusahaan itu bareng Riris  keesokan harinya. Sebenernya sih sebelumnya CnP nelpon aku buat nawarin aku ngikutin interview kerja di salah satu perusahaan furniture sebagai receptionist. Tapi aku tolak, coz aku ngerasa kurang mampu bekerja di posisi itu. Yaaahh.. tau sendiri lah, pekerjaan receptionist kan gitu, mengandalkan kemampuan berkomunikasi yang baik. Sedangkan aku sadar kalo communication skill-ku masih jauh dari kata baik. Lagian pengalaman kerjaku kan belum banyak. Aku magang di perusahaan industri rotan itu juga baru sekitar sebulan. Dan karena hal itu, aku minta ke CnP buat magang dulu, sampe akhirnya aku terdampar di perusahaan industri semen ini deh.

Awalnya, aku kira cuman aku dan Riris yang ditugasin magang disitu. Eh, ternyata ada lima orang lagi selain kami, dan semuanya cewek. Hari Selasa itu, aku dateng paling telat. Mobil kampus yang nganter kami udah mulai jalan buat ninggalin halaman depan kampus gitu. Untung aja aku nggak sampe ditinggal. Aku duduk didalem mobil bagian tengah bareng Ati, Riris, dan seorang temen yang aku nggak tau siapa namanya. Wakakak..

Waktu itu rasanya aku nervous banget, plus takut. Takut nggak bisa beradaptasi, takut karyawan-karyawannya jutek.. macem-macem deh. Apalagi Pak Andi mengatakan bahwa tantangan magang atau bekerja buat cewek di perusahaan tersebut lumayan berat, coz kebanyakan karyawan di perusahaan itu tuh cowok. Hanya cewek-cewek bermental kuatlah yang bisa lama bertahan disana. Denger hal itu, aku jadi makin was-was dan stress.  Aku bertanya-tanya, seperti apakah suasana bekerja disana, sampe-sampe kita harus punya mental kuat buat bisa bertahan? Aku doa sepanjang jalan biar Tuhan memperlancar jalanku, dan ngilangin rasa cemas di hati dan pikiranku.

Lagu Opick menemani perjalanan kami waktu itu. Ajaibnya, lirik lagunya rada ngena gitu buat aku..

Tenang.. tenang.. tenang.. tenanglah..
Bersabarlah, Allah mendengarmu
Oh, tenang.. tenang.. tenanglah..
Percayalah, Allah menyayangimu

Ngedenger lagu itu, aku ngerasa seolah-olah Opick ada disebelah aku sambil memotivasiku buat tenang dan nggak cemas. Eh, efeknya ada lho. Aku jadi rada tenang walau sedikit.

Akhirnya mobil yang kami tumpangi memasuki halaman perusahaan yang luas banget itu. Kami langsung dibawa Aam (temen sekelasku yang udah kerja disana) ke sebuah ruangan yg ternyata adalah ruang khusus acara orientasi siswa-siswi serta mahasiswa-mahasiswi yang bakal ngadain Praktek Kerja Lapangan (PKL) di perusahaan itu. Ternyata yang bakal magang nggak cuma kami doang lho, tapi banyak. Mereka dateng dari beberapa SMK dan universitas. Malah ada mahasiswa-mahasiswi dari Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang juga. Gila, jauh-jauh magang kesini!

Di ruangan itu, kami diberi materi tentang berbagai hal mengenai perusahaan tersebut, mulai dari sejarah, visi misi, info produk, sampe aturan-aturan yang harus ditaati selama bekerja disana. Kami juga dibagi untuk magang di departemen yang berbeda-beda. Enam temenku diberi tugas menempati tiga departemen yang berbeda secara berpasangan. Jadi satu departemen, dua orang gitu. Sementara aku nggak punya pasangan karena jumlah kami ganjil, tujuh orang. Aku kebagian nempatin departemen yang udah ditentukan itu sendirian. Mechanical Department. Nggak kebayang, aku bakal jadi satu-satunya karyawan cewek disana.

Hari itu, kami bener-bener full ngedengerin pengarahan, belum kerja. Kami juga dikasih berbagai perlengkapan keamanan seperti helmet, safety shoes, dan masker, serta kartu pengenal. Lucunya, ukuran safety shoes-nya itu gede-gede semua. Menurut Aam, ukuran paling kecil adalah nomer 38, itupun ukurannya lebih besar ketimbang sepatu biasa. Belum lagi sepatunya juga berat gitu. Sementara ukuran sepatuku adalah nomer 36, itupun masih rada longgar dikit. Bisa dibayangkan betapa kecilnya kakiku. Belum lagi badanku yang juga kecil bagai hobitt, sehingga badanku pun bisa ketelen safety shoes itu kalo aku pake. OK, untuk kalimat yang terakhir itu aku nggak bener-bener serius :P

Karena nggak ada ukuran yang pas, aku belum dapet safety shoes itu. Begitu juga dengan temen-temenku yang lain. Satu-satunya dari kami yang udah dapet safety shoes itu cuma Riris. Masker juga belum dikasih, sehingga mengharuskan kami buat bawa masker sendiri dari rumah.

Keesokan harinya, aku dan enam temenku dipanggil ke sebuah ruangan. Disana kami duduk-duduk sebentar, sampe akhirnya kami dikirim ke departemen masing-masing. Aku dianter seorang karyawan ke Mechanical Departement dengan menumpang motornya. Ternyataaaa.. Mechanical Departement terletak paling ujung. Kantornya deket banget sama pabrik dan gunung kapur, sehingga banyak debu-debu beterbangan. Benda-benda disekitar tempat itu aja pada kotor ketempelan debu gitu. Sumpah, nggak nyangka banget aku ditempatin disitu. Aku kan alergi banget sama debu. Tapi untungnya selama aku magang disana, aku nggak sampe kenapa-kenapa sih, asal ditutupin aja idungnya pake masker. Honestly, aku benci sama gambar di maskerku. Doraemon gitu lho! Hadeeehh.. yang gambar tengkorak ada nggak sih? Aku mau beli.. (=__=')

Anyway, satu-satunya yang bikin aku bengek adalah jarak dari jalan raya ke Mechanical Department yang lumayan jauhnya, sehingga kalo mau kesana lebih baik minta anter sama supir mobil kontraktor buat nganterin. Tapi karena aku ngerasa nggak enak kalo minta anter (karena nggak ada yang kenal), aku lebih sering jalan kaki. Walhasil, perjalanan dari jalan raya ke Mechanical Department atau dari Mechanical Department ke jalan raya selalu membuat aku ngos-ngosan dan pegel di kaki setiap malem. Ah, gapapa deh. Ini namanya bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Untungnya, ternyata aku bukan satu-satunya karyawan cewek disana. Ada salah satu anak LP3I dari jurusan lain juga yang magang disana. Adelia namanya. Dia seangkatan sama aku dari jurusan Office Management. Udah sekitar sebulan dia magang disana.

Hari pertama di Mechanical Departement, aku dikasih materi tentang hal-hal yang berkaitan dengan Mechanical Departement oleh Pak Aris di ruang meeting. Aku nggak sendirian. Ada Adel dan dua orang cowok juga yang ngikutin kegiatan itu. Anyway, dua orang cowok itu berasal dari Universitas Diponegoro Semarang. Selama seminggu magang ini, aku hampir nggak pernah ngobrol sama mereka. Begitu juga dengan Adel. Aku komunikasi sama mereka cuma pas hari pertama masuk Mechanical Departement aja. Waktu itu cuman nanyain asal universitas. Haha..
Setelah dapet materi dari Pak Aris, kami kembali dikasih materi oleh Pak Febri. Kali ini kami dikasih materi tentang bagaimana cara Mechanical Department menangani masalah limbah di sekitar pabrik mereka.

Hari-hari pertama magang disitu, rasanya bete banget. Aku cuma duduk-duduk disebuah ruangan khusus berkumpulnya anak-anak PKL. Nggak ada kerjaan, nggak bisa online karena sinyalnya suka ilang-ilang gitu, nggak ada yang bisa diajak ngobrol pula. Satu-satunya hiburanku disana hanyalah kursi beroda yang bisa muter itu. Entah kenapa aku suka banget duduk sambil muter-muterin kursi. Yah, sedikit ngehibur diri aja sih, walaupun nggak banyak ngilangin BT. Sebenernya aku udah beberapa kali ngajak Adel ngobrol, tapi dia cuma jawab seperlunya gitu. Ya mungkin masih canggung kali ya.

Tapi semua berubah setelah sebuah insiden terjadi. Waktu itu aku ngikutin Adel yang lagi ngerjain tugas yang dikasih sama salah satu karyawan. Dia ditugasin buat nge-scan beberapa file gitu. Nah, pas dia lagi nge-rename hasil scan-nya, ekstensi file yang berformat jpg itu keapus sehingga menyebabkan hasil scan-nya nggak bisa dibuka. Trus aku kasih tau aja, "Coba deh kamu rename file-nya, terus kasih format .jpg  di belakang nama file-nya".
Awalnya dia kayak yang canggung gitu ngikutin saran aku, tapi akhirnya dia ikutin juga.. dan TADAAA..!! File-nya bisa kebuka lagi deh. Dan, semenjak itu Adel pun jadi akrab sama aku. Kalo biasanya aku yang memancing obrolan, sekarang malah dia yang sering mancing obrolan dan punya banyak cerita. Awalnya aku kira dia pendiem kayak aku, ternyata nggak. Haha..

Jadi, selama semingguan magang ini, aku bareng-bareng Adel terus.

Oh ya, pernah waktu itu sepatu aku copot haknya. Kalo nggak salah hari Jumat. Waktu itu aku lagi ngerjain tugas yang dikasih sama Pak Dion. Aku duduk didepan komputer, ngerjain tugas, dan kakiku bergerak kesana kemari, ngegoyangin kursi ke kanan dan kekiri. Dan tiba-tiba hak sepatu sebelah kananku copot! Gee! How come?! Padahal baru beli kemaren lho, masa udah copot aja? Mana di tempat kerja lagi! Aku rada bingung, tapi aku coba buat tenang. Aku selesain kerjaanku sampe istirahat tiba. Pas istirahat, kantor sepi, coz hampir semua karyawan pada sholat Jumat. Aku kembali ke ruangan anak-anak PKL dengan menyeret kakiku. Konyol.

Karena nggak menemukan lem buat nempelin hak sepatuku yang copot itu, aku pun memutuskan buat nempelin hak sepatu itu pake permen. Yak, aku nggak becanda. Aku nempelin sepatu itu pake PERMEN! Permen yang mirip permen Sugus itu tinggal satu-satunya di tas aku. Sebenernya buat ngilangin ngantuk. Tapi karena terpaksa, aku pake permen itu sebagai pengganti lem. Dan, VOILA! Hak sepatu aku pun kembali nempel pada tempatnya.

Tapi ternyata hal itu nggak berlangsung lama. Namanya juga permen biasa. Kelengketannya nggak kuat rupanya. Hak sepatuku kembali copot. Hopeless, aku telepon ibuku deh. Aku minta solusi gitu. Eh, tanpa diduga, ibu malah ngotot banget nyamperin aku ke perusahaan itu sambil bawain sepatu baru. Padahal aku nggak minta, coz aku tau perusahaan itu jauh dari rumah. Perjalanannya aja lebih dari setengah jam mungkin. Oh, Mom! Terharu aku..

Ketika ibu aku dateng, aku diminta ke Security Post 1, coz ibuku nunggu disana. OMG! Security Post 1 kan letaknya dideket jalan raya. Karena aku bingung tentang siapa yang bisa aku minta tolong anterin, aku mutusin buat jalan kaki sendirian kesana. Aku pinjem sendal jepit salah satu karyawan. Itupun ukurannya kegedean. Bodo amat lah. Ibuku udah nyamperin aku jauh-jauh dari rumah demi ngeganti sepatuku yang haknya copot itu dengan sepatu baru, masa iya mau aku cuekin? Akhirnya aku pun terselamatkan, nggak harus nyeret kaki lagi. Hahaha..

Oh ya, di hari yang sama, kami kedatengan anak PKL baru. Cowok. Hmm.. sebenernya nggak baru juga sih. Aku udah liat dia sejak hari pertama aku menginjakkan kaki di perusahaan itu, hanya aja dia pindah dari Technical Services Division ke Mechanical Department ini. Aku juga nggak banyak komunikasi sih sama cowok itu. Mungkin akunya juga yang terlalu cuek. Dia lebih sering ngobrol sama Adel. Itu juga nggak sering-sering banget sih. Adel ngaku kurang suka sama cowok itu, coz menurutnya cowok itu terlalu cerewet. Sedangkan aku sendiri ngerasa biasa aja sih, hanya aja dia ngingetin aku sama seseorang (bukan someone special lho ya!). Nggak tau kenapa aku ngerasa ada beberapa hal dalam diri cowok itu yang mirip sama dia. Cara ngomongnya, nada bicaranya, cara jalannya, bahasa tubuhnya.. mirip. Cuma fisiknya aja yang beda. Waktu aku magang di perusahaan rotan itu juga yang mirip sama seseorang itu, yaitu Factory Manager-nya. Well, lagi-lagi dia bukan mirip secara fisik, tapi cara ngomongnya, nada bicaranya, cara jalannya, bahasa tubuhnya, bahkan nada ketawanya.. mirip. Aku sempet curhat tentang cowok itu ke Riris. Eh, aku malah dikira terkesan sama cowok itu. Hadeeehh.. apa banget coba? Padahal aku ngerasanya biasa aja tuh. Bahkan aku rada geli juga sama tuh cowok. Coz tuh cowok kalo ngeluarin sesuatu dari dalem tasnya selalu berisik. BRAK BRUK BRAK BRUK!! Seolah-olah barang-barang yang dia keluarin itu sengaja dia banting-banting ke atas meja. Sering banget aku dibikin kaget sama dia karena keberisikannya itu. Ckckck..

By the way, klo dibandingin antara tempat magang aku yang dulu dengan yang sekarang, jujur aku lebih suka magang di tempat yang sekarang sih. Kenapa? Coz walaupun disitu rekan kerja yang sama-sama cewek cuma Adel doang, dan letak kantor yang jauh amat serta krisis sinyal, tapi aku ngerasa nyaman kerjanya. Di tempat magang yang dulu, aku selalu ngerasa kayak diawasin. Apalagi managernya itu lho, rada killer.. trus sering ngasih tugas ngitung. Aku kan paling nggak suka kalo harus ngadepin itungan. Tapi ditempat ini, aku bisa kerja dengan tenang tanpa ngerasa diawasin. Nyaman aja gitu. Nggak ada tugas itungan pula. Haha..

Oh ya, Kak Oman juga masih PKL disini rupanya. Dia itu kakak seniorku sekaligus salah satu pembimbing di klub SICE dulu. Aku sempet nyapa dia beberapa hari yang lalu, tapi aku nggak sempet nanya di departemen mana dia magang.

***

Dan hari ini, aku mendapat sebuah kabar yang aku sendiri nggak tau apakah lebih pantes disebut good news atau bad news buatku. Aku ditunjuk Mr Rudi buat ngikutin Speech Competition di LP3I Jakarta!

Jadi ceritanya, sore tadi sebelum dimulainya kuis mata kuliah Export Import, aku nemenin Desy ke ruang pendidikan buat minta kertas folio. Pas aku keluar dari kelas, tiba-tiba Mr Rudi manggil,
"Hey, Putri, Putri!" spontan aku nengok. "Kamu Putri kan?" tanyanya. Well, rada nyesek juga sih pas beliau nanya gitu. Gimana bisa beliau kurang ngenalin aku setelah beberapa waktu yang lalu beliau terlibat dalam penyeleksian kandidat mahasiswa-mahasiswi peserta LP3I Sit in Malaysia dimana aku adalah salah satu pesertanya? Yah, tapi aku sadar juga sih kalo ini salah aku, kurang gaul, dan kurang terkenal.. (=__=')
"Ya, Pak," jawabku. Aku pun dipanggil ke ruangannya, dan disanalah beliau memaparkan maksudnya.

Awalnya sih beliau nanya-nanya gitu.. apakah aku udah magang atau kerja belum, mulai magang kapan, pulang jam berapa, hari liburnya kapan, di tempat magang sibuk atau nggak.. macem-macem deh. Tapi selama beliau nanya-nanya gitu, aku udah bisa ngira-ngira sih bahwa kalo udah disuruh menghadap beliau, pasti masalah yang dibahas nggak jauh-jauh dari bahasa Inggris. Aku pun nanya, "Kalo boleh tau ada apa ya, Pak?"
Baru deh beliau jawab, "Begini, saya bermaksud mendaftarkan kamu untuk mengikuti Speech Competition."

JGEEEERR!!
Bagai denger petir di siang yang terik, aku kaget.. tapi nggak sampe jantungan. "Dimana, Pak?" tanyaku. "Di Jakarta," jawab Mr Rudi.
JGEEERR!! Petir kedua bunyi.
My Gee! Ngikutin Speech Competition di kota sendiri aja rasanya gimanaaaa gitu, apalagi di pusat, melawan anak-anak LP3I dari kota-kota lainnya. Bawa nama kota gitu lho!
"Berdasarkan pertimbangan saya setelah kamu mengikuti seleksi kandidat LP3I Sit in Malaysia itu, saya melihat kamu punya skill komunikasi berbahasa Inggris yang cukup baik dibanding yang lain. Makanya untuk Speech Competition ini, saya menunjuk kamu".
What? Begitukah? Padahal aku sendiri ngerasa gagap.

"Lombanya tanggal 18 Maret, tapi kalo kamu sibuk magang gitu, saya bingung.." kata Mr Rudi. Matanya menatap lantai seolah memikirkan sesuatu. Entah dapet dorongan kekuatan darimana, aku bilang gini, "Saya bisa minta ijin nggak masuk magang kok, Pak". Aissshh! Itu kan berarti aku bersedia mengajukan diri buat ikut kompetisi itu, padahal hati aku sendiri bimbang luar biasa.
"Hmm.. kalo begitu nanti saya mintakan surat ijin ke Pak Andi untuk dikirimkan ke tempat magang kamu, dan blablablablabla.." beliau menjelaskan. Beliau juga minta no HP aku dan berjanji bakal ngasih tau tema apa yang harus aku bahas di pidatoku nanti.
"Jadi gimana? Siap ya? Harus siap dong.." katanya.
"Insya Allah, Pak," jawabku.
Kemudian kami mengakhiri pertemuan singkat kami.

***

Aku memasuki kelas dengan perasaan berkecamuk. Ngikutin Speech Competition? Could I?
Ingatan tentang pengalaman buruk ngikutin English Debat Competition empat tahun yang lalu pun kembali mengusik pikiran. That was one of the worst moments I've ever had! Aku gagal bawa nama sekolah. Aku trauma, takut kejadian yang sama keulang lagi. Untungnya aku dapet dukungan dari temen-temen. Yah, sedikit tenang lah. Sedikit.

Well, sekarang waktunya aku buat mempersiapkan diri. Yak! Aku harus bisa! Bismillah..


Wish me luck ya.. :D

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;