Selasa, 18 Maret 2014

The Competition is Canceled

Jangan heran kenapa hari ini, detik ini aku masih disini dan menulis blog, padahal udah aku ceritakan di postinganku sebelumnya bahwa (harusnya) hari ini aku ada di Jakarta atau dalam perjalanan pulang dari perjuangan mewakili LP3I Cirebon dalam mengikuti Speech Competition di LP3I pusat.

Lalu apa alesannya hari ini, detik ini aku masih disini?
Aku ceritain deh..

Seperti yang udah aku ceritakan di postinganku yang sebelumnya, hari Selasa yang lalu aku dipanggil Mr Rudi ke ruangannya, dan disana beliau menyampaikan maksudnya bahwa beliau ingin mengirim aku untuk ikut serta dalam Speech Competition di LP3I pusat di Jakarta. Dan semenjak hari itu, aku bener-bener mempersiapkan mentalku. Aku mencoba untuk optimis dan nggak mikir macem-macem. Pikiran buruk tentang kejadian memalukan di Debate Competition beberapa tahun yang lalu susah payah aku singkirin.

Di hari Jum'atnya, aku ngirim SMS ke Mr Rudi buat nanyain tema apa yang harus aku angkat di kompetisi nanti. Dan beliau memberi beberapa pilihan tema yang bebas aku pilih salah satu :
  • Goverment school should be free for everyone
  • How to stop Global Warming
  • The role of English in the era of globalization
  • Corruption problem in Indonesia
  • Preserving traditional Indonesia culture in the era of globalization
Karena dari jaman SD aku udah hobi banget yang namanya ngebahas tentang masalah global warming alias pemanasan global, akhirnya aku pun memutuskan untuk mengangkat tema tentang masalah yang satu itu, coz aku pikir pasti bakal lebih mudah menguasainya.

Kemudian aku cari deh artikel-artikel yang ngebahas tentang pemanasan global. Pas lagi nyari artikel, Mitro, salah satu temenku dari jurusan Akuntansi nge-SMS aku. Dia bilang bahwa dia juga diutus Mr Rudi buat ngikutin Speech Competition bareng aku. Dan aku baru tau bahwa sebenernya Mitro lah yang mengajukan aku ke Mr Rudi buat ngikutin kompetisi itu. Dia yang ngaku sendiri.

Setelah dapet, aku modifikasi sedikit, lalu aku terjemahkan kedalam bahasa Inggris, kemudian mempelajari dan menghafalkannya. Eh, ternyata Mitro juga ngangkat tema yang sama dengan punyaku, hanya aja isinya beda dan lebih sedikit. Artikel yang dia pelajari cuma setengah halaman kertas folio, sedangkan punya aku dua halaman!

Di tengah-tengah perjuangan, aku dan Mitro saling curhat via SMS gitu deh. Kami memiliki problem yang sama, yaitu kepala pusing dan kesulitan menghafal! Nah lho.. dia yang cuma setengah halaman aja begitu, apalagi aku!

Lumayan susah juga lho ngapalin segitu banyak. Walau udah mencoba untuk berimprovisasi dan nggak terpaku sama teks, tapi tetep aja ada kagok-kagoknya. Bahkan hal itu terus berlanjut sampe hari Minggunya alias dua hari sebelum kompetisi dimulai. Walaupun gitu, tetep aja dong aku harus usaha keras. Nggak mungkin banget aku nyerah gitu aja. Aku kan nggak mau kalo sampe kejadian buruk di Debate Competition beberapa tahun yang lalu keulang lagi. Akhirnya aku mengurangi beberapa kalimat, dan kemudian.. hafal deh aku! Syukurlah :D


Keesokan harinya, Senin 17 Januari.. pagi-pagi aku nge-SMS temen-temen yang satu tempat magang sama aku buat ngasih tau bahwa hari ini dan besok aku nggak berangkat magang. Aku juga nge-SMS Pak Dion buat minta izin nggak berangkat magang hari ini sampe besok, dengan alasan bahwa aku harus ke LP3I pusat dan memang begitulah adanya. Baru aja aku kirim SMS ke mereka, eh.. aku dapet SMS dari Mitro. Here it is..




Ngebaca kata-kata awalnya yang udah nggak enak, mendadak otakku jadi rada lola dan mengakibatkan aku nggak bisa menterjemahkan kalimat dalam SMS itu secara sempurna. Aku pun bales SMS itu,
"Hah?! What does it mean, Mitro? I don't get it exactly".
Kemudian Mitro bales,
"Katanya Mr Rudi takut kalo waktunya nggak pas, Put. Pagi ini beliau bakal nanya ke management dulu apakah sebaiknya LP3I Cirebon ngirim peserta ke Jakarta atau nggak..."

JEGEEEERRR!!
Bagai kesamber petir di pagi hari yang cerah, aku serasa pengen semaput saat itu juga. Oh-mai-gaaaaawwwd!! Aku udah begadang semalaman suntuk buat nyiapin semuanya, aku udah menghafal dan mempelajari teks yang serasa sepanjang koran itu mati-matian (untung nggak mati beneran aja), aku udah berlatih ngomong berulang-ulang sampe lidah terasa terbelit, dan aku juga udah minta izin ke Pak Dion untuk nggak berangkat magang.. eh, akhirnya malah dapet kabar kayak gitu. Masih pagi pula. Aku serasa kena bengek mendadak. Aaaa.. nyesek, nyesek!!

Tapi setelah denger kabar itu, rasa cemas dan rasa nervous yang aku rasain tiba-tiba ilang! Well, sisi positif dari kabar mengejutkan ini adalah.. aku nggak perlu spot jantung sambil ngomong didepan banyak orang di kompetisi itu. Tapi kalo mengingat perjuanganku dalam mempersiapkan semuanya, plus keterlanjuran aku minta izin nggak magang dua hari, tetep aja aku ngerasa nyesek.

Malemnya di kampus, tepatnya menjelang istirahat berakhir, aku ketemuan sebentar sama Mitro didepan pintu kelas. Kebetulan kelas aku dan kelas dia agak berhadap-hadapan gitu deh.  Aku denger, kami sempet di-ciecie-in gitu sama temenku, Fatimah. Yak, sebuah hal jail yang udah membudaya di Indonesia kalo seorang cewek ketemu sama cowok.. (=__=)
Tapi kami cuek aja. Aku tanya, "Gimana, Mitro?"
Dia jawab, "Ya kita nggak jadi ke Jakarta, Put..."
"Oh ya?"
"Iya. Soalnya ternyata kompetisi yang di Jakarta itu kompetisi debat, bukan kompetisi pidato. Kalo kompetisi debat, udah pasti dong kita harus punya persiapan yang lebih dari ini. Makanya kita nggak jadi kesana. Tapi kita tetep ikut lomba kok, tanggal 26. Bukan lomba debat sih, tapi lomba spelling.."
"Hah? Lomba spelling?"
"Iya. Gampang kok, cuma ngeja kata-kata dalam bahasa Inggris aja. Udah gitu, digelarnya juga disini. Jadi kita nggak perlu capek-capek ke Jakarta..." begitu katanya panjang lebar.

Huaaahh.. ya udah deh. Kalo emang gitu keputusannya mau gimana lagi. Kembali, aku liat sisi positifnya aja. Aku nggak perlu nervous lagi, aku nggak perlu cemas lagi, dan aku nggak perlu ngeluarin banyak duit buat uang saku aku ke Jakarta.


Nah, berhubung ke Jakarta-nya nggak jadi, aku pun berangkat magang tadi pagi, meskipun kemarennya aku udah izin nggak berangkat dua hari. Aku pikir kayaknya Pak Dion heran gitu deh sama kehadiran aku. Tapi beliau nggak nanya sih. Sumpah, aku takut banget kalo beliau mikir aku bo'ong tentang kepergian aku ke LP3I pusat itu. Padahal aku kan sama sekali nggak ada niat buat bo'ong. Mudah-mudahan beliau nggak negatif thinking deh ke aku.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;