Jumat, 16 Mei 2014

Magang Sendirian Itu..

Nggak kerasa udah sekitar dua minggu aku magang disini sendirian, tanpa Adel yang selama hampir dua bulan kemaren nemenin aku. Yah, pasalnya si Adel yang magangnya selisih sebulan sama aku, udah selesai menyelesaikan masa magangnya. Sementara aku sendiri harus magang satu bulan lagi disini, itupun kalo nggak diperpanjang.

Magang tanpa ada temen disini tuh rasanya beda banget. Kalo dulu.. biasanya menjelang istirahat, aku dan Adel selalu ke kantin bareng-bareng buat beli makan ataupun sekedar beli jajan dan es. Biasanya dia sih yang sering beli makan, sedangkan aku biasanya cuman jajan doang. Jajanan favorit kami adalah pisang coklat keju yang dijual di koperasi. Jarak dari kantor Mechanical Departement ke koperasi lumayan juga jauhnya. Kalo jalan, kira-kira membutuhkan waktu sekitar lima belas menit. Oleh karena itu, kalo nggak ada temen, rasanya males banget jalan sendirian kesana. So, selama Adel nggak ada, aku jadi nggak pernah ke koperasi lagi kalo istirahat tiba.

Kalo nggak ada kerjaan, aku dan Adel biasanya duduk-duduk diem di ruangan khusus anak-anak PKL. Biasanya kami ngobrol-ngobrol. Kalo nggak ada obrolan ya paling diem-dieman, mainin HP masing-masing. Seringkali dia ngobrol sama cowoknya di telepon, sedangkan aku tetep sibuk sama Facebook aku.. itupun susah payah nyari sinyalnya. Kadang-kadang kami nonton aktifitas di luar jendela, curi-curi pandang sama para kontraktor berompi oranye. Well, sebenernya kami benci banget sama orang-orang itu, coz mereka seringkali ngegodain cewek-cewek yang lewat didepan mata mereka. Apalagi kami juga pernah digodain sama salah seorang kontraktor berompi oranye yang rada-rada ngondek gitu deh. Jadi, waktu itu aku dan Adel lagi jalan mau pulang. Eh, kontraktor ngondek itu lewat. Dia duduk di bagian belakang mobil omprengan sambil senyum-senyum sumringah sok kenal pada kami berdua. Bahkan Adel juga pernah dikagetin sama orang itu. Waktu itu dia lagi ngeliat keluar jendela, dan tiba-tiba muka kontraktor ngondek itu muncul didepan mukanya. That's why, kami sebel banget sama mereka.

Aku dan Adel seringkali menganggap para kontraktor berompi oranye itu sebagai musuh yang harus dihindarin. Makanya kami selalu males lewatin mereka, apalagi kalo mereka lagi nongkrong banyakan. Tapi semenjak kami ngeliat seorang kontraktor yang cakep secara nggak sengaja, kami jadi sering curi-curi pandang gitu ke arah mereka cuma buat nyariin kontraktor cakep itu diantara kontraktor-kontraktor berompi oranye lainnya. Yak, hanya sekedar curi-curi pandang lho ya, bukan genit-genitan (OMG, ogah banget! itu bukan kita!). Sayangnya, kami jarang banget liat dia. Adel baru liat cowok itu satu kali. Sementara aku sendiri lebih beruntung, dua kali. Kami sendiri heran, kenapa ada cowok secakep anak boyband bisa jadi kontraktor di perusahaan ini? Kenapa dia nggak jadi model atau artis aja? Bukankah dengan begitu hidupnya bakal jadi lebih enak? Entahlah..

Selain curi-curi pandang sama para iblis berompi oranye itu, kadang aku dan Adel juga nontonin kendaraan-kendaraan yang berlalu lalang di sekitar halaman kantor. Kadang ada mobil pengeruk reot yang kalo lewat berisik banget. Aku dan Adel sering ketawa-ketawa kalo ngeliat mobil itu lewat. Coz mobil itu nggak cuma berisik, tapi juga jalannya lambat banget. Karena lambat, kalo kita balapan jalan sama mobil itupun kemungkinan kita bisa menang.

Kalo lagi kumpul banyakan bareng anak-anak UNDIP di ruangan khusus anak-anak PKL, kami selalu diem-dieman.. sedangkan mereka rame sendiri, ngobrol sama temen-temen mereka yang sesama anak UNDIP. Aku dan Adel emang nggak pernah berkomunikasi sama mereka. Entahlah, kami ngerasa kok kayaknya mereka nggak suka sama kami berdua. Tapi semenjak beberapa hari sebelum Adel selesai magang, kami nggak pernah ngeliat mereka lagi.

Kadang kalo nggak ada kerjaan, kami tidur di ruangan itu sambil menelungkupkan kepala ke meja, dan bangun dengan terkaget-kaget kalo ada karyawan yang masuk. Well, sebenernya kami bisa aja tidur sambil sandaran di kursi dan menyelonjorkan kaki ke kursi yang lain. Tapi kan kesannya gimana gitu kalo sampe diliat sama karyawan yang lain. Yaaah, tau sendiri laaahh..

Pernah kami dibikin geger gara-gara beberapa keramik di ruangan itu anjlok. Jadi ceritanya, waktu itu Adel lagi ngerjain tugas yang dikasih Pak Dian di ruang Maximo. Sementara aku duduk di ruang anak PKL sambil ngutak-atik HP bareng beberapa anak PKL cowok dari UNDIP. Mereka lagi pada ngutak-atik laptop gitu. Tiba-tiba ada suara ledakan disebelah aku. Aku lupa suaranya gimana, yang pasti suara ledakan. Dan cowok yang duduk sekitar satu meter disebelah aku pun meloncat dari tempat duduknya. Mereka ribut gitu, terheran-heran dan bertanya-tanya suara apakah itu. Sementara aku adem ayem aja walaupun aku sendiri penasaran. "Keramiknya anjlok eh.. mejanya naik!" gitu katanya sambil nunjuk-nunjuk ke arah lantai. Aku celingukan ngeliat bagian yang ditunjuk, dan emang meja didepan kami agak naik gitu deh. Gara-gara hal itu, mereka nggak mau duduk dideket lantai yang anjlok itu, sementara aku masih tenang-tenang aja walaupun pikiran aku mulai ngebayangin yang aneh-aneh. Setelah anak-anak UNDIP itu pergi dan Adel selesai dengan tugasnya, aku pun menceritakan kejadian itu ke dia, plus nunjukin lantai yang meledak itu. Dia kaget dan langsung nyuruh aku buat ngelaporin kejadian itu ke karyawan lain. Akhirnya aku lapor deh ke Mas Manda. Kemudian Mas Manda meriksa lantai itu. Sempet diinjek-injek juga. Trus dia bilang, "Nggak apa-apa kok ini. Yaa.. palingan nanti meledak". Dia ngomongnya nyantai gitu, jadi kami pikir itu pasti bukan masalah serius. Lagian kayaknya hal itu udah terbiasa terjadi gitu deh disitu. Pas pulang, aku nyeritain tentang kejadian itu ke Riris. Trus Riris bilang katanya hal itu terjadi karena lantai kekurangan semen. Huaaahh.. ternyata cuma karena itu toh? Padahal tadinya aku sempet mikir kalo disekitar lantai itu ada gas-nya. Tapi kalo dipikir-pikir aneh juga sih.. ini kan perusahaan semen, kok bangunannya bisa kekurangan semen? (o.O)a

***

Haaahh.. begitu banyak hal yang terjadi selama dua bulan terakhir ini yang aku laluin bareng Adel. Pas dia keluar, aku jadi the prettiest one disini. Ya iyalah, aku cewek sendiri di departemen ini!

Anehnya, ketika temen-temen yang lain ngerasa nggak betah dan nggak kuat mental magang disini, aku malah ngerasa kerasan. Meskipun aku cewek sendiri disini dan meskipun aku hampir nggak pernah diajak ngobrol sama karyawan-karyawan disini, tapi asalkan ada kerjaan, aku ngerasa enjoy-enjoy aja tuh. Dan aku ngerasa kok kayaknya lebih nyaman kerja bareng bapak-bapak dan mas-mas gitu deh ketimbang kerja bareng ibu-ibu dan mbak-mbak. Coz menurut aku, bapak-bapak dan mas-mas kalo kerja ya kerja, pake tangan dan kaki, dengan sepenuh hati. Mereka juga baik-baik. Karyawan yang senior bersedia ngebimbing karyawan yang junior, juga anak-anak PKL, sampe mereka ngerti. Beda rasanya dengan kerja bareng ibu-ibu dan mbak-mbak yang kalo kerja kebanyakan pake mulut dan sering main jutek-jutekan. Waktunya kerja malah kebanyakan ngobrol dan ngomongin orang, kadang ngomongin karyawan lain gitu. Trus kebanyakan karyawan senior jutek sama karyawan junior, apalagi kalo sama anak-anak PKL. Kalo ngebimbing setengah-setengah, kayak nggak niat. Huaaahh.. malesin banget. Yak, dalam hal ini, aku pikir cowok lebih dewasa ketimbang cewek. -- Oke, aku yakin para pembaca mungkin sekarang terheran-heran apa jenis kelamin aku sebenarnya. Wahahaha.. --

Well, emang sih, waktu masih ada Adel disini, aku tuh ngerasa magang disini rasanya ngebetein banget. Pasalnya hampir nggak ada yang bisa aku kerjain disini, coz aku emang hampir nggak pernah dikasih kerjaan. Yang dikasih kerjaan si Adel lagi, Adel lagi. Sementara aku lebih sering duduk diem dan tidur. Magang macam apa ini?!
Tapi pas masa magang dia selesai, jadi aku deh yang sering dikasih kerjaan. Ya iyalah, Pak Dian mau minta tolong siapa lagi selain aku? Kerjaan beliau segunung!
Waktu hari pertama aku magang sendirian, aku ngerasa was-was dan nervous banget. Tapi langit pagi itu cerah banget. Waktu itu, aku berharap hari aku secerah langit pagi itu.

Pas udah di kantor, ternyata semuanya berjalan baik-baik aja! Awalnya emang rasanya kurang nyaman. Berasa ada yang kurang gimana gitu. Tapi lama kelamaan, aku terbiasa juga. Apalagi Pak Dian ngebimbing aku dengan baik. Ngejelasinnya nggak blibet, jadi aku bisa langsung ngerti. Honestly ya, dulu waktu pertama kali aku menginjakkan kaki di kantor ini, kesan yang langsung aku tangkep dari sosok Pak Dian adalah dingin dan jutek. Siapapun yang ngeliat mukanya pasti berpendapat demikian. Tapi kalo udah ngomong.. biasa aja tuh. Malah baik banget. Well, kita nggak akan tau sifat seseorang kalo cuma liat tampangnya doang. Tapi sampe sekarang aku masih belum berani ngobrol banyak apalagi bercanda sama beliau. Ya itu tadi.. mukanya serius banget.

Pekerjaan utama aku disini adalah : Mengetik Daily Activities yang ditulis sama manager di papan tulis kedalem Microsoft Office, mencetaknya, lalu menyerahkan kepada pimpinan; mengolah data aktifitas harian, menulis daftar belanja perusahaan kedalem buku Purchase Request, mengerjakan Material Issue Slip, dan mengoperasikan Maximo.

Waktu itu Pak Dian pernah nanya ke aku, "Kapan selesai magang?"
Aku jawab, "Akhir bulan ini, Pak."
Dia bilang, "Trus nanti ada yang gantiin nggak? Saya bingung kalo nggak ada yang bantuin. Kerjaan saya banyak."
Waktu itu aku mikir, apa sebaiknya waktu magang aku diperpanjang aja ya?

Yaaahh.. nggak masalah sih kalo masa magang aku diperpanjang. Tapi masalahnya bulan depan kan bulan Juni, dan di bulan Juni itu kan kita udah mulai puasa. Kantor Mechanical Departement kan jauh banget dari jalan raya. Capek banget kalo jalan kaki. Bisa-bisa puasa aku sering batal lagi gara-gara buka puasa sebelum waktunya.

Coba aja kalo mereka nawarin aku kerja disini buat ngerjain apa yang biasa aku kerjain disini, wah langsung deh aku terima tanpa pikir panjang! Gimana nggak terima? Kerjanya santai, lumayan nyaman, nggak ada yang jail-jail gitu, lingkungannya pun udah aku kenal. Gajinya jauh dibawah karyawan lain juga nggak apa-apa deh, asal nggak kurang dari UMR aja. Haha.. Lagian ortu aku juga ngedukung tuh.


Temen-temen aku heran lho, kenapa aku bisa betah magang disini. Coz kebanyakan dari mereka banyak yang nggak betah gitu magang di perusahaan ini. Aneh sih emang. Mereka kan lebih supel dari aku, lebih gampang bersosialisasi daripada aku.. tapi mereka justru banyak yang nggak betah. Dan aku yakin para karyawan disini juga pasti banyak yang mikir demikian. Mereka nggak tau aja bahwa betapa pengennya aku kerja disini.. cuma aku nggak berani ngomong. Huaahhh..

2 komentar:

Lorensa Nainggolan mengatakan...

Enakan PKL sendiri apa bareng teman kak?

Putri Vidialesta mengatakan...

Enak bareng teman. Huhu.. Ada teman ngobrol, ada teman jajan kalo istirahat.

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;