Sabtu, 02 Agustus 2014

My HaPe

Aku bukan tipe orang yang sering gonta-ganti HP. Selama 20 tahun aku hidup, aku gonta-ganti HP nggak ada sampe lima kali. Maklum sih ya, aku bukan orang yang bisa dengan gampangnya minta dibeliin something sama ortu. Sejak kelas lima SD, aku udah diajarin buat nabung dan beli kebutuhan pribadi pake uang tabungan sendiri, termasuk beli HP dan ngisi pulsa.

Aku pertama kali pegang HP secara pribadi adalah ketika aku kelas dua SMP. Waktu itu HP aku adalah Nokia tipe 2600 Classic warna gold, dan harganya masih lumayan mahal.. sekitar enam ratus ribuan gitu deh. Yah, sebenernya sih sebelumnya aku pernah pegang Nokia 3350 pas kelas satu SMP, hanya aja HP itu nggak aku milikin secara pribadi, tapi bareng-bareng sekeluarga. Haha..

Kurang lebih tiga tahun aku bareng-bareng sama Nokia 2600 Classic itu. Kesel juga sih, coz memori internalnya kecil banget. Nggak nyampe 15 MB mungkin. Udah gitu nggak bisa pake memori eksternal pula. Alhasil, aku jadi nggak bisa nyimpen banyak data, khususnya musik. Aku semakin kesel ketika HP itu mulai horror alias sering mati sendiri. Apalagi kalo lagi dipake internetan. Mati sendiri, dinyalain.. baru keluar logonya doang, mati lagi.. Gondok deh! Akhirnya HP itu aku lempar ke adik. Sekitar tahun 2010, aku beli HP Venera Aktiv C207.

Aku beli HP itu karena harganya yang pas di kantong dan karena ada slot memory card-nya yang bisa memungkinkan aku nyimpen banyak file lagu dan foto. Tapi belom apa-apa, aku udah langsung nyesel aja gitu beli tuh HP. Pasalnya, tuh HP payah banget kalo dipake internetan. Suka mati sendiri, padahal baru pake. Trus nada SMS-nya nggak bisa ganti, harus pake yang udah disediain dari situnya. Mending kalo bagus, lah ini nadanya kayak musik Arab-Araban gitu deh. Udah gitu kalo dipake ngetik, lemotnya minta ampun. Video player-nya pun sama, lemot. Gambarnya telat gitu deh. Suaranya udah dimana, gambarnya masih dimana. Padahal waktu itu kan aku lagi ngefans-ngefansnya sama MCR dan BVB. Aku butuh HP yang asik buat nonton video. Baterainya pun cepet abis. Trus kameranya.. huaahh.. payah banget kalo dipake buat foto-foto di kegelapan.

Waktu itu aku lagi ngiler sama Nokia C3. Harganya masih sembilan ratus ribuan waktu itu, sementara aku harus nabung empat ratus ribu lagi buat beli itu. Suatu hari di bulan puasa, aku dan adikku nemuin artikel yang berisi daftar harga HP terbaru gitu deh di kertas pembungkus nasi yang lagi kami makan. Dari situ aku tertarik sama Samsung Champ yang harganya lima ratus ribu, pas banget sama kantongku waktu itu. Tapi aku nggak langsung beli sih. Coz aku masih mikir-mikir kalo mau beli HP Samsung Champ yang merupakan ponsel touch screen gitu. Jujur aja, aku kurang suka HP touch screen. Kurang suka lho ya, bukannya nggak suka.

Setelah Lebaran, adikku beli HP baru. Itu gara-gara HP Nokia 2600-C yang aku kasih ke dia rusak gara-gara kecebur pas dia lagi mancing di laut. Aku sempet sewot gara-gara hal itu. Di HP itu kan ada rekaman suara crush aku yang lagi ngaji pas Maulid Nabi tahun 2010 lalu. Huaahh.. (T▽T) Gara-gara adik aku itu, aku jadi nggak bisa denger suara emas dia lagi.. :')


Adikku beli Samsung GT-C3322. Harganya lima ratus ribu. Aku sempet minjem juga sih. Buat ngedit-ngedit foto dan internetan gitu. Daaaann.. akhirnya aku pun dibuat tertarik sama koneksi internetnya yang lumayan kenceng, nggak lemot kayak HP aku yang sebelumnya. Ujung-ujungnya, aku malah jadi ikutan beli HP itu juga. Jadi deh aku dan adik punya HP samaan.



Semenjak aku pake HP Samsung itu, HP Venera aku pindah tangan ke ibu. Dan kayaknya aku berjodoh deh sama Samsung GT-C3322 ini. Coz aku nggak nemuin banyak kekurangan berarti sih di HP ini. Paling cuma video recording-nya aja yang kurang bagus, formatnya bukan 3GP tapi MP4; trus theme-nya yang nggak bisa ganti; lagunya yang kalo di-play kadang suka ganti sendiri, dan nggak bisa meng-copy paste teks. Emang sih, tadinya aku sempet bermasalah sama bluetooth-nya yang nggak bisa nerima kiriman file. Adikku juga sempet mengalami masalah yang sama. Malah java-nya sempet error gitu deh. Tapi hal itu bisa diatasi dengan meng-flash HP ini. Malah setelah di-flash, HP ini malah jadi lebih canggih dari sebelumnya lho, asal bisa modifikasi-nya aja. HP ini tadinya nggak bisa sreenshot, pas udah di-modif jadi bisa screenshoot; yang tadinya nggak bisa ganti tema, jadi bisa ganti; yang tadinya cuma punya dua tipe font aja, jadi bisa ganti pake font-font yang lain.. Malah HP adikku bisa buat streaming video gitu deh. Akan tetapi, kalo kita meng-flash HP ini dan memodifikasinya, tentu aja garansinya jadi ilang. 

Kira-kira tiga tahun lamanya aku bareng-bareng sama HP ini, dia nggak pernah ngecewain aku dengan hal-hal besar. Bahkan meskipun HP ini udah pernah jatoh beberapa kali dan kejebur di bak mandi satu kali, tapi performanya masih nggak jauh beda dari waktu awal-awal aku beli. Yah, palingan cuman beberapa keypad-nya aja yang rada bandel.

Dan hari ini.. aku ngeduain dia..
Aku baru aja ngeduain dia dengan HP Evercoss A28B.






Awalnya aku emang nggak niat sih buat beli HP ini. Coz semenjak aku pake Venera, aku jadi trauma beli gadget dengan merk yang kurang terpercaya. Akhir-akhir ini, aku lagi butuh Android, coz rata-rata temen aku udah pada pake, dan informasi kampus dan kelas seringnya di-share via BBM. Awalnya, aku ngelirik Samsung Galaxy Chat. Tapi harganya itu lho.. lumayan nguras kantong. Yah, walaupun aku masih punya sisa uang upah magang beberapa bulan lalu plus rejeki pas Lebaran, tapi aku tetep ngerasa sayang sih kalo duit segitu abis cuma buat beli HP doang. Aku kan pengen beli buku juga, gitu. Karena aku nggak mau salah langkah, aku nimbang-nimbang deh : Kalo mau yang berkualitas dengan merk terpercaya, pilih Samsung Galaxy Chat. Tapi kalo mau yang ramah di kantong, pilihannya antara Smartfren Andromax dan Evercoss.

Aku sempet musyawarah dulu sama adikku, sampe akhirnya aku bingung antara milih Samsung atau Evercoss. Aku udah ngelirik Evercoss A28B ini, coz HP ini punya keypad fisik, nggak full touchscreen. Hanya aja waktu itu aku masih meragukan kualitasnya. Akhirnya kemaren aku browsing deh, nyari tau kelebihan dan kelemahan HP ini, dan membandingkannya dengan Samsung Galaxy Chat. Ternyataaa.. spesifikasinya nggak jauh beda!

Akhirnya, tadi sore aku tebus deh HP ini! :D
Sempet surprised juga sih, coz ternyata harganya jauh lebih murah dari yang tertera di artikel yang aku baca sehari sebelumnya. Di artikel yang aku baca, katanya harga HP ini delapan ratus ribuan gitu deh, tapi pas aku beli ternyata cuma enam ratus ribuan lebih. Lumayan lah.. sisa uangnya bisa dipake buat beli aksesoris atau novel baru :D

Ini pertama kalinya aku punya Android, jadi yaa rada canggung gitu deh. Apalagi touchscreen-nya itu lho, bikin ribet. Kesentuh dikit aja udah ngaruh. Ngeselin banget. Kebayang kalo nggak ada keypad fisiknya.. (=__=')

Anyway, aku nggak nemuin banyak cacat atau kekurangan sih dari HP ini. Paling cuma hasil bidikan kameranya aja yang kurang bagus. Apalagi kalo dipake di tempat gelap. Padahal HP ini didukung sama kamera belakang 3MP dan kamera depan 1,3MP plus lampu flash. Kualitas bidikan kameranya kalah sama bidikan kamera Samsung GT-C3322 aku yang cuma 2MP. Liat aja tuh foto Samsung GT-C3322 yang aku posting diatas tadi. Kurang tajem kan gambarnya? Foto itu aku ambil pake HP baru aku ini. Bandingin dengan foto Evercoss A28B yang aku posting juga tadi yang gambarnya lebih jelas dan jernih karena diambil pake kamera Samsung GT-C3322 aku. Selain itu, body-nya agak licin. Tapi ini bisa diatasi, salah satunya dengan menggunakan dompet HP. Mungkin nanti aku bakal beli. Oh ya, HP ini dual SIM. Berhubung slot SIM 2-nya itu kecil, jadi kalo mau pake SIM 2, mending minta tolong karyawan counter-nya buat potongin SIM card-nya. Jangan potong sendiri, nanti rusak.. kan sayang.

Oh ya, walaupun aku udah pake HP ini, bukannya berarti aku ninggalin Samsung GT-C3322 aku. HP itu akan terus sama aku sampe dia tutup usia nanti (halaahh..). Paling HP itu nantinya cuma aku pake buat dengerin musik doang, atau mungkin aku bakal beli SIM card baru lalu ngegunain dia kayak biasanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;