Selasa, 16 September 2014

My Lovely Kitten, MUTUN

Dari dulu, aku pengen banget punya kucing. Apalagi pas nonton video kucing jenis Scottish Fold dari Jepang yang terkenal itu, Maru, aku jadi makin pengen pelihara kucing. Kayaknya asik aja gitu, pulang kerja, pulang kuliah, lagi capek, trus ngajak main dia. Dipeluk-peluk, dicium-cium, di-bully.. *eh..
Tapi ortu aku nggak pernah ngijinin.

Sampe pada akhirnya, datanglah Pantat. Oke, jangan dulu berpikiran ada pantat berkaki yang datang menghampiri aku. Bukan. Maksud aku bukan pantat yang sesungguhnya, melainkan seekor kucing betina yang bernama Pantat. Jangan pernah ngira bahwa aku yang ngasih kucing malang itu dengan nama yang kelewat vulgar, tapi salahkan adik aku. Entah kenapa dia ngasih nama kucing itu dengan nama anggota tubuh bagian belakang tersebut. Yang aku tau, si kucing tampaknya nggak keberatan dikasih nama Pantat (ya iyalah.. emang dia tau apa itu pantat?)

Well, aku pribadi lebih sering menyebutnya dengan panggilan standar.. Pusi atau Mpush. Tadinya sih dia mau aku panggil Shima. Tapi karena dia nggak pernah nengok kalo aku panggil demikian, akhirnya aku panggil dia Mpush aja.

Pada tanggal 18 Juni, Mpush melahirkan enam butir anak kucing. Aku dan kedua ortu aku ngeliat langsung proses persalinannya. Dari situ aku jadi tau bahwa kucing (dan semua jenis hewan) itu hebat.. coz mereka nggak memerlukan dokter dalam proses persalinan mereka. Buktinya Mpush bisa melahirkan enam butir anak, dan semuanya sehat. Padahal awalnya kami kira dia bakal cuman melahirkan empat anak doang. Bahkan bapak menduga anaknya itu cuman tiga. Eh, ternyata kenyataannya lebih banyak dari yang kami duga. Anak Mpush hampir semuanya berwarna item putih, kecuali satu yang warnanya item polos, yakni yang paling bungsu.

Awalnya kami memperbolehkan Mpush dan keenam anaknya tidur didalem rumah. Tapi gara-gara suatu hari Mpush pernah buang aer di pojokan ruang tengah, ortu aku lantas menaruh tempat tidur mereka di teras. Intinya sih kalo malem mereka tidur di luar rumah gitu.

Saat itu, setiap hari rumah aku jadi rame sama suara kucing. Apalagi anak-anak kucing itu.. hadeeehh.. cerewet banget kalo udah berinteraksi sama ibunya. Anak-anak kucing itu juga cepet banget gedenya. Baru juga beberapa minggu, mereka udah bisa jalan. Bahkan beberapa dari mereka udah bisa lari dan hobi ngejer-ngejer pembeli yang mampir ke warung ortu aku.

Sekitar sebulan setelah Mpush melahirkan keenam anaknya itu ke dunia, bapak aku memutuskan untuk membuang mereka, memisahkan mereka dari ibunya. Nggak tega banget rasanya. Kasian gitu.. Kucing umur segitu kan masih belom bisa cari makan sendiri. Begitu juga ibunya yang kayaknya ngerasa kehilangan banget. Coz malem harinya, dia kayak yang nyari-nyariin anaknya gitu deh. Tapi ya mau gimana lagi.. -_-

But, diantara keenam anak Mpush itu, kami memutuskan untuk mengadopsi salah satu dari mereka. Ini dia..


Namanya Mutun. Lagi-lagi ini nama pemberian dari adik aku. Alasan dia ngasih nama kucing kecil itu dengan nama Mutun bukan karena dia mirip Raditya Dika (buat yang nggak tau, Mutun itu salah satu julukannya Raditya Dika), melainkan karena muka si kecil ini lucu, kayak kartun. Makanya dijulukin Mutun.. atau Muka Kartun. Tapi aku dan ibu lebih sering manggil dia Utun. Dan karena dari kecil dia udah dipanggil demikian, tampaknya dia udah ngerti bahwa Mutun atau Utun adalah namanya. That's why kalo dipanggil dengan nama itu dia pasti nengok, nyahut, atau bahkan nyamperin :D

Kenapa dia yang kami adopsi?
Well, lemme tell you that Mutun itu salah satu yang paling beda diantara kelima sodaranya. Emang sih ada si Item Polos yang udah jelas-jelas paling beda. Tapi masalahnya kami nggak suka kucing item polos. That's why kami lebih memilih Mutun. Bedanya dimana?

Mutun punya bulu-bulu yang lebih panjang kalo dibandingin sama sodara-sodara dia yang lain. Dia juga punya kumis yang melengkung, nggak lurus kayak kucing kampung pada umumnya. Selain itu juga mukanya berwarna agak kuning waktu itu. Foto diatas itu bisa dibilang foto pertama Mutun yang aku ambil pake kamera HP aku pada tanggal 8 Agustus lalu. Sayang, muka kekuningannya nggak begitu terlihat disini :P

Mutun emang nggak punya temen maen sejak sodara-sodaranya dibuang. Tapi dia nggak sendirian kok, coz aku dan keluarga juga sering ngajak dia maen. Dia juga sering maen-maen sama ibunya. Mutun ini aktif banget. Dia suka banget sama tali, kardus, dan benda apapun yang bergerak. Dia suka main-main sama sepatu bertali. Kerjaan dia ya gigit-gigitin talinya gitu deh. Jangankan tali, kabel aja dia mainin. Salah satu kabel di ruang tengah malah ada yang kebuka gara-gara digigit-gigit Mutun. Bahaya juga tuh..

Kalo ada kardus nganggur juga dia suka iseng keluar masuk benda itu. Pernah dia loncat dari pinggir mesin jahit ke tumpukan kardus minuman, trus kardus itu jatoh dan dia kekurung didalemnya. Haha..
Mutun juga suka sama jari atau kaki. Kadang kalo kita duduk, dia suka iseng garuk-garuk kaki kita atau nangkep jari kita pake tangannya untuk kemudian dia gigitin.

Selain ituuuuuu.. Mutun juga narsis. Dia ngerti kamera. Lemme show you some of her photos..







   

 










See? Innocent banget kan tuh muka? Berasa pengen nelen gimana gitu. Ugh!

Mutun ini manja banget sama ibunya. Umurnya udah hampir tiga bulan, tapi masih suka nyusu sama ibunya. Aku lumayan sering bikinin dia susu instan, tapi nggak pernah diminum. Kayaknya dia nggak suka gitu deh. Padahal maksud aku bikinin susu instan kan biar dia nggak nyusu sama ibunya terus. Kasian juga kalo Mpush harus nyusuin Mutun setiap hari. Tapi kayaknya si Mpush juga sayang banget sama dia. Pasalnya, meskipun dia udah mulai suka pacaran sama kucing jantan, dia nggak lantas ninggalin Mutun.  Dia masih nyusuin Mutun, masih ngebagi makanannya juga buat Mutun. Dia nggak akan makan kalo Mutun belom makan. Makanya kalo dia dapet makanan di luar, dia bakal bawa makanan itu kerumah buat Mutun. Pernah waktu itu dia bawa ikan lele mentah yang entah dapet darimana. Tentu aja Mutun nggak bisa makan, karena ukuran ikan itu terlalu gede buat dia. Pernah juga dia bawain kadal buat Mutun. Kadal itu masih hidup dan bergerak-gerak. Alhasil bukannya dimakan, tuh kadal malah dimainin gitu sama Mutun. Huaaahh.. ibu yang baik deh pokoknya si Mpush ini.

Bukti kedekatan Mutun dan ibunya. Hmm.. like mother, like daughter.. (^w^)

Seluruh anggota keluargaku sayang banget sama Mutun. Bahkan bapak yang nggak suka kucing aja sering main-main sama dia. Padahal si Mutun udah beberapa kali bandel. Suka pipis di pojokan gitu deh. 

Kira-kira pas udah gede nanti, dia masih ngegemesin kayak sekarang nggak ya?
Hmm.. aku sih pengennya dia nggak tumbuh gede lagi. Biar aja dia kontet. Biarin aja ukuran tubuhnya kecil terus, biarin juga suaranya cempreng terus.. Biar aku bisa terus uwel-uwelin dia (=^w^=)

Mutun :  "Yang bener aje lo! Masa doain gue jadi kontet?"

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;