Sabtu, 28 November 2015

S E R T I J A B

Udah lebih dari seminggu ini aku ngejalanin serah terima jabatan sama karyawan baru di kantor. Yups, setelah aku mengajukan surat resign ke atasanku sekitar tiga bulan lalu, baru hari Kamis minggu lalu perusahaan ngedapetin karyawan penggantiku. Well, aku emang udah mengajukan surat resign bulan Agustus lalu. Sebenernya saat itu masa kontrak kerjaku yang selama setahun itu memang udah abis di bulan Agustus itu, hanya aja atasanku memperpanjang kontrak itu tanpa sepengetahuanku, makanya aku ngajuin surat resign itu.

Hari Kamis pagi itu di kantor, setiap pagi diadakan yang Morning Briefing. Aku dateng agak telat waktu itu sehingga mengharuskan aku buat duduk di deket pintu masuk, coz semua kursi di ruang meeting udah terisi. Di tengah-tengah acara Morning Briefing, aku agak penasaran sama sosok baru yang duduk disebelah Leni : seorang perempuan langsing berkerudung biru. Sekilas wajahnya ngingetin aku sama bibiku di Bogor. Entah bagian mana dari wajah mereka yang mirip satu sama lain. Haha..
Yah, saat itu memang ada beberapa wajah baru di ruangan itu. Tapi nggak tau kenapa aku cuman penasaran sama dia doang.

Setelah Morning Briefing selesai, perempuan berkerudung biru itu nyamperin aku di mejaku.
“Mbak Putri ya?” tanya dia.
Aku jawab, “Iya”.
Trus dia ngulurin tangan dan memperkenalkan diri, “Saya Pipit”.
“Temen barunya Putri,” sambung Mbak Ati. Aku manggut-manggut aja, tapi jauh didalem hati aku ngerti, perempuan yang kini aku panggil Mbak Pipit itu pastilah sebenernya bukan rekan kerja baruku seperti yang Mbak Ati bilang, melainkan penggantiku.
“Diajarin ya, Mbak Put,” kata Mas Kholik.
“Kita mulai darimana, Mbak?” tanya Mbak Pipit.
Tuh kan bener..

Ya udah deh.. sejak hari itu aku jadi guru alias pembimbing dadakan.

Lumayan lelah juga sih ngebimbing orang gitu, nggak cukup sehari dua hari doang, apalagi buat aku yang nggak punya bakat ngomong dan ngajarin orang. Waktu awal-awal aku ajarin juga kayaknya dia bingung gitu aku ngomong apaan. Padahal tugasku di kantor kan terbilang gampang, nggak bikin stress dan full of targets kayak kebanyakan tugas rekan-rekanku yang lain.

Yang agak rumit mungkin cuma bikin form pengajuan pembayaran pekerjaan proyek. Nama perumahan, nama pemborong, jenis pekerjaan, dan nomor kavling rumahnya harus bener. Rumus yang dimasukin ke Microsoft Excel juga nggak boleh keliru. Kita juga harus tau berapa besar pembayaran terakhir dibayarkan. Hal ini tentu nggak sulit buat aku yang sering bikin ginian, tapi buat Mbak Pipit, ini rumit dan membingungkan. Awalnya sulit sih ngajarinnya. Tapi setelah aku tes dengan praktek langsung, dia bisa juga.

Selama lebih dari seminggu ini, aku bareng-bareng Mbak Pipit terus. Di kantor bareng, istirahat bareng, ke mushola bareng.. Biasanya aku sama Leni sih, tapi belakangan ini kayaknya dia sibuk banget. Aku jadi jarang bareng-bareng dia.

Mbak Pipit tuh orangnya pendiem. Sama kayak aku, dia betah duduk berlama-lama didepan komputer selama ngantor, makanya banyak rekan kantor yang bilang kalo Mbak Pipit itu bener-bener penerusku. Bedanya, Mbak Pipit feminin, sedangkan aku cuek dan agak tomboy. Dia suka Korea, aku suka Jepang. Dia suka Pop, aku suka Rock. Begitulah..
Sometimes, dia ngingetin aku sama Riris—temen deketku di kampus di tingkat satu dan dua dulu. Cara ngomongnya, senyumnya, body language-nya.. sama-sama pendiem pula. Mirip lah. BTW, gimana kabar Riris sekarang ya? Kangen juga sama dia.


Well.. Udahan ah curhatnya. Aku kudu nyiapin mental nih, coz lusa aku udah harus ninggalin rekan-rekan :')

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;