Senin, 07 Desember 2015

Graduation Day is Coming Soon

Graduation Day. Aku yakin bukan aku aja yang menghitung hari sampe saat itu tiba. Tujuh hari lagi. Yup, tujuh hari lagi kami bakal menemukan diri kami berdiri didepan cermin dengan cantik dan gagah, lengkap dengan toga.

Dua hari yang lalu, aku dan temen-temen kampus menghadiri acara sosialisasi pelaksanaan geladi resik dan acara wisuda tanggal 11 dan 12 Desember nanti. Selain sosialisasi, kami juga diminta mengumpulkan hardcopy Tugas Akhir, dan dibagikan undangan dan toga yang bakal kami pake pas hari wisuda nanti.

Karena ada beberapa halaman Tugas Akhir-ku yang belom sempet di-print dan ada beberapa halaman juga yang mengalami perbaikan, akhirnya sore itu aku mendadak nge-print deh ke penyedia jasa printing. Mahal banget, selembarnya seribu, padahal aku pake kertas sendiri—karena untuk Tugas Akhir, kami wajib pake kertas 80 gram, nggak bisa sembarangan. Untung nge-print-nya nggak banyak, coz sebagian besar udah aku print—gratis—di kantor beberapa hari sebelum aku mengajukan resign. Wehehe..

Jam lima sore, aku ke kampus, dengan terburu-buru, coz aku nyusun Tugas Akhir-ku dulu di rumah sekaligus memeriksanya, kali aja ada halaman yang double atau kelewat gitu. Itu juga nyusun dan ngeceknya belom selesai. Waktunya mepet banget soalnya. Sampe di kampus, aku nggak langsung masuk kelas, melainkan nunggu Adel dulu di deket balkon. Tapi akhirnya aku masuk kelas duluan juga, coz pas aku BBM ternyata si Adel bilang katanya masih di daerah Cilimus, dan itu masih jauh banget dari kampus (=__=’)

Kelas ternyata udah rame, dan sosialisasi  udah dimulai. Singkat cerita, disana kami dibagikan undangan wisuda dan toga yang dua-duanya bikin aku kecewa. Kenapa?

Pertama. Undangan itu cuma diperuntukkan bagi dua orang selain wisudawan atau wisudawati. Dengan kata lain, kalo wisudawan atau wisudawati pengen bawa rekan atau anggota keluarga sebanyak lebih dari dua orang, maka dengan terpaksa beberapa orang harus rela nunggu di luar. Geez.. padahal aku pengen banget ngundang keluarga besarku : nenek, bibi-bibi, sepupu-sepupu.. Yah, kalo enggak, minimal bawa satu orang lagi deh, adikku. Aku pengen banget keluargaku lengkap, empat orang. Kan kasian kalo ada yang harus nunggu di luar. Mana acaranya nggak sebentar.

Kedua. Ukuran toganya terlalu besaaaarr..
Aku sempet protes sama pihak kampus soal ini. Pasalnya, sebelumnya mereka sempet membroadcast pilihan ukuran toga ke semua calon wisudawan dan wisudawati. Ada ukuran S, M, dan L. Aku yang sadar dengan postur badanku yang tini wini biti of course memilih ukuran toga paling kecil, S.  Tapiii.. pas hari pembagian malah dikasih ukuran yang nggak sesuai. Eh, pas aku minta tuker, mereka malah bilang, “Nggak ada ukuran S, Neng. Ukuran M itu paling kecil”.
Nah lho.. Kalo nggak ada ukuran S kenapa ada pilihan ukuran S di broadcast BBM-nyaaa? (-__-”)

Deeeeyyymm.. Ini mah bener-bener baju kebesaran namanya. Well, kegedean lebih tepatnya. Dan kegedeannya tuh keterlaluan banget. Bener-bener harus digunting dan dijahit lagi buat mengecilkannya. Geli aja ngeliat bayanganku di cermin. Aku berharap bisa ngeliat bayangan seorang murid sekolah Hogwarts disitu (sotoy, padahal nonton Harry Potter aja enggak :v), tapi yang terlihat disitu justru sesosok bebegig sawah (T_T)
Aku kecewa, tersinggung juga. Gimana enggak? Ini bener-bener bentuk diskriminasi terhadap orang kecil. Aku nggak habis pikir kenapa pihak kampus bisa sejahat itu sama orang kecil kayak aku. Mereka seneng kali ya kalo liat aku tenggelam  di baju kebesaran itu. Huaaah..

Beralih ke topik lain. Malem itu juga aku nggak tidur sendirian. Aku tidur bareng Adel. Yups, malem itu Adel nginep dirumahku, coz pas pulang dari kampus, hari udah gelap dan udah terlalu malem bagi Adel buat pulang ke rumahnya yang jauh banget dari kampus. Ya udah deh, alhasil sepanjang malem itu kami ngobrol bareng, makan malem bareng, baca novel bareng, dan of course tidur bareng :v

Kami tidur di kamar kost-an milik ortu-ku yang kebetulan lagi kosong. Adel baru pulang besok paginya, tapi sampe sekarang aku masih pake kamer itu. Wehehe.. Nggak tau kenapa, lebih nyaman aja dibanding kamerku. Ya mungkin karena di kamer itu nggak terlalu banyak barang, dan ada kipas angin juga, jadi lebih kerasa nyaman gitu.

***

Hari ini aku kembali ke kampus buat nyerahin hardcopy Tugas Akhir yang hari Sabtu kemaren belum sempet aku serahin. Well, mungkin ini terakhir kalinya aku mengunjungi kampus sebelum hari wisuda tiba. Haaahh.. Nggak kerasa, udah tiga tahun aku menempuh pendidikan di kampus itu. Kampus yang bahkan masih terasa seperti tempat asing buatku. I dunno.. Aku selalu ngerasa tempat itu bukan tempatku, bukan duniaku. Aku nggak pernah bermimpi buat mempelajari cara menjadi ‘pendamping’ pimpinan, memahami analisis SWOT dan ilmu marketing, mempelajari Service Exellence, dan segala sesuatu yang menurutku membosankan itu. Aku cuma merasa hidup pas mata kuliah bahasa, ya karena aku pikir duniaku yang sebenernya itu disana.. di Fakultas Sastra dan Bahasa.

But however.. seasing-asingnya tempat itu buatku, dan sebanyak apapun hal-hal bikin nyesek yang terjadi disana, tempat itu tetep nyimpen cukup banyak unforgettable moments, kenangan bareng mereka yang bikin aku ngerasa lebih hidup selama di kampus. Aam, Riris, Ayu, Sherly, Mbak Erna, Fatimah, Desi, Nur, Ecin, Lidia, Maella.. Aku nggak ngerasa asing kalo ada mereka.

Di kampus itu, kami nonton film pas dosen nggak dateng, bolos ke kantin pas mata kuliah Statistika, ngocol pas mata kuliah Bahasa Jepang, kerja sama pas mata kuliah Akuntansi, foto-foto pas mata kuliah terasa membosankan, makan siomay—paling enak sejagat kampus—pas jam istirahat, online pas pulang ngampus.. banyak deh.

Di tempat itu, aku mengenal kakak-kakak senior yang baik dan bener-bener berjasa dalam perkembangan bahasa Inggrisku, dari yang dulu aku nggak paham tenses, sekarang udah lumayan paham (walau belom pake banget :v). Yup, they’re Kak Sudan dan Kak Oman yang setia jadi pembimbing di komunitas SICE. Apa kabar ya mereka? :3

Disana, aku pernah memperjuangkan mimpiku buat studi banding di negeri orang, ngikutin jejak dua senior yang aku sebutin di atas tadi. Walau akhirnya tiket emas itu nggak berhasil aku raih, tapi seenggaknya aku jadi ngerti bahwa pemahaman teori aja nggak cukup kalo nggak didukung sama communication skill dan kepercayaan diri yang tinggi.

Kampus juga yang memperkenalkan aku sama dunia kerja. Awalnya aku pikir dunia kerja itu serem, tapi ternyata pas udah terjun langsung ke dunia kerja, rasanya enjoy—selama kita mencintai apa yang jadi pekerjaan kita. Apalagi kalo hari gajian. Haha.. Hey, siapa yang nggak suka itu? :p


So, that’s all ceritaku di hari-hari menjelang hari terakhirku menjadi mahasiswa ini (halah..). Mohon doanya, agar wisudaku hari Sabtu nanti lancar dan aku nggak terlihat konyol dengan baju kebesaranku :’)

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;