Minggu, 21 Februari 2016

Daripada Sakit Gigi, Lebih Baik.. Enggak Sakit

“Daripada sakit hati, lebih baik sakit gigi..”

Tau kan lirik lagu dangdut yang terkenal itu?
Rasanya pengen banget aku teriak didepan batang hidung penciptanya, “Lebih baik sakit gigi, ndasmu!” I wonder, pencipta lagu itu mungkin nggak pernah merasakan sakit gigi itu gimana rasanya.

Udah semingguan ini tidurku nggak nyenyak. Penyebabnya nggak lain dan nggak bukan ya gara-gara sakit gigi yang extremely nyiksa ini. Selama lebih dari dua puluh satu tahun aku hidup dan merasakan yang namanya sakit gigi, for God’s sake, ini yang paling paling menyiksa. Makanya, pas inget lirik lagu dangdut itu, aku bener-bener nggak habis pikir dengan apa yang ada di kepala si pencipta lagu itu. Sakit hati masih bisa makan, Bung. Tapi sakit gigi..??

Well.. Awalnya sih cuma sakit gigi biasa—yang bisa dibilang ringan—di gigi geraham sebelah kanan. Maklum, salah satu gigi geraham sebelah kananku memang berlubang lumayan besar sehingga udah nggak memungkinkan buat dipake mencerna makanan. Ya know, dengan kondisi gigi geraham yang berlubang lumayan besar, udah pasti kalo dipake makan bakal ada makanan yang nyelip disitu, dan rasanya so damn ngiluuu banget. Hal ini memaksa aku mencerna makanan pake gigi-gigi sebelah kiri. Gigi geraham kanan yang berlubang itu awalnya cuma sakit kalo kemasukan makanan atau kalo sengaja dikorek-korek aja. Tapi beberapa hari belakangan ini sakitnya muncul tanpa kedua faktor itu, dengan kata lain muncul tanpa sebab.

Lama kelamaan, rasa sakit itu semakin menjadi. Sakit yang tadinya cuma menyerang gigi geraham, sekarang seakan-akan menyebar ke gigi-gigi tetangganya. Dan yang namanya sakit gigi, pasti kepala jadi kebawa sakit juga. Alhasil, kepalaku jadi sakit sebelah. Sejak saat itu, aktifitasku jadi bener-bener terganggu. Kalo sakit kepala atau migrain doang sih, biasanya cuma dengan tiduran atau minum kopi aja sakitnya bisa agak mendingan. Tapi dalam kasus sakit gigiku ini, nggak ada yang bisa menaklukannya selain obat pereda nyeri. Well, aku udah berusaha untuk nggak minum obat. Sebagai gantinya, aku pake koyo yang aku tempelin di pipi—mendekati mulut—sebelah kanan dan area tengkuk sebelah kanan juga (coz sakitnya nyebar sampe ke belakang kepala sebelah kanan).

Setelah ditempel koyo, sakitnya memang berkurang, tapi belum cukup untuk disebut ‘mendingan’. Alhasil selama beberapa hari itu aku jadi kayak orang yang ketergantungan obat. Setiap kali rasa sakitnya nggak tertahankan, aku minum obat. Lalu setelah khasiat obatnya hilang, rasa sakitnya muncul lagi dan memaksaku buat minum obat lagi.. Terus aja kayak gitu selama beberapa hari.

Adikku menyarankan aku buat tambal gigi. Coz berdasarkan ceritanya mengenai pengalamannya menambal gigi, setelah ditambal, giginya nggak sakit lagi. Tapi karena cerita dia pula, aku jadi enggan buat ditambal gigi. Abisnya dia bilang, sebelum ditambal, gigi bakal dibor dulu. Haisshh.. Kebayang deh ngilunya. Yah, memang sih gigi pasien bakal dibius dulu sebelum dibor, tapi tetep aja ngebayanginnya serem. Udah gitu masa dia bilang, tambalan itu cuma bertahan sementara, coz akhirnya lama kelamaan tambalan itu bakal terkikis. Kan lucu. Aku nggak mau lah kalo akhirnya harus tambal lagi untuk kedua kalinya.

Suatu sore—beberapa hari yang lalu, tepatnya aku lupa—ibu nawarin air seduhan daun sirih gitu. Aku nggak mau. Aku memang nggak suka jamu, I admit it. Trus kata ibu, “Nggak diminum, cukup kumur-kumur aja sampe tiga kali.” Ya udah deh aku mau, walaupun ragu juga sih, coz walau cuma berkumur, tetep aja bau dan rasa daun sirihnya bakal nempel di hidung dan lidahku.

Setelah air seduhan daun sirih itu siap, aku berkumur-kumur seperti yang disuruh ibu. Tentunya aku nunggu sampe airnya hangat dulu lah ya, nggak panas-panas langsung dipake berkumur gitu. Sebelum berkumur, aku tutup lubang hidungku dengan dua jari. Maksudnya biar baunya nggak tercium dan rasanya juga jadi nggak berasa gitu. Tapi berkumur dengan kondisi hidung tertutup rupanya nggak enak. Nggak bisa napaaaasss.. Akhirnya aku buka jepitan jariku di hidung, and suddenly aroma sirih langsung memenuhi lidah dan hidung.

Walau cuma berkumur, tapi ternyata berkumur dengan daun sirih itu nggak enak. Rasanya pahit banget, nggak karuan deh menurutku. Mungkin itu bakal jadi pertama dan terakhir kalinya aku nyicip air seduhan sirih. Tapi meskipun nggak enak, ternyata cara ini cukup ampuh lho buat mengurangi nyeri gigi. Beberapa waktu setelah berkumur dengan air seduhan daun sirih sebanyak tiga kali, sakit gigiku lumayan mendingan gitu deh. Yah, memang sih nyerinya nggak totally hilang, tapi cukuplah buat bikin aku berhenti nangis gara-gara sakit gigi.

Sejak saat itu, aku jadi bener-bener memperhatikan kebersihan mulut. Aku memang suka banget sama makanan dan minuman manis. Baru aja nyeri giginya berkurang, aku mulai lagi minum es, makan coklat, makan marshmallow.. Tapi setelah itu, aku pasti langsung sikat gigi.

Dua hari setelah itu, rasa sakitnya nongol lagi, apalagi setelah aku melepas koyo yang tadinya aku tempel di area tengkuk itu. Lagi-lagi aku nggak bisa ngapa-ngapain. So, hari Jum’at pagi itu, ibu nganter aku ke Puskesmas. Kondisi Puskesmas saat itu bisa dibilang penuh, dan nunggunya pun jadi lama banget. Kami baru pulang menjelang adzan Dzuhur, dan tentu aja sambil bawa obat-obat yang nggak sedikit. Haissshh.. malesin (ーー”)


Tapi yah, karena obat-obat itu juga aku jadi bisa ngetik sekarang. Yup, sekarang aku udah bisa ngapa-ngapain lagi, tidur pun udah mulai nyenyak. Tinggal nunggu saatnya buat tambal gigi aja, mudah-mudahan nggak seseram yang aku bayangkan..  ( ̄

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;