Selasa, 24 Mei 2016

THE SCRIPT - The Man Who Can't Be Moved

Ada lagu yang belakangan ini lagi suka banget aku dengerin berulang-ulang. Judulnya The Man Who Can’t Be Moved, milik grup band asal Irlandia, The Script. Well, memang bukan lagu baru. Lagu ini rilis pada tahun 2008 dimana saat itu aku masih duduk di kelas dua SMP dan belum begitu tertarik sama lagu-lagu Western. Meskipun bagian awal lagu ini terdengar familiar di kupingku, tapi aku nggak begitu yakin kalo sebelumnya aku pernah denger lagu ini.

Ketertarikanku pada lagu ini berawal ketika pada suatu hari salah seorang temen Facebook-ku memposting sebuah status yang berisi rekomen beberapa lagu The Script yang menurutnya enak didengar. Berhubung aku paling tertarik sama rekomen lagu (apalagi lagu Western dan Jepang, ditambah lagi aku tau bahwa dia punya selera musik yang sama denganku), maka aku screenshoot postingan itu biar besok-besok kalo kuotaku banyak, aku bisa download lagu-lagu The Script yang tertera disitu.

Aku baru kesampean punya lagu-lagu mereka pada tanggal 15 Mei lalu. Saat pertama kali denger lagu The Man Who Can’t Be Moved, aku langsung suka. Dari nada lagunya aja udah kedengeran touching. Terlebih waktu aku baca liriknya di internet.

Lagu ini sedih banget. Cocok buat mereka yang susah move on dari pasangan lamanya. Well, jangan berpikir bahwa aku dengerin lagu ini berulang-ulang karena lagu ini mirip dengan pengalaman pribadiku. Sama sekali enggak, karena aku sama sekali nggak bermasalah dalam hal per-move on-an. Bukan.. Bukan karena aku tangguh, tapi karena aku nggak punya mantan. Hahaha..
Anyway, kalo masih suka ingat sama kakak senior yang charming di jaman SMA dulu, apakah itu bisa disebut ‘susah move on’? (._.)

Well, forget it! Kembali ke topik seputar lagu The Man Who Can’t Be Moved.
Now, lemme show you the lyrics..

***

Going back to the corner where I first saw you
Gonna camp in my sleeping bag I’m not gonna move
Got some words on cardboard, got your pictures in my hand
Saying, “If you see this girl, can you tell me where I am?”

Some try to hand me money, they don’t understand
I’m not broke, I’m just a broken hearted man
I know it makes no sense, but what else can I do?
How can I move on when I’m still in love with you?

Coz if one day you wake up and find that you’re missing me
And your heart starts to wonder where on this earth I could be
I’m thinking maybe you’d come back here to the planet that we’d meet
And you’d see me waiting for you on the corner of the street
So I’m not moving
I’m not moving

Policeman says, “Son, you can’t stay here”
I said, “There’s someone I’m waiting for, if it’s a day, a month, a year”
Gotta stand my ground even if it rains or snows
If she changes her mind, this is the first place she will go

People talk about the guy who’s waiting on a girl
There are no holes in his shoes but a big hole in his world
Maybe I’ll get famous as the man who can’t be moved
And maybe you won’t mean to but you’ll see me on the news
And you’ll come running to the corner, coz you know it’s just for you

I’m the man who can’t be moved
I’m the man who can’t be moved

***

Lagu ini menceritakan tentang seorang pria yang belum bisa move on dari mantan yang masih sangat dia sayang. Pada bait pertama lirik, digambarkan bahwa pria itu rela berkemah di sudut jalan dimana ia dan mantannya itu pertama kali bertemu. Nggak cuma itu, dia juga memegang foto mantannya dan selembar kertas karton bertuliskan, “Jika Anda melihat gadis ini, bisakah Anda katakan padanya dimana aku berada?”
Di bait kedua lagu, diceritakan bahwa beberapa orang memberi dia uang. Well, mungkin mereka pikir si pria gila, gelandangan, or sumthin’, intinya mereka nggak ngerti kalo pria itu lagi patah hati.

Kemudian bait ketiga—yang merupakan bagian reff dari lagu itu—mengungkapkan bahwa pria itu berharap suatu saat mantannya akan merindukan dia dan pergi sudut jalan dimana mereka pertama kali bertemu itu. Dan jika hal itu terjadi, maka sang mantan akan menemukan si pria yang menunggunya di tempat itu.

Lalu di bait berikutnya, diceritakan bahwa seorang polisi menegurnya dan bilang kalo dia nggak boleh tinggal di tempat itu. Tapi pria itu keukeuh nggak mau pergi dari situ karena dia sedang menunggu seseorang, nggak peduli berapa lama, nggak peduli turun hujan, nggak peduli turun salju. Dia berpikir bahwa suatu saat jika sang mantan berubah pikiran, maka tempat itulah yang pertama kali akan dia datangi.

Dan di bait terakhir lagu, diceritakan bahwa pria itu berpikir bahwa dia bakal terkenal sebagai seorang pria yang nggak bisa berpaling dari mantannya, hingga akhirnya sang mantan akan tau bahwa dia melakukan semua hal gila itu untuknya.

***

Daaaamnnn.. Menyentuh banget ya. Mungkin memang ada ya di dunia ini, orang yang rela melakukan hal gila semacam itu untuk orang yang dia sayang. Aku sih berpikir, gila, cewek mana yang disayang sama cowok sampe segininya? Aku paling suka part lirik yang ini, “How can I move on when I’m still in love with you? (Gimana aku bisa move on kalo aku masih cinta sama kamu?)” *Duh, sebenernya mah geli banget ngetik ‘cinta’, sumpah. Tapi nggak tau kenapa aku paling suka part lirik ini* (=_=’)


Mungkin banyak ya artikel-artikel yang mengungkapkan cara move on dari mantan, cara melupakan seseorang, or sumthin’ (aku bahkan nggak yakin penulisnya bisa melakukannya). Tapi melalui lagu ini, The Script ingin mengungkapkan bahwa move on itu nggak semudah membalikan telapak tangan, nggak seinstan bikin Indomie, nggak secepat Rossi bawa Yamaha, dan nggak semulus buang gas *eh :v

6 komentar:

Alfi Sabila mengatakan...

Aku juga suka banget sama lagu itu, Vid. Rasanya pingin nangis pas dengerin. :')

Putri Vidialesta mengatakan...

Lho, orang yang dibahasnya komen. Hahaha.. xD
Hu'um. Aku malah sempet 'berkaca-kaca' pas tau makna dari lagu ini :')

Alfi Sabila mengatakan...

Lho..ternyata aku yang dibahas :') makasih lho Vid.
Iya memang touching banget itu lagunya. Apalagi buat orang yg nggak bisa move on. Perjuangan sm kesetiaan buat nunggunya itu..padahal blm tentu si cewek mau balik lg atau nggak. :"

Putri Vidialesta mengatakan...

Iya. Yang aku maksud 'salah seorang teman Facebook-ku' itu kamu xD
Lho, harusnya aku yang makasih, kamu udah nge-share rekomen lagu-lagu mereka. Makasih banget ^^

Eh tapi kamu tau acara The Comment? Salah satu episodenya pernah nayangin potongan video klip lagu ini dengan lirik di bawahnya. Tapi lirik 'I'm not moving.. I'm not moving' nya diganti jadi 'Oh Mahmudin, oh Mbah Mudin..' Wkwkwk.. xD

Alfi Sabila mengatakan...

Hehe, sama - sama Vid. Aku kalau suka lagu dan menurutku lagu itu penting buat aku dan menurutku enak ya udah aku share aja. Siapa tau temen - temen lain juga suka :)

Tau. Aku tau acaranya. Cuman yang episode itu aku nggak nonton.
Eits..gimana bisa jadi Mahmudin coba? XD
kalo aku malah aku ubah jadi bahasa Jawa. Kalimat "I am not moving" malah jadi "aku ora pindah" XD

Putri Vidialesta mengatakan...

Hahaha.. Kayaknya dari pelafalannya tuh, kedengerannya gitu di kuping orang Indo 😁 Kayak lagu Morte Et Dabo-nya Asking Alexandria, "I never believe in you" jadi "Anu meuli cendol" xD
Walaah.. Itu malah diterjemahin. Wakakak.. xD

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;