Minggu, 10 Mei 2015

Hunting Buku Bareng Bang Uki

Aku nggak pernah se-stress ini sebelumnya, sampe pada akhirnya aku berkenalan dengan salah satu penentu langkah aku : Final Assignment.

Well, aku sadar, selama ini aku terlalu fokus sama tanggung jawab aku : Nyari Duit. Aku nggak menyadari bahwa waktu berlalu cepet banget. Sidang Tugas Akhir udah didepan mata (bulan Juli gitu lhoo..), dan wisuda udah menanti di ambang pintu, sementara aku belom siap baik mental maupun materi! How silly!

Walau bisa dibilang belom siap, tapi tulisan aku udah dalam proses penyusunan. Yaaah, walaupun awal-awalnya aku sempet dibuat galau sama tema, sampe-sampe bab satu yang udah aku susun aku rombak kembali dari awal karena perubahan topik pembahasan.

Selain itu, nyari buku sebagai sumber referensi juga ternyata nggak semudah yang aku bayangin. Aku selalu berpikir bahwa  Gramedia-lah toko buku terdekat yang tepat buat cari buku. Tapiii.. pas aku kesana, aku nggak nemuin apa yang aku cari. Ada satu sih.. tapi harganya lumayan juga. Galau lah aku. Kegalauan aku bertambah ketika ngeliat rak-rak novel memajang beberapa novel yang selama ini aku cari tapi kemaren-kemaren nggak pernah aku temuin di toko-toko buku yang aku kunjungin, termasuk disitu. Deeeeyyymm.. Beli dan baca novel itu pantangan keras buat saat ini. Remembuuhh..?? Aku lagi dalam masa penyusunan Final Assignment, ditambah lagi aku lagi cekak. Tapi kenapa novel-novel yang aku cari itu baru pada nongol sekarang sih? Kenapa nggak kemaren-kemaren, pas aku lagi free dan bener-bener nyari mereka? (=__=’)

Nggak menemukan apa yang aku cari di Gramedia, aku naik angkot menuju Toko Gunung Agung. Apes, tokonya tutup. Aneh, padahal waktu itu masih sekitar jam tujuh malem. Gimana mungkin toko itu tutup di waktu yang terbilang masih sore? Atau, apa mungkin toko itu udah nggak ada lagi?

Akhirnya, aku pun pulang dengan tangan kosong. Apa boleh buat? Kalo gitu caranya, mau nggak mau aku harus datengin lapak buku yang pernah Mas Uki ceritain ke aku tempo hari, gitu pikir aku. Yaaah.. lumayan jauh juga sih tempatnya. Aku udah pesimis aja kalo hasilnya pasti bakal sama kayak waktu aku datengin Gramedia. Gimana nggak pesimis? Wong toko buku terbesar aja nggak ada stok untuk buku-buku yang aku cari, apalagi lapak kecil? Tapi tekad aku udah bulat. Aku pikir, nggak ada salahnya mencoba. Namanya juga ikhtiar toh?

Awalnya ortu aku nggak ngijinin aku pergi. Apalagi bapak. Khawatir aku nyasar, ilang, dijailin orang.. atau apalah. Karena itu juga ibu aku nawarin diri buat nganter aku. Awalnya aku nolak. Aku bisa sendiri kok (walau nggak yakin sih), seenggaknya kalo nggak tau jalan aku bisa tanya orang-orang. Tapi karena ibu aku bersikeras, akhirnya aku nyerah deh.

Rencananya, kami mau kesana naik bus. So, aku tanya Mas Uki—abang aku yang bukan abang aku—tentang apakah jalan menuju ke lapak buku yang dia ceritain itu dilalui sama bus. Kemudian dia jawab, “Bus masuk. Kamu mau kesana? Kalo mau, ayo bareng. Aku sekalian pulang.”

Deeeeyyymm.. aku nggak salah baca tuh? Gitu pikir aku. Mas Uki nawarin diri buat nganter aku kesana, what a surprise!

Aku pikir dia becanda gitu. Dia kan gitu orangnya, suka nggak serius. Aku tanyalah dia, “Beneran nggak ini tuh? Kalo beneran, saya OTW nih..”, dan dia mengiyakan. Akhirnya kami janjian buat ketemu di perempatan jalan menuju kantor.
Sekitar jam sembilan itu, aku berangkat ke tempat yang dijanjikan. Sampe disana, aku pikir Mas Uki udah nungguin, ternyata belom. Aku BBM dia, ngasih tau kalo udah nyampe. Trus dia bales, “Iya, bentar. Ini aku lagi beres-beres dulu.” Jiaaahhh.. (=__=’)

Syukurlah, dia nggak lama-lama banget. Sekitar lima menitan, dia nongol bersama motor capungnya. Pas dia nongol, seketika berasa ada backsound lagu iklan motor : One heart.. one heart..
Pasalnya, aku dan dia sama-sama pake kostum merah, padahal nggak janjian. Huaaaahh.. soul brotheeeeerrr.. :v

Langsung aja aku naik ke boncengannya. Kami cuman ngobrol-ngobrol sedikit selama perjalanan. Yaahh.. sebenernya aku selalu seneng kalo ngobrol-ngobrol ringan sama Mas Uki. Tapi ngobrol di perjalanan—apalagi naik motor—bukanlah saat yang tepat bagi aku. Nggak kedengeran gitu lho.. Masa iya mau teriak-teriak sepanjang jalan :v

Seperti biasa, kalo nyetir motor, Mas Uki selalu nggak pelan-pelan. Tapi kebayang juga sih kalo dia nyetir motor pelan-pelan, nyampe ke lokasi pasti lama. Pasalnya, lokasi yang kami tuju ternyata lumayan jauh jaraknya. Kalo kami kesana naik bus atau elf, ada kali 30 menit lamanya.

Ternyataaaa.. lapak buku itu terletak didaerah pasar. Namanya Pasar Risalah. Meskipun terletak di pinggir jalan, tapi jalan itu bukanlah jalan gede yang dilaluin mobil-mobil transportasi umum yang gede-gede macam elf, ataupun bus. Jadi, kalo mau kesitu naik elf atau bus, kita harus turun dijalan besar yang bercabang dua, kemudian naik becak atau jalan kaki ke jalur kanan.

Sesampainya didepan lapak buku itu, aku pikir Mas Uki bakal langsung ninggalin aku. Ternyata nggak. Dia nemenin aku milih-milih buku. Sialnya, begitu sampe di lapak itu, aku langsung disambut dengan novel-novel yang berjejer di rak—yang sebagian besar adalah inceran aku! Bagai vampir yang mencium bau darah, seketika aku ngerasa tergiur dengan apa yang aku liat itu. Perahu Kertas, Partikel, Akar.. dan f*ck! Ada Sunshine Becomes You-nya Ilana Tan! Just so you know.. Aku udah ngincer novel itu sejak tahun lalu. Ketika aku ke Gramedia buat nebus novel itu, aku membatalkannya karena harganya yang terlalu mahal buat aku. Delapan puluh ribu. Tapi disini..
“Ini berapa, Pak?” tanya aku sambil nunjukin novel itu ke penjualnya.
“Dua lima, Nok,” jawabnya.
Damn! Cuma dua puluh lima ribu! Bertambah deras lah iler yang menetes dari bibir aku (CAUTION : Ini cuma hiperbola, jangan dianggep serius).

Galau lah aku. Aku bener-bener tergoda buat bawa pulang beberapa novel-novel itu. But remem-buhh? Membeli dan membaca novel itu pantangan keras bagi aku saat ini. Lagian tujuan aku kesana kan buat cari buku buat referensi Final Assignment. Masa buku yang dicari nggak dapet, aku malah bawa pulang novel? Sadar, sadar.. Duit yang kamu bawa saat ini itu pinjeman lho, jadi harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.. Gitu pikir aku saat itu.

Susah payah aku menahan hasrat aku terhadap novel itu, tapi cowok berjaket merah yang nganter aku ke lapak itu justru malah memperburuk keadaan.
“Novel ini bagus, Put. Negeri di Ujung Tanduk.. bla bla bla..” katanya sambil nunjukin sebuah novel ber-cover monyet-monyet berpakaian rapi dan berdasi. Bukunya Tere Liye.
“Yang ini juga bagus, Put. Tulisan Tere Liye juga, tapi ini serial anak-anak.”
“Atau ini.. Bulan, novel terbaru Tere Liye sebelum Rindu,” katanya lagi sambil nyodorin novel bersampul ijo-ungu-putih-merah itu, “Aku bahkan belum pernah baca ini. Kayaknya aku mau ambil novel ini deh. Kamu kayaknya mending baca yang ini dulu, soalnya dua novel ini berhubungan,” sambungnya sambil nyodorin novel berjudul Bumi.

Haissshh.. Mas Ukiiiii.. (x__x’)
Entah kenapa saat itu aku ngerasa dia kayak marketing novel yang khusus mempromosikan novel-novelnya Tere Liye. Kata-katanya mantap dan meyakinkan sekali (=__=')

Aku menimang-nimang dua novel di tangan aku. Sunshine Becomes You di tangan kanan, dan Bumi di tangan kiri. “Saya jadi bingung, Mas,” kata aku. “Niat saya kesini kan cari buku buat referensi, sekarang malah kegoda novel-novel ini”.
“Kalo gitu, apa yang dicari itu aja yang diprioritaskan. Beli novel kan bisa kapan-kapan,” kata Mas Uki. Tapi sayang banget kalo udah jauh-jauh kesini dan pulang dengan tangan kosong. Mana novelnya bagus-bagus pula.. Gitu pikir aku.

Akhirnyaaa.. aku pun memutuskan buat menebus dua novel tadi. Masing-masing harganya dua puluh lima ribu. Normalnya aku harus bayar lima puluh ribu, tapi Mas Uki nawar, jadi diskon goceng deh. Lumayan buat ongkos pulang  :v

Setelah bayar, Mas Uki pamit pulang. Dia sempet ngasih tau aku jalan pulang dan transportasi apa yang bisa aku tumpangin dari situ. Dia juga sempet nyaranin aku buat masuk ke dalem pasar. “Didalem juga ada toko buku kok. Coba kesana aja. Siapa tau Putri nemu apa yang dicari,” katanya. So, setelah ngucapin terimakasih sedalam-dalamnya dan setulus-tulusnya, aku pun masuk ke pasar itu dan mencari toko buku yang disebut Mas Uki tadi.

Ternyata, toko buku itu bukan toko buku gede. Buku-buku yang dijual juga tampaknya bukan buku-buku baru, coz kebanyakan udah usang gitu deh. Koleksinya pun nggak banyak-banyak amat, dan kebanyakan buku tentang agama Islam. Aku menelusuri setiap rak, mencari buku dengan tema yang aku butuhkan. Tapi hasilnya nihil. Aku nggak nemu apa yang aku cari disana. Akhirnya aku memutuskan buat pulang.

Aku jalan kaki ke dari pasar itu ke jalan raya. Hemat ongkos deh. Lagipula, sambil liat-liat barang jualan para pedagang pinggir jalan. Kali aja ada yang menarik gitu. Tapi ternyata nggak ada. Sampe di pinggir jalan raya, aku langsung naik angkot elf. Penuh, tapi aku bisa duduk di kursi depan, di sebelah sopir.

Huaaahh.. kecewa rasanya. Tapi seneng juga, akhirnya aku bisa bawa pulang novel-novel bagus. Aku rasa setelah sidang Final Assignment nanti, aku harus kesana lagi. Iya, wajib! Aku bakal borong semua novel yang aku mau yang ada disana! Semoga novel-novel itu masih ada. Hopefully..

Anyway.. Big thanks buat Bang Ukiii.. Kalo bukan karena dia, novel Sunshine Becomes You itu nggak akan ada di tangan aku sekarang. Dan karena dia juga, kemungkinan dua bulan kedepan aku bakal segera punya novel-novel yang aku inginkan ^^

Tapi gimana dengan buku referensinya? Aku kudu balik lagi ke Gramedia gituuu..??

BTW, ironis nggak sih? Aku hobi nulis, dan aku juga suka nulis, contohnya ya di blog ini. Tapi nulis Final Assignment aja ampuuun stress-nya. Kebangetan nggak sih? Padahal, all I have to do is just writing, writing, writing.. That’s it. Nulis. Sama kayak apa yang biasa aku lakukan toh? Hanya aja levelnya beda. Itu masalahnya. Ini JELAS jauh lebih sulit. Aku biasanya cuma cukup merangkai kata. Tapi untuk Final Assignment ini.. nggak cuma sekedar merangkai kata gitu lhooo..


Lord.. aku bener-bener berharap ada keajaiban. Waktunya semakin mencekik, aku nggak mau kehabisan napas dan mati konyol. Nggak apa-apa lah ya kalo aku musti balik lagi ke Gramedia, yang penting kerjaan aku cepet kelar. Wish me luck :)

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;