Jumat, 01 Mei 2015

C E K A K

Aku bukan tipe orang yang suka bikin October Wish, November Wish, December Wish, atau wish wish-an yang lain seperti yang biasa dilakukan oleh orang-orang dunia maya setiap awal bulan. Tapi untuk kali ini, izinkan aku melakukan apa yang biasa orang-orang itu lakukan.

May Wish : Semoga aku bisa bertahan di bulan ini, bulan depan, dan bulan-bulan berikutnya. Aamiin..

Oke. Hari ini aku mau curhat..
For the first time in my life (and I wish this is the last), aku ngerasa pengen nangis karena nggak punya duit. Yah, mungkin ini lucu buat sebagian orang, mengingat hari ini adalah awal bulan alias tanggal muda, yang mana pada tanggal-tanggal ini semua orang yang berstatus karyawan lagi bahagia-bahagianya karena dompet mereka yang semula krempeng menjadi kembali berotot. Bukankah seharusnya aku bahagia juga? Aku kan juga karyawan.

Iya, aku karyawan. But remembuhh..? Aku juga adalah seorang mahasiswi yang menanggung biaya kuliah dan segala kebutuhan sendiri (diluar biaya makan, listrik, dan mandi). Sementara status aku di tempat kerja hanyalah staf dengan pendapatan sesuai UMR. Setiap hari gajian tiba, aku pun nggak bisa pake ‘hasil keringet’ aku itu buat seneng-seneng kayak yang dilakuin kebanyakan temen-temen aku pas hari gajian, coz aku wajib menyisihkan 50% dari gaji aku itu buat biaya kuliah. Dan aku nggak mau jadi anak yang nggak tau diri di mata ortu aku, aku kasih 14,28%-nya ke ibu. Sisanya, buat kebutuhan pribadi aku. Yaah.. such as kebutuhan jasmani, dan pulsa. Tapiiii.. bulan ini aku butuh banget buku buat referensi nulis Final Assignment. Aku bingung, coz uang yang aku punya nggak cukup buat beli buku-buku itu. Selain itu, Safira—salah satu temen baik aku—baru aja melahirkan anak pertamanya, dan sebagai temen deketnya, aku ngerasa wajib nengokin dia dan anggota keluarga barunya itu sambil bawa something (>__<)

Aku udah mencoba menahan keinginan aku yang udah aku targetkan bakal kepenuhi bulan April lalu. Aku sempet berencana beli gitar akustik atau boneka Jack Skellington dan boneka Teddy-nya Mr Bean setelah kantong aku terisi kembali. Tapi karena kebutuhan bener-bener mendesak, akhirnya pemenuhan keinginan aku itu terpaksa aku tunda dulu (sorryyyy.. banget buat pemilik Online Shop yang udah saya tanya-tanyain dan janjiin bakal beli bonekanya. Sama sekali nggak bermaksud PHP, sumpah..). Untung aja aku belom tanya-tanya nomer rekeningnya, coz biasanya pemilik Online Shop suka kesel kalo ada customer yang kebanyakan nanya dan sampe minta nomer rekening tapi akhirnya menghilang begitu aja tanpa beli produknya. Aku juga udah mencoba menahan keinginan aku buat have fun. Kayak kemaren.. Aku diajak rekan-rekan Office 1 buat ikut karaoke-an gitu deh. Awalnya aku nerima, tapi akhirnya aku urungkan karena sayang uangnya. Haisshh.. Aku ngerasa nggak enak juga sih, coz udah beberapa kali aku nolak kalo diajak ikut ke acara bareng rekan-rekan kantor.

Jadi aku pikir, kayaknya aku kudu hidup prihatin dulu deh.. Yah, minimal sampe Sidang Final Assignment berakhir. Aku yang biasanya naik becak dari kantor ke jalan raya tiap pulang ngantor jadi jalan kaki, yang biasanya beli Nescafe atau Good Day UHT di Indomaret jadi bawa kopi instant dari rumah, yang biasanya minum susu HiLo di kantin jadi cuman minum Tea Jus, yang biasanya bayar angkot empat ribu rupiah jadi bayar tiga ribu (untuk kasus ini aku bersyukur dianugerahi tubuh mini sama Tuhan, karena ini adalah salah satu faktor yang bisa meyakinkan sopir angkot bahwa aku adalah seorang pelajar). Begitulah. Mudah-mudahan dengan begitu, aku bisa ngedapetin buku-buku yang aku butuhkan. Kalo udah gitu, aku tinggal harus cari tau, dimana tempat di bumi Cirebon ini yang ngejual buku-buku murah. Aku bakal tanya Mas Uki untuk yang satu itu.

Aku jadi mikir, gini yak susahnya nyari duit? Apalagi ketika banyak kebutuhan yang harus dipenuhin. Dulu aku bisa seenaknya minta ini itu sama ortu tanpa berpikir apakah mereka punya uang atau enggak, dan darimana mereka dapet uang buat menuhin keinginan dan kebutuhan aku. Tapi sekarang aku sadar rasanya. Aku juga jadi mikir, apakah ortu aku pernah menyesal karena nyekolahin aku sampe ke perguruan tinggi? Pasalnya, sejak mendaftarkan aku kuliah, mereka berharap aku bisa punya pekerjaan bagus dengan penghasilan yang bagus pula, yah minimal diatas UMR lah. Tapi kenyataannya, setelah hampir setahun aku kerja, penghasilan aku masih belom bisa melebihi UMR, dan sebagian besar dari penghasilan aku itu cuman abis buat ngebiayain kuliah aku doang. Kalo gini terus, gimana aku bisa ngasih buat ortu aku? Buat nenek aku? Buat adik aku?

Yah, mungkin beberapa orang disana berpikir betapa hebatnya aku yang bisa membagi waktu antara kuliah dan kerja, juga ngebiayain kuliah sendiri. Tapi aku sendiri belom bisa menganggap itu sebagai suatu kebanggaan. Gimana aku bisa bangga sama diri aku kalo aku belom bisa bikin bangga orangtua aku? Jujur, aku sering ngerasa bersalah karena hal ini.

Aku pengen banget cepet wisuda, biar aku lepas dari biaya kuliah yang kalo dikumpulin setaun bisa buat beli satu biji motor itu, biar uang itu bisa aku kasih ke ortu aku. Yaaah.. minimal bantuin kebutuhan finansial keluarga deh. Plus nyenengin adik aku juga—yang sering aku paksa buat nganter jemput aku kemana-mana.

Tapi disamping itu, jujur, aku masih belom siap ngadepin masa depan setelah lepas kuliah. Aku pikir, mungkin apa yang aku hadapin sekarang nggak ada apa-apanya kalo dibanding dengan apa yang bakal aku hadapin setelah lepas kuliah nanti. Huaaahh.. lieur ih. Gini yak rasanya jadi orang (menjelang) dewasa? Sekarang aja rasanya udah kayak gini, gimana beberapa tahun kedepan?

Yaah.. sudahlah, aku rasa tulisan aku kali ini rada kacau dan nggak jelas yak. Maklumlah, suasana hati aku lagi kacau dan nggak enak banget. Untuk itu, aku akhiri aja curhatan aku sampe disini sebelum tulisan aku jadi lebih nggak jelas lagi. Thanks yak buat yang udah nyempetin nyimak. Doain aku masih 'hidup' sampe bulan-bulan berikutnya :')

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;