Senin, 29 Mei 2017

BUKU : Konspirasi Alam Semesta

Thank God, di sela-sela kesibukan akhir bulan yang menyita hampir seluruh waktu luang dan istirahatku, aku bisa menyelesaikan membaca dan mendengar sepaket karya manis dari salah satu tokoh publik favoritku, Fiersa Besari.



ALBUK #1 Konspirasi Alam Semesta.
Sepaket karya yang terdiri dari sebuah buku dan sebuah CD musik berjudul sama ini merupakan karya yang dilahirkan kembali setelah sebelumnya albuk—album buku—ini rilis untuk pertama kalinya pada tahun 2015. Bahkan sebelum dibukukan, Bang Fiersa pernah memposting karya tulisnya itu di blog pribadinya. 

Well, aku nggak tau apakah ini pantas diakui atau enggak, tapi aku mau mengakui bahwa jujur pada awalnya aku nggak berniat untuk membeli albuk ini selain untuk diberikan kepada salah seorang teman baikku sebagai hadiah ulang tahunnya. Awalnya kupikir, biarlah untukku pribadi, aku beli buku preloved nya aja, makanya saat itu aku cuma membeli satu albuk. Tapi, demi melihat pengumuman ini diposting di akun Instagram si Abang..


... aku lantas berubah pikiran. Aku ingin datang kesana! Ini benar-benar kesempatan yang udah kutunggu sejak sekitar satu setengah tahun yang lalu. Aku ingin mendengar suaranya secara langsung, aku ingin foto bareng, aku ingin tanda tangannya ada di bukuku. Masa iya aku menemuinya dengan buku preloved? Oleh karena itu, satu hari setelah melihat postingan itu aku langsung meluncur ke Gramedia Cipto untuk membeli albuk satu lagi.

Sampai di rumah, 'kutelanjangi' dia. Lalu seperti biasa, hal pertama yang kulakukan setelah menelanjangi buku selain mencari pembatasnya adalah.. mencium aroma kertasnya! Haha.. entahlah. Aku selalu suka aroma kertas dari buku yang baru aja dibuka segelnya. 

Beralih ke jalan cerita. Buku ini menceritakan tentang kisah cinta seorang freelance jurnalist dan petualang bernama Juang Astrajingga dengan seorang mahasiswi Fakultas Pertanian bernama Ana Tidae. Pertemuan awal mereka bisa dibilang klise : tabrakan. Dan ketika mereka bertabrakan itulah, Juang mengalami love at the first sight terhadap Ana. Tanpa diduga, profesi Juang yang sebagai freelance jurnalist ini mengantarkan dia dan Ana pada pertemuan-pertemuan berikutnya. Saat itu Juang ditugaskan untuk mencari informasi mengenai Shinta Aksara, seorang sinden yang pernah mengharumkan nama Indonesia di mancanegara namun namanya terlupakan oleh negerinya sendiri sampai akhir hayatnya. Ketika itulah alam berkonspirasi. Narasumber berita yang merupakan anak kandung dari si sinden itu tak lain adalah Ana Tidae. Karena sering bertemu, mereka pun akhirnya saling jatuh cinta.

Namun kisah cinta mereka tentunya diwarnai oleh berbagai konflik, mulai dari penyakit yang diderita Ana, kisah cinta masa lalu Ana, dan hobi bertualang Juang yang mengharuskan mereka sering menghadapi hubungan jarak jauh. 

Oh ya, nggak cuma kisah cinta, buku ini juga berkisah tentang keluarga, persahabatan, dan kecintaan terhadap alam dan negeri. Bagaimana dengan ending ceritanya? Asli, aku shock! Karena akhir ceritanya benar-benar nggak aku duga bakal seperti itu.

Anyway, selama membaca buku ini, sosok Juang yang tergambar dalam imajinasiku nggak lain dan nggak bukan adalah Bang Fiersa sendiri. Entahlah, rasanya susah buat membayangkan sosok lain. Sedangkan sosok Ana Tidae, nggak tau kenapa yang terbayang adalah sosok cewek bernama Ainy. Well, kalo kamu mengikuti postingan Instagram Bang Fiersa, dia pernah memposting foto dan sekelumit kisah tentang cewek ini. Katanya sih mereka pernah dekat, katanya sih si Ainy ini adalah seseorang yang menjadi inspirasi Bang Fiersa dalam penulisan lagu And I Need You (And I Need You, yang kalo diakronimkan menjadi AINY), namun sayangnya dia meninggal bulan Februari 2016 lalu. Dan dari buku ini, sedikitnya aku jadi tau seorang Fiersa Besari itu romantisnya kayak apa. 

Oh ya, aku lupa cerita kalo kemarin-kemarin itu aku apes banget. Waktu itu aku berniat memutar CD musik Konspirasi Alam Semesta di laptopku. Sialnya, CD musik itu tersangkut disitu. Sampai sekarang CD itu masih terjebak didalam laptop. Aku bingung harus digimanain. Padahal kan niatnya CD itu bakal dibawa sepaket sama bukunya tanggal empat nanti :(

Soal event di Gramedia Cipto itu, aku merasa wajib datang. Hanya aja sampai sekarang aku masih bingung mau mengajak siapa. Temanku nggak banyak, apalagi yang sesama penggemar Fiersa Besari. Waktu itu aku tanya Ecin, teman kampusku apakah dia mau datang ke acara itu atau enggak, coz kebetulan denger-denger dia punya albuk Konspirasi Alam Semesta juga. Tapi sayangnya pesanku itu nggak dia respon. Aku mau ajak Rohayati, tapi dia lagi sibuk sama persiapan sidang Tugas Akhir-nya. Aku nggak mau mengusiknya. Satu-satunya harapanku cuma Tri. Aku tau dia sama sekali bukan penggemar buku, apalagi Fiersa Besari, tapi dia satu-satunya teman terdekatku yang bisa aku harapkan. Mudah-mudahan dia mau. Kalopun (misalnya) nggak mau, biar aja aku datang sendiri kesana.

So, Bang Fiersa.. sampai jumpa hari Minggu ya :)

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Yeee...semoga smpe tnggal 4 lancar dan bisa kesana ya. Foto sama bang Fiersa :3

Btw aku nangis loh pas terakhir2 bc nya :' ngga ketebak. Skrng bukunya uda rak deretan buku favorit. :3 Arigatou

Putri Vidialesta mengatakan...

Aamiin :3

Aku yang nangis malah di Bab Telapak Kaki. Kalo pas ending itu, aku melongo aja. Nggak nyangka endingnya kayak gitu. Rasanya kok kayak nggak terima gimana gitu :'v

Anonim mengatakan...

Ho.o dink sama yang itu. Pokoknya klo ttg keluarga, ibu, pasti bkin terharu.

Iya ya. Semacam "loh loh..kok gini sih" 😅

Btw skrng bukunya dihalaman2 trntu aq kasi stiker pmbts buku. Tiap ada kalimat2 atau quote yg bagus aq tandai :'

Putri Vidialesta mengatakan...

Hu'um, tentang bapak juga :'3

Itu kayaknya hampir semua halaman ada quote bagusnya deh, Tif. Kamu tandain semua. Wkwk..

Anonim mengatakan...

Wkwkkw njirr...iya sih dia kl nyusun kata2 paling bisaak.

Btw selamat ya yg uda berhasil ketemu sama bang fiersa. Aku iri loh sama dia. Dia uda salaman sama kamu. Aku kapan coba bisa salaman sm km trs foto brng juga. Huhu. Eh km foto bareng ga sm dia? :3

Putri Vidialesta mengatakan...

Lho, irinya kok sama dia. Wkwkwk..
Nggak ada sesi foto bareng, Tif. Yang mau selfie sama Bang Fiersa dilarang sama MC nya :')

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;