Kamis, 15 November 2012

Bakti Sosial Bareng Fantastic League

Selamat datang liburaaaaann..!! Hahaha..
Aku seneng banget, coz kuliah libur selama empat hari (Kamis, Jum'at, Sabtu, Minggu). Aku bisa nyantai dirumah, dan bebas tugas kuliah :D

Tapi di hari pertama liburan ini, aku ada kegiatan bareng temen-temen di Fantastic League. Fantastic League ini adalah salah satu organisasi di kampus. Organisasi ini dipimpin oleh Kak Sudan. Seperti yang udah didiskusikan di minggu sebelumnya, hari ini kami mengadakan bakti sosial dengan ngambilin sampah disekitar jalan Pilang Sari. Kami disuruh kumpul jam setengah sembilan di kampus. Awalnya aku kira temen-temen satu organisasi yang deket sama aku bakal pada ikut. Nggak taunya pas aku SMS, mereka malah bilang, "Nggak bisa dateng". Aku jadi ragu buat ikutan.

Pas waktu udah nunjukin jam setengah sembilan, Sherly nge-SMS aku. "Put, ikut aja yuk.." Padahal waktu aku ajak tadi dia bilang dia nggak bisa dateng, coz lagi dirumah bapaknya. So, aku yang tadinya ragu buat ikutan akhirnya siap-siap deh buat ngikutin kegiatan itu. Sebelumnya aku ngirim SMS dulu ke Kak Sudan buat minta maaf kalo aku dateng telat.

Pas aku dateng ke kampus, ternyata Kak Sudan dkk pada nunggu didepan kampus. Mereka duduk-duduk gitu disana, sambil nunggu rekan-rekan yang belom dateng. So, aku ikut gabung sama mereka. Beberapa menit setelah aku dateng, Sherly dateng trus langsung gabung. Sambil nunggu temen-temen yang belom dateng, kami sempet ngomongin tentang keadaan kebersihan lingkungan sekitar rumah masing-masing.

Kami nunggu disitu lumayan lama. Sampe akhirnya sekitar jam sepuluh, kami baru berangkat ke daerah jalan Pilang Sari. Kami kesana jalan kaki sambil bawa karung atau kantong plastik gede buat ngantongin sampah. Trus setelah berpuluh-puluh meter kami berjalan, kami berhenti dipinggir jalan deket selokan yang banyak sampahnya gitu. Kami melongo. Kami nanya ke Kak Sudan, "Disini, Kak?" Kak Sudan ketawa trus bilang, "Nanti dulu.. Kakak mau ngomong.."
Temen-temen aku masih pada ribut aja tuh, gara-gara mereka mikir kami bakal ngambilin sampah dari selokan itu, sampe-sampe Kak Sudan harus nenangin mereka. Hahahaha..

Ternyata Kak Sudan berhenti dideket selokan itu buat ngebagi kelompok. Tapi kenapa harus dideket selokan gitu yak? Mana tuh selokan bau pete lagi.. ckckckck.. -__-
Beberapa orang ikut dia ngambilin sampah dipinggir jalan sebelah kiri, dan sisanya ikut Kak Fajar ngambilin sampah dipinggir jalan sebelah kanan. Aku dan Sherly masuk kelompok Kak Fajar. Dari tempat itu, kami pun mulai mungutin sampah dan ngumpulin sampah-sampah itu ke kantong plastik atau karung masing-masing. Orang-orang sepanjang jalan ngeliatin kami. Beberapa dari mereka menanyakan asal kami, dan beberapa orang juga ada yang godain, kayak misalnya, "Ambilin sampah di rumah saya aja, Mbak, Mas. Di rumah saya banyak.." Azzzzz.. -__-

Di tempat penjual es campur, kami berhenti dan istirahat sejenak disana. Kak Sudan nraktir kami semua. Ck.. baik banget emang senior kami yang satu ini :P
Pas es campur itu nyentuh lidah dan tenggorokan tuh rasanya gimanaaaaa gitu. Udah lagi panas-panas, haus, plus capek habis jalan mungutin sampah, eh ditraktir es campur. Serasa neguk air dari surga.. *behh, apa banget..* :P

Disitu juga kami sempet foto-foto buat dokumentasi gitu.

Setelah istirahat disitu, kami jalan lagi, dan berhenti didepan kantor KODIM gitu. Tadinya kami mau mengadakan diskusi gitu sama kepala KODIM nya tentang kebersihan lingkungan. Tapi ternyata beliau lagi nggak ada ditempat. So, kami cuman duduk-duduk aja disana. Disana juga kami menuliskan pesan-pesan kami diatas kertas tentang kebersihan.

Di jalan tadi aku diledekin terus sama si Rezka (atau Rezky ya? nggak tau deh. coz mereka tuh kembar, dan aku belom bisa bedain yang mana Rezka dan yang mana Rezky). Dia ngeledekin aku gini, "Kamu anak nyasar ya, Dik? Ibu kamu mana..?" Ah, dasar koplak emang. Mentang-mentang badan aku paling kecil diantara mereka, aku jadi diledekin gitu.. -__-

Hari ini aku berasa jadi pemulung sehari. Hahaha..
Tapi lumayan menyenangkan lah. Lagipula ini pertama kalinya aku ngikutin kegiatan bakti sosial kayak gini. Hitung-hitung amal lah, cari pengalaman juga..

Well, dari kegiatan yang aku ikutin hari ini, aku menyimpulkan bahwa ternyata masih banyak warga yang nggak peduli sama lingkungan. Buang sampah masih pada sembarangan gitu. Padahal aku pikir, apa susahnya sih buang sampah di tempat sampah? Bukankah tempat sampah udah disediain dimana-mana? Lagian kalo lingkungan bersih, itu juga buat mereka sendiri. Kalo lingkungan banjir, mereka juga yang susah. Kalo udah gitu, biasanya mereka nyalahin pemerintah, padahal harusnya kan warga juga berperan. Kalo pemerintah udah berusaha mewujudkan lingkungan bersih, tapi warganya nggak mau menjaga (bahkan buang sampah ditempat sampah aja males), gimana lingkungan mau bersih?

Aku jadi inget sebuah video yang di-play Pak Aris hari Rabu kemaren di lab komputer. Jadi ada sebuah negara (mungkin Swedia) yang penduduknya males banget buang sampah meskipun tempat sampah udah disediain disana. Bahkan sampah-sampah itu berserakan disekitar tempat sampah itu sendiri. Trus diciptakanlah sebuah tempat sampah yang unik. Tempat sampah itu menggunakan sensor yang bisa mendeteksi benda-benda yang masuk ke tempat sampah itu. Jadi setiap ada benda atau sampah yang masuk ke tempat sampah itu, tempat sampah itu bakal mengeluarkan suara yang unik banget. Suaranya tuh, "Tuiiiiiiiiiinnnggg.." kayak suara benda yang jatuh ke tempat yang daleeeeeeemm banget. Setelah adanya tempat sampah itu, baru deh para warga rajin buang sampah di tempat sampah, dan lingkungan itu jadi bersih dari sampah.

Ini nih video nya World's Deepest Bin.

Well, mungkin bener.. cara termudah untuk mengubah perilaku masyarakat menjadi lebih baik adalah dengan  membuatnya menyenangkan untuk dilakukan. Haaaahh.. coba di Indo ada tempat sampah macam begitu. Nggak heran deh kalo Swedia jadi salah satu negara terbersih di dunia.

So, quote hari ini adalah :
keep our earth green and clean, and save it from the disaster.. because we have nowhere to go..

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;