Sabtu, 05 Oktober 2013

Sabtu Penuh Cerita

Seperti yang udah aku ceritakan kemaren, hari ini aku ngadain pertemuan lagi sama Eva buat belajar English Speaking bersama. Kami ketemuan di kampus sekitar jam setengah tiga. Tadinya kami mau pinjem kelas gitu, tapi ternyata semua kelas di kampus mau dipake buat sidang mahasiswa, jadi kami nggak bisa pake. Akhirnya kami memutuskan buat ngobrol-ngobrol di Masjid At-Taqwa.

Disana kami cuma ngobrol-ngobrol biasa aja sih. Pas waktu sholat Ashar tiba, Eva masuk masjid buat sholat, sementara aku yang lagi nggak sholat nunggu diluar. Selama nunggu diluar sendirian, aku cukup menikmati suasana juga. Nggak tau kenapa kok rasanya tenang banget ya, duduk sambil bersandar di dinding luar masjid sendirian sambil denger musik santai dan liatin orang yang berlalu-lalang. Rasanya aku pengen ngerasain saat-saat seperti itu setiap hari, khususnya kalo malem. Ah, kalo malem pasti rasanya lebih tenang lagi. Pengen deh sering-sering main kesitu..

Selesai sholat, Eva nggak langsung nemuin aku. Dia ngobrol-ngobrol dulu sama temen ceweknya yang duduk nggak jauh dari tempatku, sampe akhirnya dia ngajak aku buat gabung sama mereka. Akhirnya aku gabung deh, walaupun ada rasa nggak enak juga sih. Yaaahh.. aku kan emang gitu kalo ketemu sama orang baru. Nama cewek itu Syifa (kalo nggak salah.. entahlah..). Dia itu temen SMP si Eva yang sekarang kuliah di Bandung (kalo nggak salah lagi). Pantesan aja mereka keliatan seneng banget ketika mereka ketemu satu sama lain, coz mereka tuh udah beberapa tahun nggak ketemu. Ya kurang lebih sama kayak aku dan Novi. Cuma bedanya, kalo aku dan Novi mah masih tinggal satu kota, tapi baru ketemu lagi kemaren.

Sekitar jam empat lebih, kami pindah tempat. Kami makan jajanan gitu didepan alun-alun Kejaksan. Waktu itu temennya Eva makan tahu gejrot. Itu adalah pertama kalinya dia makan makanan khas Cirebon itu, dan menurutnya rasanya agak aneh. Hahaha.. Dia juga sempet makan es duren, barengan sama si Eva. Aku sempet ditawarin sih, tapi aku nolak. Aku kan nggak suka duren. So, aku cuma makan gado-gado aja tadi.

Setelah selesai makan, temennya Eva itu pamit, sementara aku dan Eva masih ngabisin jajanan kami. Sambil makan, kami membicarakan rencana pertemuan kami selanjutnya. Pas lagi ngobrol-ngobrol gitu, tiba-tiba ada seorang mbak-mbak gitu yang nyamperin kami. "Excuse me.." katanya, kemudian duduk dihadapan kami. Kami ngerasa surprised juga. Ya iyalah, lagi ngobrol-ngobrol berdua (pake bahasa Inggris), tiba-tiba ada yang nyamperin dan nyapa pake bahasa Inggris juga. Well, mungkin dia penasaran kali ya denger kami (yang tidak bertampang bule ini) ngobrol pake bahasa Inggris, makanya dia nyamperin kami. Kami sempet ngobrol-ngobrol sebentar juga sama dia, dan pake bahasa Inggris. Namanya Yuni. Rupanya Mbak Yuni itu adalah seorang ibu rumah tangga, padahal sebelumnya kami kira dia itu guru bahasa Inggris. Muehehe..

Walaupun pertemuan kami dengan mbak itu bener-bener singkat, tapi kami lumayan seneng juga. Nggak nyangka banget, hari ini aku ketemu dan ngobrol sama dua orang baru. Sementara Eva mungkin lebih surprised lagi. Coz dia nggak cuma ketemu orang baru, tapi dia juga ketemu sama temen lamanya yang udah lama nggak ketemu secara kebetulan di tempat itu.

Sekitar jam lima sore, aku dan Eva pulang. Tapi sebelum kami pulang, kami merencanakan pertemuan kami selanjutnya. Kami sepakat bahwa setiap bertemu, kami harus berbicara dengan bahasa Inggris. Kalo ngomong selain pake bahasa Inggris, maka harus didenda lima ratus perak perkata. Selain itu, kami sepakat untuk mempresentasikan suatu topik di setiap pertemuan hari Sabtu. Itu semua Eva yang ngusulin. Well, sebenernya rada berat juga sih buatku. Apalagi harus presentasi seminggu sekali itu lumayan sulit juga buatku. Tapi aku nggak mau temenku itu kecewa. Lagian aku mikirnya positif aja sih. Yaaahh.. anggap aja ini suatu pembelajaran bagiku buat meningkatkan rasa percaya diriku juga. Tapi kira-kira aku bisa nggak yaaa..??

***

Sekitar jam setengah tujuh sore tadi, aku menghadiri acara pernikahan Mbak Weni di Hotel Bentani. Aku kesana bareng ibuku dan keluarga Ibu Hj Anah, tetanggaku. Pas nyampe disana, rada kecewa juga sih, coz kursinya terbatas banget. So, para undangan yang hadir kebanyakan cuma berdiri doang. Aku sempet ngeliat acara penyambutan pengantinnya lho. Aku berdiri dibarisan paling depan, sehingga aku bisa ngeliat sepasang pengantin itu dengan jelas. Malem ini Mbak Weni keliatan cantik banget. Bikin envy aja. Nggak nyangka deh, kakaknya temen masa kecilku sekarang udah nikah. Well, dia itu kakaknya temen masa kecilku, si Dewi. Waktu kecil, aku juga lumayan sering main sama Mbak Weni. Bahkan aku terlebih dulu mengenal dia ketimbang Dewi. Aku pertama kali kenal dia itu pas dia masih SD, dan entah waktu itu umur aku berapa. Waktu dulu, dia sering nyari cacing dibawah pohon jeruk nipis dibelakang rumah aku bareng Engkongnya, dan aku sering ikut-ikutan mereka nyari cacing. Setelah itu, kami jadi temenan, suka main gambar-gambaran di atas tanah gitu di belakang rumah aku bareng sama adiknya dan adik aku. Eh, sekarang dia udah nikah aja. Huaaahh.. waktu kok cepet banget siiiihh..??

Di acara pernikahan tadi, sempet ada acara lempar bunga mawar juga sih. So, para gadis yang hadir di acara itu pun dihimbau untuk maju ke tengah ruangan buat ngerebut bunga yang dilempar. Katanya sih, barangsiapa yang dapetin bunga yang dilempar pengantin itu, maka dia bakal nyusul nikah. Pasti udah banyak yang denger deh hal yang satu itu. Entah benar atau cuma mitos doang. "Ikutan sana!" kata ibu aku dan Bu Anah. Aiihh.. maksudnya apa coba? Pengen aku cepet-cepet nikah apa yak? (=__=)
Well, sebenernya ada rasa pengen ikutan juga sih. Kayaknya seru gitu. Apalagi kalo berhasil dapetin bunga itu, maka dia berhak dapetin souvenir berupa boneka panda. Tapi aku malu. Coba kalo temenku, si Tri ikut ke acara itu, mungkin aku bisa ajak dia, jadi aku ada temennya.

Setelah salam-salaman sama kedua mempelai dan keluarganya, kami makan deh. Berhubung aku udah kenyang, aku nggak makan disana. Paling cuma makan es krim dan cake doang. Sempet makan sate dan chicken katsu juga sih, tapi itu juga barengan sama ibuku. Dan karena kursi terbatas, para hadirin pun makan sambil berdiri. Nggak tau kenapa ya, menurut aku kerakusan seseorang selalu terlihat kalo udah hadir diacara-acara kondangan. Apalagi kalo kondangannya itu di gedung besar atau hotel, dimana para undangan nggak cuma bisa makan makanan prasmanan aja, tapi banyak pilihan jenis makanan lainnya. Wuih.. udah deh, pada keliatan kalo mereka tuh penggila makan semua. Udah makan prasmanan, makan siomay, trus makan empal, habis itu ngembat sate, kemudian ngemil rujak buah.. Mwahaha.. dasar manusia, rata-rata gitu. Aji mumpung kali ya.. mumpung gratis.. :P

***

Oh ya, tadi siang aku nonton film Alangkah Lucunya Negeri Ini di netbook aku. Lumayan bagus deh filmnya, dan isinya nyindir keadaan Indonesia gitu. Filmnya menceritakan tentang seorang Sarjana Manajemen bernama Muluk (diperankan oleh Reza Rahadian) yang kesana-kesini nyari kerja tapi nggak dapet-dapet. Suatu hari, dia mergokin seorang anak kecil yang mencopet di pasar, namanya Komet. Dia nggak nangkep anak itu sih, cuma ngingetin aja kalo nyari duit itu butuh kerja keras. Kemudian suatu hari, Muluk dipertemukan lagi sama si Komet di sebuah warteg. Dan dengan dianter Komet, Muluk pun mendatangi markas para pencopet buat nawarin mereka kerja sama. Sebelumnya, dia diperkenalkan dulu kepada seorang pria bernama Jarot yang merupakan pemimpin para pencopet. Kemudian, Jarot pun memperkenalkan Muluk kepada anak-anak buahnya yang dibagi menjadi tiga golongan, yaitu copet pasar, copet mall, dan copet bus. Setelah itu, Muluk yang merupakan lulusan S1 Manajemen itu menawarkan diri untuk mengatur dan mengelola keuangan mereka dengan imbalan 10% dari hasil mencopet mereka. Sebenernya Muluk bermaksud baik. Dia pengen hasil mencopet mereka itu dikelola secara profesional dan akhirnya dapat dijadikan sebagai modal usaha agar para pencopet itu nggak perlu mencopet lagi. Oleh karena itu, Muluk mengusulkan kepada mereka untuk mendirikan usaha dagang asongan.

Tapi karena para pencopet itu bukanlah orang-orang yang berpendidikan, Muluk merasa perlu untuk memberi ilmu kepada mereka terlebih dahulu sebelum mengubah profesi mereka yang sebelumnya adalah pencopet menjadi pedagang asongan. Ya harus lah. Masa pedagang nggak bisa baca dan ngitung? Yang ada nanti ditipu terus. Akhirnya Muluk pun mendirikan sebuah sekolah bebas dengan dibantu kedua temennya yang juga pengangguran, yaitu Samsul yang merupakan seorang sarjana pendidikan dan Pipit yang merupakan seorang sarjana pendidikan agama. Samsul dan Pipit yang ngajar, sementara Muluk yang ngatur. Dan berkat kerjasama itu pun mereka berhasil mengumpulkan uang hingga puluhan juta rupiah, serta membeli beberapa kotak dagangan asongan. Tapi rupanya nggak mudah bagi Muluk dkk untuk membujuk para pencopet itu beralih profesi. Mereka lebih suka mencopet ketimbang ngasong karena menurut mereka, penghasilan mencopet lebih besar ketimbang ngasong.

Konflik terjadi ketika Pak Makbul (ayah Muluk, diperankan oleh Deddy Mizwar), Haji Rahmat (ayah Pipit, diperankan oleh Slamet Raharjo), dan Haji Sarbini (calon mertua Muluk, diperankan oleh Jaja Miharja) bersikeras untuk melihat tempat kerja Muluk, Pipit, dan Samsul. Mereka pun mengikuti Pipit. Dan alangkah terkejutnya mereka ketika mengetahui bahwa Muluk, Pipit, dan Samsul bekerja bersama para pencopet. Terlebih Pak Makbul dan Haji Rahmat. Mereka sangat terpukul dan kecewa ketika menyadari bahwa selama ini anak-anak mereka memberi mereka makanan dari uang haram. Mengetahui orangtuanya kecewa, Muluk dan Pipit pun merasa sangat bersalah, dan kemudian mereka memutuskan untuk berhenti bekerja bersama para pencopet itu.

Setelah Muluk, Pipit, dan Samsul behenti bekerja bersama mereka, Jarot pun marah. Ia kesal pada anak-anak buahnya yang susah diatur. Kemudian ia pun memberi kebebasan pada anak-anak buahnya itu. Yang mau ngasong ya alhamdulillah, yang mau tetep mencopet ya silahkan. Para pencopet pasar pun memilih untuk menjadi pedagang asongan, termasuk Komet, sementara para pencopet mall dan pencopet bus lebih memilih untuk tetap menjadi pencopet.

Namun ketika para pencopet yang tengah berdagang itu lagi ngasong di jalan raya, tiba-tiba datanglah pasukan Satpol PP.  Muluk yang saat itu sedang belajar nyetir ditempat itu pun segera memerintahkan anak-anak itu untuk lari. Kemudian ia mengaku kepada para petugas Satpol PP bahwa dia lah yang menyuruh anak-anak itu untuk ngasong. Akhirnya Muluk pun dibawa oleh para Satpol PP itu.

Ah, bener deh, aku tersentuh banget nonton nih film. Aku pikir, judul film ini bener-bener tepat. Emang, negeri kita tuh lucu banget! Simak aja tuh cerita akhir filmnya. Aparat hukum tegas banget kepada para pengamen dan pedagang asongan. Mereka melarang orang-orang itu menjalankan profesinya di jalan raya dengan alasan bahwa mereka mengganggu kelancaran lalu lintas. Tapi kenapa aparat hukum nggak bertindak tegas kepada para koruptor? Padahal para koruptor itu jelas-jelas mengeruk duit haram, dan sangat merugikan rakyat. Para pengamen dan pedagang asongan mungkin memang mengganggu lalu lintas, tapi duit yang mereka peroleh itu hallal, dari hasil keringat mereka sendiri. Mereka tuh nggak mikir apa, kalo lapangan pekerjaan di negara ini tuh sedikit banget? Kalo mereka nggak ngamen dan nggak ngasong, mereka mau kerja apa coba? Ya pantes aja kalo pencopet di negeri ini masih banyak.. peraturannya kayak gitu sih.. (=__=')

Haaahh.. Indonesia.. stop being funny, please..

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;