Jumat, 04 Oktober 2013

Belajar English Speaking Itu Ternyataaaaa...

Aaaaa.. aku jadi ketagihan speaking English nih. Ini karena mulai saat ini aku udah punya partner buat bercuap-cuap dalam bahasa Inggris. Dia adalah Eva, temenku dari jurusan Business Administration 2 (tapi sekarang dia udah pindah ke jurusan Business Administration 1). Aku temenan sama dia semenjak kami sama-sama mengikuti program SICE dan Fantastic League di kampus. Sebenernya dia duluan yang ngajak aku buat jadi partner dia untuk bercuap-cuap dalam bahasa Inggris. Ketika itu adalah minggu pertama masuk kuliah semester tiga. Eva menemui aku dan berkata, "Put, I think it would be better if we meet each other and talk in English everyday to improve our English speaking skills. What do you think?" katanya. Well, aku dan dia emang biasa ngomong pake bahasa Inggris kalo ketemu. Lagi-lagi dia duluan yang mulai. Waktu denger dia bilang gitu, aku rada shock gitu. Aiiihh.. yang bener aja. Aku lemah di English speaking, dia malah ngasih usul buat cuap-cuap pake bahasa Inggris tiap hari. Tapi aku terima juga tuh usul dia. Aku pikir toh ini demi kebaikan kami juga, biar terbiasa ngomong English gitu, nggak gagap lagi. Kami sepakat buat ketemuan tiap hari sebelum kuliah dimulai. Tapi waktu itu aku nerimanya dengan setengah hati gitu. Coz, jujur aja, aku malu sama speaking skill aku yang masih pas-pasan. Aku pikir kayanya dia juga tau klo aku nerima usul dia dengan setengah hati, coz kenyataannya aku dan dia belum juga ketemuan sejak kesepakatan itu dibuat.

Nah, tiga hari yang lalu, tepatnya hari Selasa setelah sholat Magrib, aku ketemu dia di mushola. Dia nanya, "Put, did you forget about what I've said to you? Why doesnt't it work at all?"
Dari nada bicaranya, kayaknya dia kecewa gitu. Aku jadi ngerasa nggak enak juga. Mungkin dia pikir sebenernya aku nggak suka atau nggak setuju sama usul dia. Sebenernya bukan gitu.. (=__=)

Akhirnya kami sepakat buat bertemu satu sama lain keesokan harinya, sebelum jam kuliah dimulai. Tapi ternyata besoknya waktu kami sedikit banget. Kami cuma ketemu sebentar. Sebentar banget. Dan di hari Kamis, baru deh kami sempet ngobrol agak banyak, coz aku berangkat ke kampus lebih awal dari biasanya. Kami ngobrolin tentang pengalaman Eva liburan di kampung Inggris di Pare, Kediri. Tentu aja pake bahasa Inggris. Dia cerita tentang betapa kegiatan disana begitu melelahkan. Dia cerita tentang betapa dinginnya cuaca disana, dan dia harus ngerasain kedinginan tiap malem karena nggak bawa selimut dan pakaian tebel. Dia juga cerita kalo disana tuh kebanyakan orang mengendarai sepeda, nggak banyak mengendarai motor dan mobil kayak disini. Ah, aku bisa bayangin betapa bersihnya udara disana. Jadi pengen kesana juga..

Selain itu, kami juga sama-sama menyatakan kekecewaan kami karena semester ini sama sekali nggak ada mata kuliah Bahasa Inggris. Dan Eva juga sempet bilang ke aku kalo aku tuh satu-satunya partner dia buat speaking English di kampus. Aku agak surprised juga sih waktu dia bilang gitu. Heran aja, kenapa harus aku yang dia pilih, coz yang lebih pinter bahasa Inggris dari aku kan banyak. Ada Mitro, Imam, Ai.. bahkan mereka lebih supel dari aku juga. Apalagi Ai, dia kan sekelas sama Eva, jadi mereka bisa ngobrol pake bahasa Inggris sepuasnya selama di kampus. Tapi ternyata permasalahannya ada pada lingkungan yang kurang mendukung. Seringnya orang-orang sekitar memandang negatif sama mereka yang ngobrol pake bahasa Inggris seperti kami ini. Mereka pikir kami sombong, sok Inggris gitu deh, padahal kan bukannya gitu. Kami sama sekali nggak ada maksud buat nyombong. Ya, pandangan-pandangan negatif semacam itu tuh yang bikin orang ragu buat belajar English Speaking. Padahal kan apa salahnya sih belajar? Kami kan cuma mau belajar ngomong Inggris. Toh, ini suatu saat bisa berguna di masa depan.. bukannya mau sok.

Nah, semenjak aku ngobrol-ngobrol sama Eva pake bahasa Inggris, aku jadi ngerasain adanya sedikit kemajuan dalam English speaking skill aku. Well, awalnya sih aku ngerasa kaku gitu. Tapi lama-lama udah mulai terbiasa kok, ya walaupun grammar-nya rada kacau sih. Eva juga ngerasain itu. Ya, nulis kalimat dalam bahasa Inggris dengan grammar yang tersusun dengan baik mungkin cukup mudah, tapi kalo menerapkannya kedalam speaking, itu nggak gampang. Jadi sekarang sih yang penting mah percaya diri dan berani buat ngomong English aja dulu. Masalah grammar mah urusan belakangan. Muehehehe..
Bener deh, aku jadi ketagihan buat ngobrol pake bahasa Inggris.

Tadi sore juga rencananya kami mau ngobrol-ngobrol lagi sih, tapi dengan waktu yang lebih lama. Tapi sayangnya hari ini aku nggak bisa memenuhinya, coz sore tadi aku harus ke Toko AA buat beli perlengkapan praktek kesekretarisan hari ini. Tapi aku dan Eva udah janjian kok buat ketemuan hari Sabtu besok. Kuliah kan libur tuh kalo hari Sabtu, jadi kami punya banyak waktu buat bercuap-cuap. Cuma, aku bingung nih.. coz aku selalu nggak punya topik yang menarik buat dibicarakan. Huaaaahh.. (=__=')

Oh ya, di Toko AA tadi aku ketemu sama Novi. Dia ini salah satu temen deket aku di SMP. Aku juga sekelas sama dia dikelas tujuh dan sembilan. Ternyata dia kerja disitu. Ah, kangen juga aku sama dia, coz udah lumayan lama juga kami nggak ketemu. Entah kapan terakhir kali kami ketemu, yang pasti waktu itu kami sama-sama jalan-jalan ke Grage Mall berdua, trus main kerumah temen deket kami yang lain, namanya Intan. Tapi kalo sama si Intan sih sekarang ini kami bener-bener udah lost contact.

Lumayan melelahkan juga deh hari ini. Coz aku dan ibu aku jalan-jalan dari siang sampe sore. Itu juga aku perginya dalam keadaan ngantuk dan sakit kepala. Coz siang itu cuaca lagi panas-panasnya, dan biasanya jam segitu (sekitar jam satuan) aku lagi tidur siang, ini malah jalan-jalan. Awalnya kami ke Toko AA dulu. Trus berhubung aku laper karena belum makan, jadi setelah itu kami makan mie ayam pinggir jalan yang cukup terkenal di perempatan jalan sekitar situ. Habis makan, kami ke supermarket deh, beli barang-barang kebutuhan harian gitu. Kami pulang kerumah sekitar jam setengah lima. Pas nyampe rumah, aku nggak sempet mandi dan ganti baju dulu. Aku langsung siap-siap, trus berangkat ke kampus deh. Waktu itu, aku kira kuliah udah dimulai. Takut telat gitu, coz dosen jam kuliah pertama lumayan killer. Muehehe.. Untungnya pas aku nyampe kelas, ternyata dosennya belum masuk :D

BTW, belakangan ini beberapa temen sekelasku kayaknya lagi hobi ngeledekin aku deh. Misalnya Desi dan Fatimah yang belakangan ini suka nyeletukin aku dengan julukan mahasiswa pilihan. Sebenernya ini salah aku juga sih. Jadi ceritanya aku tuh kehabisan buku paket Human Resources Management for Secretary yang covernya bergambar kupu-kupu dan siluet cewek. Sebagai gantinya, aku dikasih buku paket Human Resources Management for Secretary yang covernya lebih simple dan berukuran lebih panjang dan tipis ketimbang buku paket yang kebanyakan temen-temen aku punya. Padahal sih kedua buku itu isinya sama aja, cuma beda cover dan ukuran doang. Tapi ngeliat bukuku yang beda dari yang lain, temen-temen heran. Mereka nanya, "Put, kamu kok buku paket Human Resource-nya kayak gini?" Dan saat itulah aku jawab, "Ya iyalah, saya kan mahasiswa pilihan!"

Nah, sejak saat itu, beberapa temenku mulai hobi ngeledek aku dengan sebutan itu.

Trus tadi sore juga aku sempet denger Gisna manggil aku dengan sebutan bangkong. Itu pasti gara-gara pelajaran bahasa Jepang tuh. Belum lagi si Maella yang nggak tau kenapa belakangan ini suka nempel-nempel aku. Mungkin karena sekarang dia udah kerja, jadi makin stress gitu deh. Entahlah.. cuma dia dan Tuhan yang tau.. :P

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;