Senin, 03 Maret 2014

Sinopsis Film Remaja Jepang Romantis : I GIVE MY FIRST LOVE TO YOU

Kali ini aku mau nge-share sinopsis dari salah satu film remaja Jepang yang berjudul I Give My First Love to You (Boku no Hatsukoi o Kimi ni Sasagu). Film ini diadaptasi dari manga alias komik yang berjudul sama yang ditulis oleh Kotomi Aoki. Well, sebenernya ini film lama sih, sekitar tahun 2009. Hahaha.. telat banget ya aku nge-share-nya, coz aku baru nonton film ini dua hari yang lalu.

Tapi buat yang belum nonton, film ini recommended banget buat kamu, apalagi yang suka film-film romantis dan mengharukan gitu deh..

***

Film ini menceritakan tentang seorang cowok bernama Takuma yang memiliki penyakit jantung sejak ia masih kecil. Ia memiliki seorang sahabat bernama Mayu yang merupakan putri dari Mr Taneda, dokter yang merawatnya. Mereka bersahabat sejak usia mereka sama-sama 8 tahun.

Suatu hari saat Takuma dan Mayu kecil sedang main bareng, mereka melihat kembang api di langit. Mereka takjub. Takuma berlari ke ruang dokter buat memberi tahu kedua orangtuanya. Didepan ruang dokter itulah ia mendengar percakapan Mr Taneda dengan kedua orang tuanya. Mr Taneda mengatakan bahwa usia Takuma nggak akan melebihi usia 20 tahun karena kondisi kesehatannya. Mendengar hal itu, tentu aja Takuma sedih. Tanpa diduga, ternyata Mayu pun mendengar hal itu. Dia pun nangis (mataku ikut basah di scene ini. hiks..)

Ternyata, Takuma dan Mayu kecil telah menyukai satu sama lain. Ketika mereka bermain bersama di taman, mereka saling mengikat janji bahwa mereka akan terus bersama dan menikah pada saat mereka dewasa nanti.

Beberapa tahun kemudian, Takuma (diperankan oleh Masaki Okada) dan Mayu (diperankan oleh Mao Inoue) benar-benar menjadi sepasang kekasih. Mereka bersekolah di SMP yang sama dan kelas yang sama pula. Duduknya juga sebelahan gitu deh. Hanya aja di sekolah itu Takuma dikenal sebagai siswa yang cerdas, berbeda dengan Mayu yang malas dan selalu bergantung sama dia. Tapi Mayu pintar dalam bidang olahraga, berbeda dengan Takuma yang hanya bisa menonton temen-temennya main.. coz dia nggak boleh terlalu capek karena melakukan hal-hal berat.

Suatu hari setelah jam olahraga, tiga orang cowok iseng menyiram Mayu sampe basah kuyup. Dan karena kaos olahraga yang dikenakan Mayu berwarna putih, kaos itu menjadi agak transparan sehingga memperlihatkan warna bra yang dikenakannya. Cowok-cowok itu pun mengejeknya, sementara Mayu yang malu berusaha menutupi dadanya. Takuma yang melihat kejadian itu pun menghampirinya. Ia menutupi tubuh Mayu dengan jas almamaternya, kemudian menghajar cowok-cowok iseng itu. Namun Mayu melerainya, kemudian membawa Takuma ke ruang kesehatan untuk beristirahat.

Takuma menyadari bahwa beberapa tahun lagi dia bakal meninggal sehingga menyebabkan Mayu sedih. Oleh karena itu, sebelum ia membuat Mayu sedih lebih dalam lagi, ia berniat meninggalkan Mayu terlebih dahulu dengan memilih melanjutkan sekolah ke SMA yang letaknya jauh ketika lulus nanti, yaitu SMA Shido, sebuah sekolah unggulan di Jepang dimana seluruh siswanya adalah siswa-siswi yang cerdas. Takuma yakin bahwa Mayu nggak akan mampu mengikutinya bersekolah di SMA itu karena kemampuan akademik Mayu yang kurang. Dengan begitu, Takuma bisa terlepas dari Mayu.

Di hari pertama sekolah di SMA, pada acara perkenalan, pembawa acara mempersilahkan perwakilan dari siswa baru untuk memberikan sambutan.. dan nama dari perwakilan siswa baru itu adalah Mayu Taneda. Takuma shock ketika mengetahui bahwa ternyata Mayu mendaftar masuk ke sekolah itu juga. Bagaimana bisa siswi dengan kemampuan akademik seperti dia mampu masuk ke sekolah unggulan itu?

Mayu naik ke podium. Disana matanya mencari Takuma. Ketika ia melihat Takuma, ia mencerca Takuma habis-habisan didepan ratusan siswa baru dan guru. Ternyata Mayu tau bahwa Takuma mendaftar ke SMA Shido karena ingin menyingkirkan Mayu dari hidupnya. Oleh karena itu, Mayu belajar keras demi bisa ikut masuk ke sekolah unggulan itu, hingga akhirnya dia berhasil menjadi murid dengan nilai terbaik. Mayu terus mencerca Takuma hingga akhirnya beberapa orang guru menyeretnya turun dari podium. Dan akibat hal itu, seisi sekolah mengetahui hubungan mereka dan mereka berdua jadi terkenal di sekolah.

Di sekolah, Mayu ditaksir Kou (diperankan oleh Yoshihiko Hosoda), seorang cowok populer di sekolah itu. Kou seringkali merayu Mayu. Tapi Mayu nggak tertarik sama sekali dengan Kou, padahal banyak banget cewek yang naksir sama cowok itu. Mayu cuma setia sama Takuma. Oleh karena itu, Mayu selalu bersikap dingin pada Kou yang selalu berusaha ngedeketin dia.

Kou kecewa karena cintanya ditolak Mayu. Ia lantas meminta Takuma buat berbicara empat mata. Kou yang tau tentang penyakit Takuma meminta Takuma buat ninggalin Mayu. Ia berkata pada Takuma bahwa jika hubungan mereka berdua diteruskan, maka Mayu bakal sedih dan menderita setelah Takuma meninggal. Perkataan Kou itu membuat Takuma kepikiran.

Suatu hari disekolah, Takuma menantang Kou buat bertanding lari 100 meter. Takuma bertaruh bahwa jika ia kalah, maka Mayu akan menjadi milik Kou. Namun jika Kou yang kalah, maka Kou harus berjanji bahwa ia nggak akan ngedeketin Mayu lagi. Pertandingan pun dimulai, dan tanpa diduga Takuma menang!

Sejak saat itu, Kou bener-bener berhenti ngedeketin Mayu. Bahkan pada saat Takuma dan Mayu akan melompat dari pagar sekolah, Kou menegur mereka. Ia mengajak mereka berdua buat berteman. Ia juga mengatakan bahwa ia udah punya pacar di luar sekolah. Mereka bertiga melompat dari pagar sekolah. Takuma dan Mayu mengunjungi makam Teru, teman sependerita Takuma. Sedangkan Kou menemui ceweknya, namun tanpa diduga Kou kecelakaan sepulang dari rumah ceweknya sehingga menyebabkan dia koma.

Ternyataaaa.. walaupun Kou itu sedikit jahat karena pernah berusaha memisahkan hubungan Mayu dan Takuma, tapi sebenernya dia itu baik lho. Coz ternyata diem-diem dia nyimpen kartu donor jantung di sakunya. Dia memiliki niat mendonorkan jantungnya kepada siapapun yang ngebutuhin ketika dia meninggal nanti.

Di rumah sakit, Mr Taneda memberi tau Takuma dan kedua orangtuanya bahwa ada korban kecelakaan yang memiliki kartu donor jantung. Namun Mr Taneda merahasiakan siapa nama calon pendonor itu. Takuma menangis senang. Kedua ortunya dan Mayu juga senang. Namun ketika Takuma nggak sengaja mengetahui bahwa calon pendonor itu adalah Kou, Takuma menolak untuk transplantasi jantung. Apalagi dia tau bahwa Kou masih dalam keadaan koma dan belum meninggal. Dia nggak mau mengambil kehidupan temennya sendiri demi menyelamatkan dirinya sendiri. Apalagi ibu dan kakek Kou juga nggak setuju kalo jantung Kou didonorkan sebelum Kou meninggal.

Akhirnya Takuma pun pulang dari rumah sakit. Tapi malemnya, kondisinya mendadak kritis. Ia kembali dilarikan kerumah sakit. Dia nggak sadarkan diri. Mayu nangis ngeliat kondisi Takuma. Dia bahkan sampe bersimpuh dan memohon-mohon kepada ibu dan kakek Kou agar  mereka bersedia mendonorkan jantung Kou untuk Takuma. Tapi mereka berdua tetep nggak bersedia, , coz mereka percaya Kou bakal kembali sehat walau kondisinya sekarang sedang koma. Akhirnya mereka berdua cuma menghibur Mayu dan mengatakan bahwa keajaiban itu pasti ada.

Di koridor rumah sakit, Mayu nangis sendirian. Dan pas dia kembali ke ruang rawat Takuma, Mayu nggak menemukan Takuma di tempat tidurnya. Tiba-tiba Takuma keluar dari kamer mandi. Dia memakai jaketnya, kemudian mengajak Mayu pergi. Mayu mengikuti ajakan Takuma dengan heran. Gimana nggak heran? Orang tadinya kondisinya kritis, eh pas sadar udah langsung keliatan kayak orang sehat dan ngajak pergi jalan-jalan gitu. Mereka pergi ke taman hiburan dan menikmati permainan-permainan yang ekstrim, termasuk roller coaster.

Setelah main-main di taman hiburan, mereka pergi dan main-main di pantai, desak-desakan di bus (so sweet lho.. Takuma ngelindungin Mayu biar nggak kedesak-desak sama orang gitu..), dan duduk-duduk di bukit. Pokoknya seharian itu mereka nikmati berdua. Di bukit itu, Takuma ngeluarin sebuah amplop dari sakunya dan menyerahkannya pada Mayu.

Di rumah sakit, kondisi Takuma kembali memburuk, hingga akhirnya ia meninggal dunia. Mayu ngerasa terpukul. Dia keluar dari ruang rawat Takuma dan menyendiri. Dia membuka amplop yang Takuma kasih ke dia. Didalemnya ada sebuah kertas bergambar dua anak dan setangkai daun semanggi berdaun empat, serta tulisan yang berbunyi, untuk orang-orang yang kucintai.. berbahagialah, bahkan ketika aku sudah pergi.

Akhir cerita, Mayu mewujudkan mimpi yang dulu pernah ia dan Takuma ikrarkan. Menikah. Di dalem gereja, Mayu mengenakan pakaian pengantin sambil memeluk toples berisi abu Takuma, dan Mayu sama sekali nggak menyesal.

***

Huaaahh.. keren kan. Yaaahh.. kalo boleh dibilang sih drama Sky of Love (Koizora) masih lebih keren lagi ketimbang ini. Tapi mwnurutku film ini juga keren kok. Buat yang mau nonton filmnya, klik disini.

5 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Ceritanya bagus banget... Dan aku suka sama kedua pemainnya sangat natural... Pokoknya keren abiis dech

Unknown mengatakan...

Kalo versi komik, Takuma hidup kan kak.?

Unknown mengatakan...

Drama pertama yg membuat gw baper dan karena drama ini gw jd suka nonton drama, apalagi drama jepan.
Baru tau gw ternyata drama ini udah rilis tahun 2009 padahal gw baru lihat di tahun 2013 telat banget liatnya :'v

CoveringSubete o oou mengatakan...

Gw baru nonton kemarin... 2019 dari drama ini gua jatuh cinta ama Pemeran Mayu Taneda, dan pengen cari film² lain nya

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;