Kamis, 17 April 2014

Copet, Oh Copet

Seperti biasa, pagi tadi aku berangkat ke kantor tempat magangku. Hanya aja, pagi ini aku berangkat lebih pagi dari biasanya, coz aku nggak mau disindir temenku dan OB kantor HRD lagi karena dateng ke kantor kesiangan dan nggak kebagian helm pengaman. Padahal selama ini aku dateng nggak telat-telat amat lho..

Aku naik angkot, turun di STIKOM Poltek, kemudian nunggu mobil elf disana. Ketika ada elf jurusan Cirebon-Bandung, aku naik. Aku duduk di tempat duduk paling belakang dan paling pojok, tepatnya di pojok sebelah kanan. Selama perjalanan, penumpang bergantian naik dan turun. Seorang bapak-bapak yang tadinya duduk di kursi depanku pindah ke sebelah kiri aku. Aku perkirakan sih umur bapak itu mungkin sekitar akhir 50 tahunan atau sekitar 60 tahunan. Bapak itu mengenakan jaket dan topi item. Rada heran juga sih pas bapak itu pindah ke sebelah aku, coz aku pikir dia udah dapet tempat duduk yang enak, kok malah pindah ke tempat duduk yang lebih sempit? Bapak itu duduk sambil menyilangkan tangan kirinya ke perutnya sehingga jari-jari tangan kirinya menghadap pinggang aku, sementara tangan kanannya memegang kursi didepannya.

Seperti biasa, kalo duduk disebelah jendela, aku selalu menikmati perjalanan dengan memandang keluar jendela sambil denger musik. HP aku pegang erat di tangan. Ketika itu, aku ditemenin lagunya David Cook yang berjudul Always be My Baby sambil ngelamun-ngelamun gitu deh. Lagi asik ngelamun, tiba-tiba aku ngerasa kantong jas almamater sebelah kiri aku agak penuh dan ketarik gitu.. kayak ada sebuah tangan yang masuk kedalemnya. Aku bergerak sedikit untuk memastikan apa yang aku rasain itu bener atau nggak. Aku bener-bener yakin kalo kantong jas sebelah kiri aku ada yang narik. Yah, siapa lagi kalo bukan bapak-bapak itu?!

Aku jadi inget, beberapa hari yang lalu si Adel cerita kalo dia pernah satu elf sama copet. Aku jadi mikir, jangan-jangan bapak sebelahku ini adalah copet!
Aku mengingat-ingat benda apa aja yang aku masukin ke kantong jas sebelah kiri aku itu. Seinget aku, aku nggak naro benda berharga apapun disitu. Aku cuma naro sebuah compact powder Sariayu aku. Tapi itu nggak termasuk sebagai barang berharga kan? Well, aku pikir kayaknya tuh bapak ngira kalo compact powder aku itu adalah HP. Kebetulan bentuk compact powder aku itu emang rada mirip HP, persegi panjang gitu.

Kemudian.. iseng, aku mengapit tangan bapak itu dengan siku aku sehingga tangannya yang masih di kantongku itu agak ketahan gitu. Dalam posisi itu, aku bisa ngerasain dia narik-narik tangan kirinya itu biar lepas dari jepitan aku. Dan karena aku ngapitnya nggak kenceng, dia berhasil ngeluarin tangannya dari kantongku. Kemudian aku meraba kantong aku itu. Huaahh.. bedaknya nggak jadi dicopet ternyata. Haha..

Aku tersenyum-senyum geli. Pengen ngakak, tapi nggak mungkin lah aku ngakak disitu. Gimana nggak geli coba? Masa bedak aku hampir dicopet, dikira HP? Mwahaha..
Terlepas dari itu, berbagai imajinasi bermunculan di kepalaku. Andai aku berani, sebenernya aku bisa aja ngelakuin hal-hal berikut ini :

#AKSI 1
Pak Copet : *ngerogoh kantong jas aku, tangannya udah megang bedak aku yang dia kira HP*
Aku : *cuek aja, ngebiarin si Pak Copet ngambil tuh bedak, kemudian berbisik..* "Pak, apakah Bapak menderita disorientasi jenis kelamin? Atau apakah Bapak adalah waria yang tiap malem mangkal di lampu merah?"
Pak Copet : "Maksud kamu apa?"
Aku : "Yah, saya curiga aja, Pak. Soalnya Bapak kok nyopet bedak saya. Kalo iya, ya kasian banget.. udah ngondek, nggak modal pula"
Pak Copet : *ngeliat benda yang baru aja dia ambil dari kantong aku, dan merasa bego seketika*

Cuma kalo aku lakuin hal ini, kok kayaknya nggak sopan banget yak. Kalo dia ngutuk aku karena durhaka sama orang yang udah tua, gawat juga.. (=__=')

#AKSI 2
Pak Copet : *ngerogoh kantong jas aku, tangannya udah megang bedak aku yang dia kira HP*
Aku : *cuek sambil iseng mengapit tangan si Pak Copet dengan siku aku sampe tangan si Pak Copet nggak bisa kemana-mana, kemudian ngajak ngobrol si Pak Copet* "Udah berapa lama jadi copet, Pak? Sehari keuntungannya berapa? Hasil nyopetnya dipake buat apa aja? Kenapa milih jadi copet?"

Tapi kalo aku ngelakuin hal ini, aku khawatir penumpang yang ada didepan aku denger dan mengira aku sekongkol sama si Pak Copet karena aku ngajak beliau ngobrol.

#AKSI 3
Pak Copet : *ngerogoh kantong jas aku, ngambil bedak aku*
Aku : *berkata dengan suara keras* "Bapak copet ya?"
Pak Copet : *nggak ngaku*
Aku : "Ngaku aja, Pak! Barusan Bapak kan ngambil bedak dari kantong saya".


Penumpang masih bergantian naik dan turun. Pak Copet itu menggeser duduknya ke sebelah kiri, menjauh dari aku. Sesekali dia nawarin ruang kosong disebelahnya untuk penumpang yang baru naik. Well, mungkin dia nyari mangsa baru. Hingga akhirnya naiklah seorang bapak tua dengan peci warna item duduk di sebelahku. Dia bawa tas gede gitu. Mungkin mau menempuh perjalanan jauh. Tadinya aku pengen bilang ke dia, "Hati-hati, Pak.. sebelah Bapak itu copet..", tapi aku takut seisi mobil jadi heboh.

Kemudian si Pak Copet pindah lagi ke kursi sebelah pintu masuk. Aku pengen banget bilang ke penumpang lain tentang siapa dia, tapi aku kurang berani. Lagipula aku nggak punya bukti kalo dia adalah copet. Mana si Pak Copet mukanya melasin banget lagi! Nggak tega gitu ngeliatnya, apalagi kalo sampe ngeliat dia digebukin sama penumpang satu mobil. Aku jadi inget kakek aku. Eit, bukan karena kakek aku mirip dia lho ya.. apalagi karena kakek aku adalah copet juga. Bukan. Bukan itu. Karena orang itu sama sekali nggak ada mirip-miripnya sama kakek aku, dan kakek aku bukanlah seorang atau mantan pencopet. Aku inget kakek aku saat ngeliat dia karena dia dan kakek aku sama-sama tua (hanya aja kakek aku udah nggak ada).

Yah, aku cuma bisa ngedoain, semoga Tuhan membukakan hati bapak itu, biar dia insyaf.. dan semoga Tuhan ngasih dia pekerjaan yang lebih baik, yang hallal biar dia nggak perlu mencopet lagi. Kasian juga, di usia senjanya dia masih bikin dosa kayak gitu. Kasian juga orang yang dia copet. Yah, kalo yang dicopetnya itu orang kaya sih mungkin masih mending, tapi kalo yang dicopetnya itu orang susah.. kan kasian banget. Udah susah, makin susah. Dan kasian juga keluarganya yang dia nafkahin pake uang haram. Anyway, aku yakin sih dia ngelakuin perbuatan itu karena terpaksa.

Ya Allah, sadarkan dia ya. Aamiin..


0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;