Selasa, 08 April 2014

Kembalikan Ciremai-ku

Dear, Blogger.
Ini bulan kedua aku magang di perusahaan ini. Sementara buat Adel, temen seperjuangan aku di tempat ini, bulan April ini adalah bulan terakhir dia magang. Akhir bulan ini dia udah boleh santai-santai lagi tanpa harus dateng ke kantor. Dan itu artinya, bulan depan aku harus bisa melewati hari-hari di tempat ini sendirian. Haaahh.. nggak kebayang deh BT-nya.

Hari ini aja aku BT abis. Pasalnya si Adel nggak berangkat magang. Coz dia pulang ke kampungnya. Katanya sih dia lagi nggak enak badan, selain itu juga karena besoknya ada Pemilu. Jadi deh aku kesepian di tempat ini, nggak ada temen ngobrol sama sekali. Well, disini bukannya nggak ada orang, tapi nggak ada satupun yang enak buat aku ajak ngobrol. Aku nggak enak kalo harus ngajak ngobrol para karyawan yang mayoritas adalah bapak-bapak ini. Ada anak-anak UNDIP, tapi aku canggung. Lagian mereka juga kayaknya lagi sibuk sama pembuatan laporan magang mereka masing-masing. Yak, selama sebulan aku magang disini, nggak pernah sekalipun aku ngobrol sama mereka kecuali ketika kami pertama masuk magang sebulan yang lalu. Padahal waktu pertama kali liat mereka, aku berharap aku bisa akrab sama mereka. Kali aja mereka bisa diajak buat sharing musik, pasti seru. Ya aku nggak tau pasti sih mereka punya selera musik yang sama atau nggak sama aku. Aku pikir kayaknya mereka penikmat musiknya Bondan Prakoso & Fade2Black, coz mereka pernah nge-play lagu-lagu Bondan gitu deh.

Aku berharap ada cukup banyak pekerjaan yang bisa aku kerjain disini. Coz selama aku magang, seringnya yang aku lakuin disini ya cuma duduk dan nunggu pulang. Kalo mau kerjaan, ya aku harus minta sendiri. Beda sama Adel yang selalu dikasih kerjaan. Kadang aku heran, kenapa si Adel terus yang sering dikasih kerjaan? Malah kadang sampe numpuk gitu, semuanya dikasihin ke dia. Kenapa pekerjaannya nggak dibagi dua aja gitu, trus sebagiannya dikasihin ke aku biar lebih cepet selesai? Kenapa harus dia semua yang ngerjain? Bahkan ketika dia nggak berangkat pun, aku tetep nggak dikasih kerjaan. Kenapa? Apa tampilanku nggak cukup meyakinkan buat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan itu? Ah, entahlah.. Aku kesini mau cari pengalaman kerja, tapi kok kayak gini banget ya..

***

Kemaren malem aku mimpi cukup aneh. Aku mimpi ngeliat pembangunan pabrik di kaki Gunung Ciremai gitu. Aku ngeliat orang-orang mengeruk dan mengeksploitasi Ciremai abis-abisan, dan disana aku nangis. Rasanya kayak nyata banget. Sedih.

Well, seperti yang kita ketahui, Gunung Ciremai adalah salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa, khususnya Jawa Barat. Gunung ini terletak di daerah Kuningan, deket banget sama kotaku, Cirebon. Aku lumayan sering ke daerah itu. Ya minimal satu tahun sekali aku kesana. Pasalnya, Kuningan adalah daerah kelahiran nenek dan ibuku, dan kebanyakan keluarga besar beliau-beliau itu tinggal disana. Makanya setiap lebaran Idul Fitri, kami pasti silaturahmi kesana. Nggak jarang, aku dan keluarga dari ibu juga sering nikmatin hari libur disana. Misalnya ke tempat-tempat wisata di Linggarjati. Yak! Bisa dibilang, Kuningan adalah tempat favorit bagi aku dan keluarga untuk melepas kepenatan. Meskipun udah sering kesana, tapi aku nggak pernah bosen. Udaranya itu lho.. seger dan sejuk banget. Selain itu disana masih banyak pesawahan dan pepohonan ijo yang bikin mata jadi seger. Beda sama suasana di kota. Cuaca panas, gedung dimana-mana.. huaaahh, sumpek! Pokoknya kalo ke Kuningan bener-bener refreshing banget deh. Setiap kesana, aku sering berharap kalo suatu saat nanti aku bisa tinggal disana, biar aku bisa ngehirup udara seger setiap hari. Atau ngerasain segernya air sungai yang jernih, yang beda sama di kota.. butek dan banyak sampahnya, udah gitu ada yang kecemar limbah industri juga.

Aku selalu menginginkan itu, sampe akhirnya sebuah kabar dari temenku membuyarkan keinginanku itu. “Gunung Ciremai mau dijual, Put. Amerika yang ngebelinya. Mereka mau membangun industri disana,” katanya.
Sumpah, aku kecewa banget ketika denger hal itu. Kenapa? Kenapa pemerintah tega ngejual Ciremai ke orang asing? Kenapa juga nggak ada yang mencegah itu? Apakah terpaksa buat ngebayar utang negara? Setinggi apa sih harga yang dibayar sama mereka buat ngebeli Ciremai? Apa mampu bikin rakyat disini sejahtera? Khususnya para petani. Well, bukankah kalo ngebangun industri di sekitar Ciremai itu bisa mengakibatkan pertanian tercemar?

Sumpah, aku kecewa banget. Aku sempat berharap apa yang aku denger itu cuma rumor, cuma hoax. Tapi ternyata nggak. Aku buka Facebook, aku ngeliat beberapa orang memposting #SaveCiremai di beranda. Gunung Ciremai bener-bener dijual, dan kabarnya pembangunan industri itu udah mulai dilaksanakan. Adelia yang rumahnya terletak di daerah itu bilang, “Kuningan sekarang panas, Put. Jangankan siang, malem aja rasanya panas banget. Saya nyalain kipas angin nggak berasa sejuknya. Kuningan sekarang udah nggak kayak dulu lagi.”

Huaaahh.. sedih deh dengernya. Kalo bener kayak gitu, sekarang apa bedanya Kuningan dengan Cirebon? Keduanya sama-sama panas, dan mungkin bakal berpolusi setelah industri tersebut berjalan. Yang membedakan dari keduanya hanyalah title. Kuningan adalah kabupaten, sementara Cirebon adalah kota. Aku emang belum kesana lagi sejak beberapa bulan yang lalu. Yah, mungkin bulan ini atau entah kapan, aku bakal ngebuktiin sendiri.


God, please tell me that it’s not true! Tapi kalo bener, bisa nggak kalo pembangunan industrinya dibatalin aja? (=__=’)

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;