Selasa, 15 Juli 2014

Dapet kenalan cakep dari dunia maya? Eit, jangan seneng dulu! Asli nggak tuh?

Sebenernya topik satu ini udah pernah aku bahas sedikit di status Facebook aku sekitar akhir Juni lalu. Tapi karena statusku itu nggak di-setting buat diliat publik dan nggak semua orang bisa mengakses Facebook aku, jadi aku posting disini aja deh biar semua orang (yang mampir kesini) bisa baca.

Sekitar akhir Juni lalu, temen rumah aku bermasalah sama cowok barunya yang dia kenal di Facebook. Dia galau berat gitu deh. Dan seperti biasa, kebiasaan dia kalo lagi galau adalah nyampah status di Facebook-nya. Alhasil beranda Facebook aku jadi penuh sama status apdetannya dia. Kemudian dia minta aku buat dengerin curhatan dia. Aku iyain aja, walaupun tanpa dia curhat pun aku udah tau masalah dia apaan karena apdetan-apdetan dia di Facebooknya.

Pulang dari sholat teraweh hari pertama, dia main kerumah aku, dan curhatlah dia tentang masalahnya. Jadi ceritanya, dia tuh baru jadian tempo hari sama seorang cowok yang dia kenal di Facebook. Orangnya menurut dia sih cakep. Muka-muka oriental gitu deh. Sipit, putih, cute.. (menurut dia) ala Korea-Korea gitu. Dia kan suka sama cowok kayak gitu. Eh, nggak taunya baru lima hari jadian, cowok itu mutusin dia tanpa alasan yang jelas. Padahal jelas-jelas temen aku itu lagi sayang-sayangnya sama cowok itu. Hati dia juga lagi wangi-wanginya tuh, berbunga-bunga karena jatuh cinta (halahh..). Karena hal itu, temen aku jelas ngerasa ancur banget lah. Ditinggalin orang yang disayang pas lagi seneng-senengnya, gimana nggak sedih? Kasian banget. Padahal kemaren-kemarennya, sebelum dia galau, aku sempet baca status dia yang ngebangga-banggain cowoknya gitu.

Aku udah tau sih tampang cowoknya, coz aku sempet stalking Facebook cowok itu. Penasaran lah, siapa sih cowok yang udah mainin perasaan my bestie? Pas aku liat, ya itu tadi.. ciri-cirinya kayak yang udah aku sebutin diatas. Tapiiiii.. feeling aku mengatakan bahwa cowok itu tuh nggak real, alias fake. Ngerti kan maksudnya? Dia bikin akun, pake foto-foto orang lain yang good-looking, dan mengakui foto-foto itu sebagai foto-foto milik dia.

Nah, tujuan aku nge-post tulisan ini, dengan harapan nggak ada lagi korban kayak temen aku itu. Coz tadi baru aku liat ada temen Facebook aku yang kayaknya baru jadi korban cowok fake gitu deh. Dia jadian sama cowok itu, padahal mereka baru aja kenal! Aneh kan? Segampang itukah nyari cowok cakep di Facebook? Bahkan ketika mereka belum begitu saling mengenal. Nggak masuk akal banget. Cowok yang nggak cakep aja kalo nyari pacar milih-milih dulu.. (=__=')

Untungnya nggak susah bagi aku buat mengetahui asli atau palsunya akun itu. Coz, aku sempet stalking akunnya sampe akhirnya aku tau akun itu murni fake alias palsu, coz aku tau foto siapa yang dia pake : Agariadne Dwinggo Samala.

Oke, sekarang kita sebut cowok terduga cowok fake itu 'Faker' aja ya.
Yang bikin aku geli adalah, Si Faker sempet upload foto dia beserta teks berbunyi, "Apa sih yang cakep dari aku sampe banyak yang muji aku gitu?" Idih, modus banget nggak sih? Kesannya kayak ngarep pujian gitu, cari perhatian, biar orang lain pada komen, "G4k qO.. kMo3 bNEr4n cAkEp. sUmP4h dEcH, ciUs gA bOon9.." *HUEKK!!* Kantong muntah, please..

(Buat pemilik asli foto itu, si Agariadne Dwinggo Samala.. ataupun penggemarnya : Jangan salah paham ya. Saya bukan ngata-ngatain Aga yang asli kok, tapi saya ngata-ngatain Si Faker. So, buat Aga yang asli, just keep on selfie!)

Rasanya aku pengen banget ngebocorin tipuan Si Faker itu ke temen Facebook aku yang udah dia tipu itu kemudian nasehatin temen Facebook aku itu untuk nggak gampang percaya dan tertarik sama akun-akun Facebook yang masang foto orang-orang dengan tampang good-looking. Soalnya kalo aku liat, temen-temen Facebook dia yang palsu bukan cuma Si Faker itu doang. Yah, dia tipe cewek yang cuma ngeliat seseorang dari tampang doang sih. Aku nggak asal nge-judge lho. Keliatan dari sikap dia yang liat cowok bening dikit di Facebook langsung tempel. Tapi biarpun gitu, aku nggak segegabah itu lah ngebocorin tipuan Si Faker. Biarin aja suatu saat dia yang bakal tau sendiri. Coz kayaknya lebih baik dia tau sendiri daripada tau dari orang lain. Kalo tau dari orang lain kan takutnya dia bakal ngerasa malu karena udah ngerasa dibodohin.

Aku nggak habis pikir deh, kok bisa segitu mudahnya temen aku dan temen Facebook aku itu percaya sama cowok-cowok fake itu? Padahal nih ya, coba deh pikir pake logika. Mana ada sih cowok (ataupun cewek) good-looking yang mau pacaran sama orang yang dia kenal di dunia maya? Jangankan pacaran, buat dideketin aja kayaknya susah deh. Apalagi kalo tampang kita biasa-biasa aja yang kalo dibandingin sama dia kayak bumi dan langit. Emangnya di lingkungan dia nggak ada orang yang lebih real? Emangnya di lingkungan dia nggak ada yang serasi sama dia, yang sama-sama good-looking gitu? Udah gitu kan fenomena akun palsu udah jadi rahasia umum. Kok masih ketipu juga?

Balik lagi ke masalah temen aku. Aku nggak tau foto siapa yang mantan cowoknya itu pake. Aku tau akun dia palsu karena aku mikir pake logika aja. Tapi anehnya, udah dikasih tau juga, temen aku tetep aja niat pengen ngucapin 'happy birthday' ke mantan cowoknya yang fake itu. Mau diketawain apa? Haaahh.. udah terlanjur cinta beneran kali ya.. (-__-')

Soooo.. saran aku ya itu tadi :
JANGAN GAMPANG PERCAYA DAN TERTARIK SAMA AKUN YANG MASANG FOTO ORANG-ORANG DENGAN TAMPANG GOOD-LOOKING ALIAS CAKEP!
Guys, orang-orang yang bener-bener bertampang good-looking itu cenderung dingin dan jaim, walau nggak semuanya begitu. Seramah-ramahnya mereka, nggak ada lah ya yang punya niat macarin orang yang mereka kenal di dunia maya. Apalagi kalo orang yang mereka kenal didunia maya itu punya tampang pas-pasan dan nggak selevel sama mereka. IMPOSSIBLE! Kecuali kalo udah ketemu langsung dan ngerasa cocok. Kalo baru ketemunya di dunia maya doang tapi udah mau diajak pacaran sih ya patut dicurigain.

Trus kalo kamu udah terlanjur tertarik sama dia, jangan sampe nunjukin banget kalo kamu suka sama dia. Coz hal itu bisa bikin kamu jadi sasaran mainan dia. Contohnya temen Facebook aku tadi. Dia terang-terangan nulis di statusnya kalo dia jatuh cinta sama Si Faker itu. Eh, setelah dia update gitu, mereka langsung pacaran aja gitu! Ckckck..

Nah, buat kamu yang udah terlanjur kenal atau bahkan pacaran sama orang dengan model begini, coba deh kamu ajak telepon. Bisa aja kan cowok keren yang kamu kenal itu ternyata cewek? Atau bisa aja kan cewek cantik yang kamu kenal itu ternyata cowok? Tapi kalo suara dia ternyata sesuai dengan gender yang tertera di akunnya, jangan seneng dulu!

Kalo mau lebih akurat, langsung aja ajak ketemuan. Tapi kalo lokasi kalian saling berjauhan, coba ajak skype, video call, atau webcam-an, karena dengan begitu kamu bakal tau, foto yang selama ini dia pasang di akunnya itu asli foto dia tau foto orang lain. Coba, berani nggak dia?

Kalo tips diatas udah dicoba, dan ternyata dia terbukti real, maka SELAMAT! Artinya kamu beruntung bisa deketin atau macarin cowok/cewek dari dunia maya.  Tapi kalo ternyata dia terbukti fake, yaaaa terserah deh mau kamu apain. Hehe..

Well, semoga kedepannya nggak ada lagi deh yang jadi korban akun fake, khususnya yang main-mainin perasaan orang gitu. Be a smart Facebook user ya! :)

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;