Minggu, 13 Juli 2014

Aku dan PILLOW TALK

Aku baru sadar bahwa beli buku atau novel pun harus inget sama sikon. Baru-baru ini aku nyesel gara-gara beli novel yang nggak seharusnya aku beli pas bulan Ramadhan begini. Novel itu adalah salah satu karyanya Bang Christian Simamora. Penggila buku pasti tau deh siapa dia, dan nggak bakal heran kenapa aku nyesel beli bukunya pas bulan puasa.

Well, aku mengenal (emang pernah ketemu?) Bang Christian Simamora sebagai seorang penulis novel-novel dewasa. Coba deh tengokin toko buku. Novel-novel karya dia pasti ber-cover mengundang gitu deh. Aku juga tau dia dari salah satu temen. Waktu pertama kali denger tentang dia, nggak ada niat sama sekali buat beli novelnya. Tapi pas aku iseng browsing sinopsis salah satu novelnya yang berjudul Pillow Talk, aku jadi rada penasaran juga. Coz kayaknya kisahnya menarik gitu deh. So, aku pesen deh ke pedagang buku kaki lima langganan aku. Maksudnya biar harganya lebih murah gitu. Tapi sayangnya udah beberapa minggu nggak ada kabar.

Hari Kamis lalu, aku mampir ke toko buku Gunung Agung setelah beli sepatu buat Uji Kompetensi di kampus keesokan harinya. Begitu masuk toko buku, aku tanya ke pramuniaganya, "Rak novel dimana, Mbak?" Kemudian dengan ramah, pramuniaga itu nganter aku ke rak-rak kumpulan novel. Setelah aku ngucapin makasih, dia pergi. Aku udah milih dua buah novel yang masing-masing harganya sekitar empat puluh ribuan gitu. Itupun dengan rasa bimbang luar biasa, karena sebenernya aku masih kepengen beli beberapa novel yang lain plus mikir-mikir apakah dua novel yang ada di tangan aku itu bagus isinya. Aku sempet nyari novelnya Bang Christian Simamora, tapi nggak nemu (walau sebenernya cuma nyari doang, nggak niat beli).

Aku pun keluar dari dua rak kumpulan novel tersebut. Pas mau menuju kasir, eh mata aku tertuju pada sebuah novel yang sampulnya bergambar seorang cowok bule. Di sampul itu juga tertera sebuah teks dengan font gede, Christian Simamora, yang nggak lain adalah nama penulisnya. Dan dibawah font gede itu, tertera judul dari novel tersebut, Guilty Pleasure. Aku tertegun. Aku mikir, "Pantesan di rak tadi nggak nemu, ternyata tempatnya dipisah."

Aku pun langsung mengedarkan pandangan ke sekitar novel Guilty Pleasure tadi. Ternyata disitu emang ada beberapa novel karya Bang Chris, termasuk novel Pillow Talk yang sempet aku pesen ke pedagang buku kaki lima itu. Aku jadi bingung deh antara milih novel Pillow Talk atau dua novel yang udah aku pilih sebelumnya. Aku nggak mungkin lah pilih tiga-tiganya, coz aturannya budget belanja buku aku hari itu nggak boleh lebih dari seratus ribu, sementara novel Pillow Talk itu harganya enam puluh lima ribu. Aku bingung antara milih enam puluh lima ribu dapet satu atau milih delapan puluh ribuan dapet dua.

Karena didorong sama rasa penasaran yang luar biasa, akhirnya aku putuskan buat beli Pillow Talk deh. Sementara dua novel tadi, aku tunda dulu belinya. Sumpah, aku sama sekali nggak inget kalo novel yang aku beli itu adalah novel dewasa. Padahal dari covernya aja udah keliatan banget, gambar cowok bule berkemeja terbuka dan memperlihatkan perutnya yang kotak-kotak (sixpack maksudnya). Aku tau itu novel dewasa, tapi nggak inget itu waktu beli.



Begitu nyampe rumah, aku langsung masuk kamer dan buka segel novel itu. Lalu seperti biasa, tahap selanjutnya yang aku lakuin sama novel baru setelah buka segelnya adalah : buka novelnya dan cari pembatesnya. Ini bagian novel yang penting banget buat aku, apalagi buat novel-novel tebel. Untungnya ada. Tapi ternyata didalem situ nggak cuma ada pembates novel doang, tapi ada selembar kertas tebel yang lain, warnanya putih dan lebih lebar. Aku kira kumpulan quote atau tips gimana gitu. Eh, nggak taunya gambar animasi sepasang manusia setengah telanjang dengan beberapa pakaian berbagai model disekitarnya. Semacam Barbie paper doll gitu deh. Ternyata itu gambar ilustrasi dari dua tokoh utama ceritanya, Jo dan Emi.


Ilustrasi Jo dan Emi. Perlu disensor nggak sih? o.O

Sumpah deh, baru kali ini aku beli novel yang nyediain begituan. Buat apaaa gitu? Emangnya ada orang dewasa yang niat main-mainin paper doll kayak gitu? Hahaha.. But it's okay. Kreatif juga..

Aku nggak langsung baca novel itu. Berhubung besoknya mau Uji Kompetensi, aku fokus belajar dulu deh. Tapi aku sempet baca sedikit sih waktu itu. Maksudnya buat refreshing gitu. Capek juga ngapalin materi presentasi mulu. Nah, dari situlah aku baru sadar bahwa aku salah beli buku. Yaaahh.. pasti bisa bayangin sendiri lah, novel dewasa itu ceritanya kayak gimana. Aku sempet ngelempar pertanyaan konyol ke ibu, yang sebenernya nggak perlu buat ditanyain karena aku pun sebenernya udah tau jawabannya, "Bu, baca novel dewasa pas bulan puasa boleh eng---."
"Nggak boleh!" samber ibu cepet, bahkan sebelum aku menyelesaikan pertanyaan aku. Aku ketawa-ketawa aja. Well, ibu nggak marah sih aku beli novel itu, coz beliau kan sadar aku udah bukan anak kecil lagi, alias udah legal baca novel semacem itu. Beliau cuma ngelarang aku buat baca itu sekarang-sekarang ini, coz beliau nggak mau ibadahku keganggu.

Aku ngerti lah. Tanpa beliau larang pun, aku udah sadar kalo puasaku bisa makruh kalo baca novel itu siang-siang. Akhirnya aku bacanya malem-malem doang deh.

***

Besoknya aku menghadapi UjiKom. Aku berangkat ke kampus kurang dari jam delapan pagi. Seharian itu, aku ngadepin UjiKom English Business Correspondence, Secretary Knowledge, Secretarial Presentation, Petty Cash, Surat Perjalanan Dinas dan itinerary, dan pengarsipan sistem subjek. Jangan ditanya deh gimana rasanya. Intinya sih fucked up! Apalagi pas presentasi tuh, nyeremin banget. Usaha aku mempersiapkan presentasi itu selama berhari-hari sia-sia, coz seperti biasa.. aku lancar ketika latihan, tapi kacau ketika tampil. Bener-bener something banget. Seharian itu aku mengutuki diri aku sendiri. I was in an extremely bad mood! Bahkan acara buka puasa bareng temen-temen di rumah makan ayam betutu khas Bali sore itupun nggak mampu mood aku jadi bagus. Yang aku pengen saat itu cuma pulang, masuk kamer, dan ngelanjutin aktivitas baca novel baruku.

***

Baru sore tadi, setelah buka puasa, aku selesai baca novel setebel 429 halaman itu. Haaahh.. coba kalo bukan pas bulan puasa aku baca itu, mungkin udah selesai dari kemaren tuh. Oh ya, ini pertama kalinya aku beli dan baca novel karya Bang Christian Simamora.

Novel itu sukses bikin aku jatuh cinta sama tokoh Jo. Nggak tau kenapa kok didalem imajinasi aku, Jo itu ganteng banget yak. Yaah.. emang sih, tokoh Jo itu udah diilustrasikan dalam paper doll yang tadi aku ceritain. Tapi Jo yang ada di bayangan aku sama sekali nggak mirip dia. Jo yang diilustrasikan disitu kan berwajah kebule-bulean, sementara yang ada di imajinasi aku adalah seseorang yang berwajah Asia (bukan orang Korea tapi!). Anyway, aku heran, kenapa ya cover novelnya harus cowok bule? Dan kenapa gambar animasi Jo juga harus mirip cowok bule? Kenapa bukan orang Indonesia atau orang Asia aja? But, sekali lagi.. jangan orang Korea.. jangan orang Asia Timur pokoknya!

Lanjut ke isi cerita novelnya..

“Kami bersahabat sejak kecil. Tepatnya, kalau ada kata lain untuk menggambarkan sesuatu yang melampaui ‘sahabat’, maka kata itulah kami. Berbagi cerita, berbagi rahasia. Bahkan, tanpa disadarai, kami pun membagi cinta. Tapi, apakah kau tahu, rasanya saling mencintai namun bertahan untuk tidak saling memiliki? Pecayalah, ini lebih buruk dari sekedar patah hati. Ini bukan kisah cinta yang ingin kau alami.”

Begitulah sinopsis yang tertera di cover belakang novelnya. Udah ketebak kan ceritanya gimana?

Novel ini menceritakan tentang dua orang makhluk berbeda jenis (cewek cowok) bernama Emi dan Jo yang udah bersahabat sejak mereka kecil sampe umur mereka yang kini udah lebih dari dua puluh tahun (Emi 24 tahun, Jo 25 tahun). Kebayang lah gimana deketnya. Saking deketnya, nggak ada satupun rahasia diantara mereka. Emi tau Jo, Jo tau Emi. Bahkan kebiasaan one night stand yang sering dilakuin Emi pun Jo tau banget. Sebenernya Jo punya rasa sama Emi. Emi itu first love-nya dia dari dulu. Tapi Emi menolak buat menjalin hubungan sama Jo karena dia punya trauma di masa lalu. Dulu dia pernah pacaran dengan sahabatnya yang lain yang berakhir dengan putus cinta sekaligus persahabatan. Makanya Emi nggak mau menjalin hubungan cinta dengan Jo karena takut kejadian masa lalu itu keulang lagi. Emi nggak mau kehilangan Jo.

Mereka saling mencintai, namun bertahan untuk nggak saling memiliki. Sampe akhirnya ketika mereka sedang sama-sama menikmati liburan di Bali, 'kecelakaan' itu terjadi. Namun meskipun udah kayak gitu, Emi tetep bersikeras buat bersahabat aja. Well, emang aneh. Ada nggak sih sepasang sahabat berbeda jenis yang udah ngelakuin hubungan intim tapi tetep bersahabat gitu? Kayaknya nggak ada deh. Tapi begitulah yang terjadi dalam kisah novel ini. Yah, emang sih ujung-ujungnya juga mereka live happily together ever after kok.

***

Waktu aku browsing, banyak yang ngritik novel ini. Yang ceritanya mengada-ada lah, nggak masuk akal lah, apa lah.. Tapi aku sih ngerasa enjoy aja kok bacanya. Namanya juga karya sastra ya. Buah dari imajinasi gitu, jadi apa aja bisa terjadi. Cara penyampaian ceritanya juga asik, ringan, nggak ribet. Keren deh. Aku jadi jatuh cinta sama tulisannya Bang Christian Simamora dan penasaran sama novel-novel dia yang lain. Yaaa.. bisa dibilang aku mau move on dari Raditya Dika. Hahaha..

Sayangnya, harganya itu lho.. terlalu mahal buat mahasiswa yang masih ngandelin uang saku nggak seberapa buat beli buku. Hiks.. (́_̀)

Okay, sekian dulu cerita aku tentang Pillow Talk. Udah malem. Aku mau talking sama my pillow dulu (maksudnya sih tidur). Good night.. (^_^)


0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;