Minggu, 28 April 2013

English Spring

Haaahh.. aku baru aja pulang dari kegiatan English Spring LP3I, dan ini saatnya aku menceritakan pengalamanku selama mengikuti kegiatan yang diselenggarakan mulai kemaren siang itu.

Sabtu, 27 April, aku berangkat dari rumah ke kampus sekitar jam setengah satu. Padahal harusnya sih jam setengah satu aku harus udah nyampe kampus, tapi aku telat. Aku terpaksa nggak bawa netbook, coz backpack tengkorakku nggak cukup untuk memuat netbookku itu. Sementara aku males kalo bawa dua tas. Backpack aku aja udah keliatan gede gitu, apalagi bawa dua tas. Pasti bakal repot bawanya. Sebenernya aku bisa aja bawa backpack adikku yang lebih gede, yang bisa memuat netbookku. Tapi sayangnya, backpack adikku itu lagi dibawa sama yang punya ke Bandung. Jadi ya aku pake yang ada aja. Sekilas aku ngeliat diriku di cermin kayak orang yang mau berpetualang ke hutan gitu deh.. (=__=)

Sampe depan kampus, aku ngeliat beberapa mobil minibus alias mobil elf udah berjejer disana. Aku kira udah pada mau berangkat, tapi ternyata masih pada diabsen gitu di halaman kampus. Temen-temen dari kelasku juga baru beberapa orang doang yang kumpul.

Sekitar jam setengah dua, kami berangkat. Aku duduk disebelah kiri, deket pintu masuk, deket jendela. Aku emang paling suka duduk deket jendela. Aku bisa liat pemandangan, yaahh meskipun pemandangannya itu-itu aja sih. But it doesn't matter. Sepanjang jalan aku denger musik.

Ternyata Hotel Ayong terletak nggak jauh dari daerah wisata Linggarjati. Sampe disana kami nggak langsung masuk, tapi harus nunggu dulu di halaman hotel. Kami udah kayak peserta audisi ajang pencarian bakat aja. Hahaha..

Aku satu kamar bareng Aam, Riris, dan Nur Wakhidah dikamar nomor 322. Kamar itu terletak dilantai tiga. Yah, lumayan juga kalo harus naik turun tangga. Pegel! Kami langsung naro barang kami di kamar itu. Sayang, kamarnya nggak ada AC nya. Well, nggak masalah juga sih sebenernya. Toh, cuaca di Kuningan udah sejuk, nggak kayak di Cirebon yang panas. Tapi kalo ada AC, mungkin bakal lebih nyaman.

Setelah naro barang, aku jalan-jalan sebentar bareng Aam. Pas lagi jalan-jalan, kami melewati seorang pria bule yang berdiri dideket tangga. Tubuhnya tinggi besar gitu kayak orang Timur. Aku menduga bahwa dia adalah bule yang bakal jadi native speaker English Spring. Biar nggak terkesan sombong, aku sapa dia plus senyum, "Hello, Mister.." Dia nggak respon sapaanku selama beberapa detik, sampe akhirnya dia jawab, "Hello, Miss.."

Azzz.. tuh bule kok responnya telat gitu ya? Orang lain mah kalo disapa tuh langsung jawab, ini mah udah lewat satu jam baru jawab *lebay* :P
Aku sempet ngira wujudku nggak keliatan lagi, makanya dia nggak respon. Well, dari hal itu, aku menarik kesimpulan bahwa native speaker kali ini kurang ramah. Setelah itu, kami sholat Ashar dan melakukan upacara pembukaan English Spring di aula.

Ternyata bener dugaanku. Bule yang aku temuin dan aku sapa dideket tangga itu adalah native speaker yang diundang sama kampusku. Dia pun memperkenalkan diri. Namanya Nate. Dia lahir di New York City, 31 tahun lalu, dan udah tinggal di Indonesia selama tiga tahun. Dia nggak menikah dan nggak suka dipanggil sir atau Mister. "Don't call me sir or mister. just call me Nate!" katanya. Well, mungkin ini kali ya alasan kenapa dia telat ngerespon sapaan ku. Dia nggak suka dipanggil mister, dia lebih suka dipanggil namanya aja, Nate. Untung aja dia nggak bilang gini, "Don't call me sir or mister. just call me EYANG!" :P

Trus dia juga sempet nunjukin gambar-gambar yang menunjukkan perbedaan antara New York dan Indonesia. Jelas aja kontras banget. Tapi dia bener-bener frontal banget tuh nunjukinnya, seolah-olah dia menyindir Indonesia gitu. Dia menunjukkan gambar kota New York yang bersih dan rapi, sedangkan Indonesia kotor dan kumuh. Dia juga menunjukkan transportasi di New York yang canggih dan modern, sedangkan Indonesia masih sederhana. Agak tersinggung juga sih. Ya emang sih, dia ngakunya itu cuman buat lelucon doang. Tapi kok kesannya dia meremehkan Indonesia gitu deh. Memalukan! Jujur, sebenernya aku lebih suka sama Erin (native speaker yang pernah dateng ke kampusku bulan Desember lalu) daripada dia. Coz Erin lebih ramah dan lebih bisa membangun suasana ketimbang Nate. Yah, itu sih menurutku. Nggak tau sih kalo menurut yang lain.

Setelah upacara pembukaan English Spring, kami menikmati hidangan coffee break, lalu mandi. Wow.. airnya dingin banget. Kalo air di Cirebon sedingin ini, mungkin aku bisa mandi empat kali sehari. Mwahahaha..
Setelah mandi, baru deh kami sholat Magrib, dan makan malam bersama.

Habis makan malam, kami sholat Isya, kemudian kembali ke aula dengan mengenakan kaos dari kelas masing-masing. Malam itu kami harus menampilkan kreativitas kami, yaitu menyanyikan lagu Indonesia yang dibahasa Inggriskan. Kami udah menyiapkan lagu milik Cascada yang berjudul Everytime We Touch. Sebenernya kami nggak boleh menampilkan lagu yang udah berbahasa Inggris dari sononya. Tapi karena pada males mikir, jadi yah kami pake lagu yang mirip banget (hampir nggak ada bedanya) sama lagu Cinta Satu Malam itu.

Semua peserta tampil dengan baik. Mereka semua kreatif. Nggak cuma nyanyi, tapi mereka juga punya koreografi. Kreatif banget. Tentu mereka udah mempersiapkan semuanya sejak jauh-jauh hari. Sedangkan kelasku? Nggak ada persiapan sama sekali! Sehingga ketika tampil, yang ada.. ANCUR ABIS!! Dari dua puluh mahasiswi dari kelas kami, nggak ada satupun yang hafal lirik. Aku hafal sih liriknya. Tapi aku cuma bisa menyanyikan lagu itu secara slow. Kalo nge-beat, aku suka bingung, coz banyak part-part lirik yang membingungkan. Entah gimana penampilan kami pas tampil malam tadi. Yang jelas, kami disorakin. Aku sendiri ngumpet dibalik punggung temen-temenku bareng Mella. Aku dan dia joget-joget nggak jelas aja gitu sambil ngumpetin muka. OMG.. malu banget, gilaaaa..!!

Well, ini memang sepenuhnya kesalahan kami. Kami kurang persiapan. Lagu itu baru dipersiapkan dua hari sebelum English Spring. Bukan cuma kurang persiapan aja yang jadi masalah, tapi juga karena kami kurang kompak. Lagu yang kami tampilkan itu adalah hasil keputusan dari beberapa orang aja, bukan hasil keputusan seluruh anggota kelas.

Jujur, aku iri sama anak-anak kelas lain. Mereka tuh kompak banget sama temen-temen sekelasnya. Mereka selalu nyatu. Nggak ada perbedaan dan pengelompokan diantara mereka. Sementara anak-anak dari kelas aku seolah terpisah menjadi beberapa kubu. Mungkin karena kelas kami isinya cewek semua kali ya.. nggak ada cowoknya, jadi nggak ada yang bisa memimpin dengan benar. Yah, kalo aku sih nggak pernah ngebeda-bedain temen. Intinya aku gabung ke siapa aja, kecuali orang-orang yang selalu memandang ih, lo tuh nggak selevel sama kita, alias pilih-pilih temen. Kalo yang kayak gitu sih, mending dihindarin aja deh. Yaaahh.. walaupun aku adalah tipe orang yang nggak gampang bersosialisasi, tapi aku tau siapa orang yang cocok diajak bertemen dan siapa yang enggak.

Mungkin kekurang-kompakan itu yang menyebabkan kami kurang dianggap sama dosen. Aku nggak asal ngomong nih, tapi emang ada beberapa insiden yang mengesankan bahwa kami kurang dianggap sama mereka. Haaahh.. ngenes deh..
Aku jadi makin nyesel masuk jurusan ini. Kali ini alasanku bukan cuman karena masalah peraturannya yang ribet, tapi juga karena apa yang udah aku uraikan tadi itu! Pleeease, anak SK.. kompak dong kayak yang lain.. (=__=)

Setelah menampilkan kreativitas masing-masing jurusan, kami istirahat deh. Kebetulan aku udah ngantuk banget dari sebelum tampil. Begitu masuk kamer, aku tidur. Sebenernya tadinya aku pengen nonton acara Mister Tukul dan Dunia Lain. Tapi karena mataku udah berat, akhirnya aku pules deh. Apalagi udaranya sejuk gitu, jadi nyaman tidurnya.

Sekitar jam tiga, aku melek gara-gara denger suara geter HP salah satu temenku. Suaranya nggak enak dan ngeganggu banget, "dddrrrrtt.. dddrrrrrtt.." gitu. Udah gitu pas aku melek, ternyata TV masih nyala. Pantesan kepalaku puyeng. Padahal sebelum tidur aku udah nasehatin temenku, "Kalo tidur TV nya dimatiin." Eh, ternyata mereka nggak dengerin omonganku. Akhirnya aku matiin deh TV nya. Setelah itu, karena masih ngantuk, aku tidur lagi.

Aku bangun sekitar jam setengah enam. Aku nggak sempet mandi, coz kami disuruh cepet-cepet ke aula untuk senam pagi. Tapi senamnya nggak karuan gitu deh. Maklum, yang mimpin senamnya kan bukan instruktur senam asli :P
Habis senam, kami sarapan, ganti pakaian Office Wear, dan kumpul lagi di aula. Pokoknya kegiatan kami disana tuh kegiatan, coffee break, kegiatan, makan, istirahat, kegiatan, coffee break, kegiatan, makan, istirahat.. gitu aja terus. Kami main game sampe siang. Tentu aja game nya berhubungan sama Bahasa Inggris. Ada game yang melatih kemampuan berbicara, ada game yang melatih kemampuan mendengar, ada game yang mempelajari grammar.. macem-macem deh. Awalnya aku semangat ngikutin game-game itu. Makanya aku aktif ngejawab beberapa soal yang diajukan. Tapi semakin siang, aku semakin ngantuk, sehingga pas memasuki game listening, aku nggak bisa konsen. Sumpah, aku pengen banget tidur!

Sekitar jam setengah satu siang, siap-siap untuk pulang. Sebenernya aku pengen banget tidur dulu sebentar. Tapi sayangnya waktu kami cuma setengah jam untuk berkemas-kemas, coz jam satu siang kami harus udah kumpul di aula. Sebelum pulang, kami menyaksikan pertunjukan hipnotis yang ditampilkan oleh salah satu mahasiswi dari kelas Akuntansi Junior. Namanya Lusy. Ini kedua kalinya aku ngeliat pertunjukan hipnotis dia. Sebelumnya aku ngeliat dia tampil pas Masa Orientasi Mahasiswa tahun lalu. Lumayan juga sih, ngilangin ngantuk. Aku puas ketawa ngeliat tiga orang mahasiswa dikerjain dibawah pengaruh hipnotis si Lusy. Hahaha..

Dan sekitar jam dua, kami meninggalkan hotel. Nate mengantar kepergian kami . Dia berdiri disebelah mobil yang ditumpangi aku dan temen-temen dari kelas Sekretaris dan ngucapin goodbye beberapa kali sambil melambaikan tangan. Well, goodbye, Nate!

Di mobil, seperti biasa aku duduk deket jendela sambil denger musik. Hmm.. sayangnya aku nggak punya dokumentasi kegiatan ini berupa foto, kecuali foto bareng para dosen dan Nate sebelum pulang tadi.




Haaahh.. English Spring.. Ternyata kegiatannya nggak seseru dan semenyenangkan yang aku bayangin sebelumnya. There were several bad and disappointing things happened. Awalnya aku pikir disana kami bakal bener-bener melewatkan kegiatan yang full English. Nggak cuma kegiatan, tapi berkomunikasi juga kudu full English. Tapi ternyata enggak. Kalo gini doang sih, ngapain buang-buang duit ke hotel toh? Sebenernya diselenggarakan di kampus juga nggak masalah. But yeah, whatever.. I'm happy enough for it.

Thanks for my room-mates, Aam, Nur Wakhidah, and Riris. Thanks juga buat My Chemical Romance, Black Veil Brides, Asking Alexandria, Sleeping With Sirens, dan Carrie Underwood yang setia nemenin aku selama di perjalanan.. ;)

Oh ya, makasih juga buat ibuku. Beliau baru aja pulang dari Bandung, dan aku dibawain oleh-oleh kaos My Chemical Romance. Yippiiiie!! :D

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;