Kamis, 26 September 2013

Gokilnya Kuliah Bahasa Jepang Hari Ini

Gokiiiil.. mata kuliah hari ini gokil deh! Aku dan temen-temen satu jurusan belajar Bahasa Jepang. Ini pertemuan kedua kami di mata kuliah ini. Sebenernya harusnya sih pertemuan ketiga, tapi minggu kemaren dosennya nggak masuk.

Well, sebenernya pelajarannya sih biasa aja. Hari ini kami diberi materi berupa kosakata bahasa Jepang yang biasa digunakan sehari-hari. Tapi yang bikin mata kuliah hari ini jadi gokil adalah temen-temenku tuh. Hari ini aku duduk dideket Ecin, Sherlly, dan Nur Wahidah. Didepanku ada Desi, Gia, Gisna, dan Fatimah. Sedangkan didepan mereka ada Ayu dan Maella. Nah, kebetulan rata-rata orang yang aku sebutin tadi itu adalah manusia-manusia yang rada nggak beres otaknya, alias gila, mulai dari gila level rendah, sampe gila akut. Mungkin diantara mereka, aku lah yang paling normal. Muehehe..

Mata kuliah dibuka dengan acara perkenalan menggunakan bahasa Jepang didepan kelas satu persatu. Sebelumnya, di pertemuan pertama kami udah dikasih naskah memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang. Kami tinggal ngapalin doang. Tapi sebagian besar dari kami belum hafal. Akhirnya dosen memberi kami waktu sepuluh menit untuk menghafal naskah itu. Eh, setelah sepuluh menit, malah nggak ada satupun yang mau maju kedepan kelas buat memperkenalkan diri. Masalahnya sih bukan karena hafal nggak hafal, tapi lebih karena canggung dan malu, coz kami nggak biasa mengucapkan kalimat dalam bahasa Jepang, sehingga ketika disuruh mengucapkan kalimat dalam bahasa Jepang, kami jadi ngerasa aneh gitu deh. Ya iyalah. Biasanya ngomong Javanese, sekarang malah disuruh ngomong Japanese. Lidahnya itu lho, masih kaku. Kami juga belum mengetahui betul gimana intonasi dan pronuncation (pengucapan) kalimat dalam bahasa Jepang. Jadi pas kami ngucapin kalimat-kalimat itu kok jadinya lucu gitu deh. Maklum aja lah, kami ini kan punyanya lidah jamblang, bukan lidah sushi. Mwahaha.. Selain itu kami kan nggak punya tampang yang ke-Jepang-Jepangan. Jadi ngerasa nggak pantes gitu. Satu-satunya yang punya tampang pantes itu cuma Gisna. Dia kan satu spesies sama manusia-manusia dari Asia Timur. Jadi kalo dia ngucapin kalimat dalam bahasa Jepang tuh udah kayak ngeliat personil AKB48 aja.. :P

Jadi sambil ngapalin, kami saling ngetawain satu sama lain. Haha..

Lama juga Deden Sensei nungguin kami maju kedepan kelas semua. Yah, bayangin aja.. harusnya kami mulai kuliah jam lima lebih sepuluh menit, tapi acara perkenalan diri itu baru kelar jauh setelah adzan Magrib berkumandang. Waktunya abis buat ngumpulin keberanian doang. Haha.. Untungnya dosen kami itu sabar banget lho.

Setelah acara perkenalan selesai, kami pun sholat Magrib dan istirahat. Sekitar jam tujuh, baru deh kami masuk lagi, dan diberi materi kosakata bahasa Jepang. Inilah ketika suasana menjadi semakin gokil. Bukannya belajar serius, kami malah bercanda dan main plesetan pake bahasa Jepang. Misalnya pas Sensei ngucapin kata bankon (aku lupa artinya apa), ada yang nyeletuk, "Apa? Bangkong? Kayak kodok.." Serentak kami pun ngakak. Emang gitu lho bacanya, bangkong. Kata bangkong ini disebut-sebut terus sampe jam kuliah selesai. Si Desi tuh yang paling sering ngucapin. Biar aja, habis ini aku sebut dia Miss Bangkong. Mwahahaha..

Menjelang pulang kuliah, aku dibikin ketawa lagi gara-gara Gia bilang, "Put, watashi wa embut-embut desu.." Maksudnya sih dia mau bilang, "Put, saya deg-degan", tapi dia ngomongnya gitu. Itu embut-embut tuh kata darimana coba? Wakakak..

Eh, sumpah.. aku ngetiknya sambil nyengir sendiri nih gara-gara inget suasana di kampus tadi. Malah pas pulang kuliah juga aku sempet nyengir sendiri di angkot. Tapi aku yakin nggak ada yang liat sih. Coz angkotnya juga nggak rame.

Haaahh.. tiap pertemuan aja deh kayak gini, biar kuliahnya nggak stress-stress amat gitu. Apalagi belajar bahasa Jepang itu ternyata nggak semudah yang aku kira. Kami juga harus belajar nulis huruf-hurufnya yang ada tiga jenis itu.. hiragana, katakana, dan kanji. Waduh.. gimana kalo ada mata kuliah Bahasa Mandarin juga ya. Bakalan serumit apa gitu. Kalo Jepang sih masih mending, coz aku masih ada ngerti-ngertinya walau sedikit. Tapi kalo Mandarin.. waduh, jangan ditanya deh. Walaupun aku sering nyanyiin lagu Mandarin macam lagu-lagunya Jay Chou, Toro, dan F4, tapi aku nggak ngerti kata-katanya. Yang aku tau cuma ni hao ma, xie-xie, dan wo ai ni doang. Muehehe..

BTW, belakangan ini aku baru nyadar kalo semester ini sama sekali nggak ada mata kuliah English di kampus. Sumpah, aku kecewa berat waktu aku menyadari hal ini. You know lah.. Bahasa Inggris tuh mata kuliah favoritku dan bisa dibilang satu-satunya api penyemangat aku untuk kuliah. Semangat aku rada menurun deh kalo gini. Yah, kalo sekarang-sekarang ini sih mungkin ada mata kuliah Korespondensi Bahasa Indonesia yang bikin aku rada semangat. Itu pun karena dosennya sering membahas tentang sastra dan karena mata kuliahnya belum rumit-rumit banget. Entah gimana jadinya kalo kami udah mulai disuruh belajar surat menyurat.


0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;