Minggu, 29 Juni 2014

I Love Books!

Aku suka baca, khususnya majalah dan novel atau buku cerita. Tapi belakangan ini aku lagi suka novel atau buku cerita sih. Buku yang terakhir aku beli adalah buku Radikus Makan Kakus tulisan Bang Raditya Dika, dan novel berjudul Mencarimu karya Retni SB. Aku beli dua buku itu seminggu yang lalu, tepatnya hari Sabtu tanggal 21 Juni. Waktu itu aku baru aja pulang bertugas jadi panitia perekrutan karyawan baru RSIA Cahaya Bunda di GOR Bima, dan langsung meluncur ke Cirebon Mall. Yah, bukan ke Cirebon Mall-nya sih, lebih tepatnya ke pedagang buku kaki lima didepan toko batik. Aku memutuskan buat nyari buku disana karena harganya yang murah. Buku best seller aja harganya nggak nyampe tiga puluh ribu kalo beli disitu. Beda kalo beli di toko buku yang harganya bisa diatas lima puluh ribu. Ya emang sih, nggak semua buku yang kita cari ada disitu. Tapi kalo mau, kita bisa pesen kok.

Sesampainya disitu, aku langsung tanya ke ibu-ibu penjualnya. Belakangan aku tau, namanya Ibu Imas. Bu Imas ini ramah banget orangnya. Jangankan yang mau beli dagangannya, yang cuma liat-liat aja dia senyumin.

"Ada novel, Bu?" tanya aku.
"Banyak, Neng," jawabnya. Kemudian beliau mengeluarkan setumpuk novel yang dia punya. Dan aku pun melihat tumpukan novel itu satu persatu, tapi nggak ada novel yang aku cari.
"Novel 5 cm, Twilight gitu nggak ada, Bu?" Oke, emang ketinggalan jaman banget, hari gini nyari novel 5 cm dan Twilight.
"Oh, lagi kosong, Neng. Kalo mau kesini lagi aja hari Kamis, nanti Ibu bawain".
Kemudian aku pun mengiyakan, dan me-request satu buku lagi kepada beliau. Selain dua buku tadi, aku juga pesen satu buku tulisan Christian Simamora. Aku kasih juga nomor HP aku. Setelah itu aku pun pamit dari situ dan langsung masuk ke Toko Gunung Agung yang letaknya nggak jauh dari pintu masuk Cirebon Mall.

Di toko itu, aku langsung meluncur ke rak-rak novel. Aku langsung ngambil buku Radikus Makan Kakus yang sejak awal udah jadi target pencarian aku. Tapi aku masih ngerasa kurang. Aku pengen beli satu atau dua buku lagi. Daaaann.. seperti biasa, aku pun galau karena bingung mau beli novel apa. Terlalu banyak pilihan. Rasanya buku-buku itu pengen aku borong semua, namun apa daya budget tak memungkinkan. Tapi ini masih mending, karena pilihan bukunya nggak sebanyak di Gramedia. Kalo di Gramedia.. hadeeeehh.. bisa lebih galau lagi aku! Aku menimang-nimang beberapa buku di tangan aku, sampe-sampe seorang mas-mas pramuniaga menawarkan sebuah kantong. Dia kira aku mau beli buku-buku itu kali, padahal aku cuma lagi mikir-mikir doang. Hahaha.. Akhirnya pilihan aku jatuh pada buku Mencarimu  karya Retni SB itu. Kenapa aku pilih buku itu? Karena dari sinopsisnya sih, buku itu menceritakan tentang seorang anak yang mencari bapaknya gitu deh. Dan karena buku itu tampak menceritakan tentang anak dan bapak, aku jadi tertarik. Coz aku pikir, pasti ceritanya mengharukan. Mwehehe..

Setelah membayar ke kasir, aku pun langsung pulang. Tapi buku-buku itu nggak langsung aku baca sih, tapi aku simpen dulu selama beberapa hari. Mau UAS soalnya. Huaahh..

Baru hari Kamis kemaren aku bisa baca buku-buku itu. Buku Radikus Makan Kakus udah selesai aku baca kemaren. Saat ini aku lagi dalam proses melahap buku tulisan Retni SB. Anyway, baru tadi aku tau kalo penulisnya itu orang Cirebon. Hmm..
Andai aku punya banyak waktu luang minggu ini, buku setebel 293 halaman itu pasti bisa aku lahap dalam waktu dua atau tiga hari. Sayangnya besok dan beberapa hari kedepan aku masih ada UAS dan Uji Kompetensi. So, buku itu baru aku baca sampe halaman 70 doang.

Balik lagi ke masalah hobi membaca aku. Aku sering berharap bahwa aku adalah anak dari pemilik toko buku. Well, kalo aku punya banyak buku, aku pasti nggak bakal bosen dirumah. Aku juga pasti bakal mengenal banyak nama penulis dan karya sastra, kayak dosen Bahasa Indonesia aku di semester tiga lalu. Beliau punya banyak wawasan mengenai karya sastra. Keren banget.

Aku udah suka baca sejak SD. Dulu aku hobi banget ngoleksi komik-komik Petruk Gareng karya Om Tatang S. Komik-komik itu aku beli dari Mang Dul, salah satu penjual mainan di sekolah aku. Harganya murah banget, cuma lima ratus perak. Aku nggak peduli sama larangan ibu dan bapak karena komik-komik itu nggak cuma menceritakan tentang setan, siluman dan sebangsanya yang bikin aku jadi parnoan, tapi juga karena bahasanya yang terlalu kasar dan vulgar. Nggak jarang, banyak gambar-gambar yang mempertontonkan aurat gitu deh. Tapi aku tetep suka beli dan baca komik-komik itu. Nggak tau deh. Seru aja gitu baca cerita-cerita setan, walau akhirnya malemnya kadang aku suka takut tidur atau ke kamer mandi sendirian. Sekarang aku nggak tau deh dimana komik-komik itu berada.

Sering juga aku beli majalah-majalah Bobo bekas di sekolah. Waktu itu harganya cuma seribu perak. Padahal harga majalah Bobo yang baru (waktu itu) sekitar tujuh ribuan kalo nggak salah. Rasanya seneng banget kalo ada penjual majalah itu mampir ke sekolah. Majalah-majalah itu sampe numpuk di lemari. Sampe sekarang masih ada, karena aku nggak pernah ngijinin ibu buat ngebuang atau ngejual majalah-majalah itu ke tukang rongsok.

Dulu, setiap main kerumah sodara, aku selalu nyari bahan bacaan. Kalo kerumah adiknya nenek, aku selalu nyari majalah Misteri. Kalo main kerumah kakaknya bapak, aku selalu nyari majalah Hidayah. Aku nggak peduli walaupun majalah-majalah itu akhirnya malah bikin aku parno sendiri.

Karena hobi aku itu, aku dijulukin kutu buku. Waktu dulu adik-adik dari bapak aku sering banget ngasih aku buku bacaan. Dan biasanya aku bakal seneng banget kalo mereka ngasih buku. Waktu om dan tante aku ngajak aku liburan di Bogor sembilan tahun lalu juga aku betah banget. Coz meskipun rumah yang mereka tinggalin kecil banget, tapi aku ngerasa kerasan karena mereka punya sebuah rak yang penuh dengan majalah Ummi. Sepanjang hari aku betah banget duduk di karpet sambil melahap abis majalah-majalah itu, walau yang aku baca sebenernya cuma bagian-bagian cerpennya doang.

Saat ini aku punya enam buku tulisan Raditya Dika yang aku beli pake uang aku sendiri, novel Laskar Pelangi yang aku beli di lapak Bu Imas seharga dua puluh ribu doang (padahal kalo di toko buku harganya bisa nyampe enam puluh ribu), buku Habibi dan Ainun yang juga aku beli di lapak Bu Imas seharga dua puluh lima ribu, novel Ayat-Ayat Cinta dan The Forgotten Massacre yang per bukunya aku beli seharga lima belas ribu waktu ada baazar di Gramedia, novel Surat Kecil Untuk Tuhan, novel Terowongan Casablanca, novel Get Married, buku Lupus, empat novel serial anak yang aku beli pas jaman SD (ada juga yang dikasih sama om), novel Terjebak Dunia Gaib Rimba Kalimantan, buku Totto Chan yang juga dikasih sama om, novel Mencarimu yang baru aku beli, beberapa komik, dan kumpulan cerpen. Dari semua buku itu, jangan kira semuanya udah aku baca. Hahaha..

Aku belum selesai baca novel Habibi Ainun dan The Forgotten Massacre. Well, walaupun aku suka baca, tapi kalo cara penyampaian penulisnya kurang cocok buat aku ya aku jadi nggak semangat gimana gitu bacanya. Apalagi novel The Forgotten Massacre. Novel ini menceritakan tentang Tragedi G-30-S PKI dan ditulis oleh seorang pria berkebangsaan Denmark yang merupakan saksi hidup dari peristiwa itu. Dengan kata lain, novel ini adalah novel terjemahan. Dan yang namanya karya tulis terjemahan itu, bahasa dan penyampaiannya kadang jadi aneh. Apalagi buku ini berisi tentang sejarah dan politik. Haduuuhh.. berat deh. Alhasil, dari 442 halaman, aku baru baca sampe halaman 162. Ada kali satu tahun aku nggak baca buku itu. Haha.. Yah, bukan salah penulisnya sih. Akunya aja kali ya yang kurang cocok sama buku-buku orang pinter macam begitu. Hmm..

Sering sodara dan temen-temen aku pinjem buku-buku aku itu. Tapiiii.. aku paling sebel deh ya kalo aku minjemin buku ke orang-orang yang kurang punya tanggung jawab. Bukannya mereka ngilangin bukunya, tapi mereka kurang menjaga. Aku kalo punya buku, apalagi buku ori, pasti aku jaga banget. Ngebaca dan ngebuka halamannya aja aku selalu super hati-hati. Aku nggak bakal biarin sampul atau bagian dalemnya ada yang tertekuk, basah, kena noda, apalagi sampe robek. Aku bakal bad mood banget kalo sampe itu terjadi, walau aku nggak nunjukin perasaan itu secara langsung. Dan sayangnya, kebanyakan dari orang-orang yang minjem buku aku itu adalah orang-orang yang demikian. Buku Manusia Setengah Salmon aku aja halamannya ada yang robek gitu. Haduuuhh.. buku kesayangan aku padahal.. (=__=')

Sebenernya banyak banget buku yang pengen banget aku punya tapi belum kesampean baik itu karena susah dicari ataupun karena nggak punya duit lebih buat beli (maklum, belum bisa menghasilkan uang sendiri. hiks..). Misalnya aja seri buku-buku Twilight Saga dan The Vampire Diaries, novel Lucian, buku-buku Sherlock Holmes, The Exorcism, dan buku berjudul Sybil yang aku cari sejak SMA tapi belum ketemu sampe sekarang. Aku juga pengen banget ngoleksi buku-buku serial Goosebumps. Sekarang udah nggak ada lagi tuh di toko buku, padahal aku suka bacanya. Iya sih, aku bisa aja download e-booknya, tapi kan nggak semua buku yang aku cari ada e-booknya. Belum lagi e-book itu biasanya ber-virus gitu deh, trus kurang nyaman dibaca juga. Buat aku sih lebih enak baca buku fisik ketimbang e-book.

Selain suka baca, dari dulu aku juga suka membuat karya tulis kayak cerpen, dongeng ataupun puisi. Karya-karya tulis itu aku tulis di buku khusus. Aku nggak pernah mengirimkan karya-karya tulis aku ke majalah atau koran, walau om dan tante aku selalu mendukung aku untuk itu. Aku nggak berani. Alhasil, tulisan-tulisan itu cuma aku simpen buat aku baca sendiri. Kadang temen-temen aku juga baca. Banyak yang bilang karya aku bagus, padahal sebenernya kalo diinget-inget karya-karya tulis aku bisa dibilang menggelikan dan pasaran banget.

Anyway, aku berharap bahwa aku adalah seorang mahasiswa jurusan Seni Sastra, bukan Sekretaris. Aku pengen bisa menulis dengan baik. Tapi ya mau gimana lagi? Sekarang-sekarang ini aku terdorong untuk kembali menulis cerita fiksi. Aku punya beberapa ide cerita di kepala aku. Udah aku ketik juga. Ada tuh draft-draftnya di folder My Documents di laptop aku. Tapi ya gitu deh.. baru setengah jalan semua. Hahaha..

Entahlah. Setiap kali membuat karya tulis, aku selalu nemuin kendala di tengah-tengah. Aku sering bingung gimana caranya menuangkan ide yang ada di kepala aku kedalam sebuah tulisan yang menarik buat dibaca. Yah, pelan-pelan deh aku selesein. Kalo udah selesai nanti, aku pengen banget ngirimin karya aku ke redaksi majalah. Kali aja kan diterima, trus dapet honor? Bukankah banyak orang yang nggak punya pengetahuan luas tentang seni sastra tapi bisa jadi penulis terkenal? Haha..

Ya harapan aku nggak muluk-muluk sih. Aku nggak seberani itu berharap jadi penulis terkenal. Setidaknya hobi aku bisa disalurkan menjadi sebuah karya dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, itu udah lebih dari cukup buat aku. Yak, semangat! Setelah UAS dan Uji Kompetensi, aku lanjutin karya tulisku.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;