Minggu, 09 September 2012

OSPEK = Torment :P

Well, kali ini aku bakal cerita tentang pengalaman yang aku alamin selama beberapa hari ini, yang bikin badanku bener-bener drop kayak sekarang ini (untungnya masih bisa ngetik walau dikuat-kuatin sih..)

Tanggal 5 kemaren, tepatnya hari Rabu sore, aku registrasi masuk ke kampus LP3I. Aku kesana bareng ibu. Awalnya kami dateng ke kampus yang ada didaerah Tuparev, tapi ternyata kampusnya udah pindah ke daerah Kedawung. Jadi aku sama ibu kesana. Disana kami langsung menghadap bagian administrasi kampus itu. Trus bagian administrasi itu ngasih formulir yang harus aku dan ortu-ku isi. Ternyata, besok aku dan para calon mahasiswa yang lainnya udah mulai OSPEK, coz hari itu adalah hari terakhir untuk registrasi..!! Gila. Aku kaget lah, of course, secara aku belom ada persiapan. Mana perlengkapan yang harus dibawa banyak banget lagi. Seperti OSPEK-OSPEK pada umumnya, kami disuruh bawa dan pake perlengkapan yang aneh-aneh.. topi bola, pita rambut warna biru dan putih, dot, papan nama, ikat pinggang dari permen, tas dari karung goni, kaos kaki dengan warna yang beda satu sama lain, tali sepatu tiga warna, balon warna biru dan putih.. macem-macem deh. Belom lagi kudu bawa makanan ini itu. Masa aku harus nyari itu semua dalam waktu beberapa jam aja? Mana tuh OSPEK mulainya dari jam setengah lima pagi lagi. Bayangin, jam setengah lima pagi, aku dan para calon mahasiswa lainnya harus udah kumpul di lapangan PMI buat ngikutin OSPEK!! Tapi untungnya pihak LP3I ngasih aku keringanan. Bagi para calon mahasiswa yang baru daftar, kami diperbolehkan bawa perlengkapan seadanya. Ga perlu lengkap. Ah, thanks God..

Setelah itu, kami pulang. Tapi ibuku cuma pulang sebentar buat ngambil biaya administrasi aku selama satu tahun kuliah, setelah itu balik lagi kesana. Sementara aku nyiapin perlengkapan yang harus dibawa besok.
Malemnya, aku nyari perlengkapan lain yang dibutuhin buat OSPEK besok.

Sumpah, aku deg-degan banget waktu itu. Perasaanku nggak enak terus, terus, dan terus. Waktu aku ngeluh tentang hal ini di grup SP di Fabook, beberapa temen dari grup itu ngasih aku motivasi untuk calm down dan nggak panik. Aku jadi sedikit lebih tenang.

Besoknya aku bangun jam tiga dini hari. Aku nyiapin semuanya. Setelah siap, dengan berat hati aku ninggalin rumah. Aku berangkat sendiri naik becak. Eh, nggak sendirian juga deng, tapi bareng tukang becak. Hehe..
Aku pergi dengan feeling makin ga enak. Lebih nggak enak dari kemaren. Ditambah lagi cuaca yang dingin waktu itu. Dingin banget. Rasanya aku pengen nangis, entah kenapa. Mungkin karena saking nervousnya. Ya, seperti biasa.

Di perjalanan menuju kampus, aku ngeliat sekelompok orang dengan perlengkapan OSPEK dibadannya lagi jalan kaki. Aku makin heran ketika aku ngeliat beberapa kelompok orang ngumpul disebuah lapangan. Lapangan PMI. Mereka pake seragam OSPEK LP3I. Aku pikir, kok orang-orang itu pada ngumpul di lapangan itu, bukan di kampus? Aku makin panik, sementara becak terus melaju. Aku calling ibu aku. Trus ngomongin masalah itu. Trus ibuku bilang, "Oh iya, iya.. OSPEK nya di lapangan itu, bukan di kampus.." Azzz.. parah banget. Aku lupa, ortuku juga lupa kalo OSPEK nya di lapangan itu, bukan di kampus. Padahal jelas-jelas bagian administrasi LP3I yang kemaren itu udah ngasih tau dimana lokasi OSPEK nya. Setelah itu, aku langsung ngomong ke tukang becaknya buat balik lagi ke lokasi dimana calon-calon mahasiswa LP3I itu ngumpul. Setelah nyampe, aku turun dan ngucapin makasih ke tukang becak itu. Trus gabung deh sama calon-calon mahasiswa lain yang penampilannya udah pada kayak orang gila itu. Diantara mereka cuma aku yang paling beda. Penampilan aku lebih normal. Mereka pake kaos seragam OSPEK LP3I, sepatu kets item, dan berbagai atribut yang aneh-aneh. Sedangkan waktu itu aku pake kaos MCR, dan sepatu kets abu-abu. Cuma celana training dan rambut berpita doang yang sama. Itupun warna pita rambutku salah. Aku nanya ke salah satu peserta cowok yang berkacamata, "Peserta OSPEK LP3I ya? Kakak kelasnya dimana ya?" Parah, aku salah ngomong. Ini OSPEK masuk kuliah, meeeenn.. bukan masuk SMP atau SMA. Masa aku ngomong 'kakak kelas'? Yang bener kan 'kakak senior'.
Trus peserta OSPEK itu jawab, "Hmm.. temuin panitianya aja disana.."

Setelah ngucapin makasih ke cowok itu, aku langsung temuin salah satu panitia cowok yang lagi duduk-duduk di pinggir jembatan. Panitia itu nyuruh aku gabung sama peserta lainnya buat absen. Trus aku gabung deh sama peserta-peserta itu. Pas giliran aku absen, aku bilang ke panitia bagian absensi itu (namanya Kak Ayu) kalo aku peserta baru. Trus aku disuruh misahin diri, duduk di halaman stasiun Radio Ranggajati FM yang ada disebelah lapangan itu. Beberapa lama nunggu, seorang panitia cewek yang berbadan gemuk (namanya Kak Tyas)  nyamperin aku. Dia ngasih aku kaos seragam OSPEK, trus nyuruh aku ganti baju. Aku ganti baju di toilet masjid didaerah situ. Setelah ganti baju, aku malah dibentak dua orang senior cewek, "Heh, kamu telat! Cepet lari, lari!!" Peserta OSPEK yang lain udah pada kumpul dan duduk-duduk di lapangan. Aku lari dan disuruh Kak Ayu buat misahin diri lagi. Jadi aku duduk di halaman Ranggajati FM lagi.

Beberapa lama kemudian, seorang cewek dengan sweater merah nyamperin aku. Dia duduk disebelah aku dan ngajak aku kenalan. Namanya Sherly. Dia alumni dari salah satu SMA di Magelang. Aku kalo ngeliat dia suka inget Afika, bintang iklan yang unyu-unyu itu. Entah kenapa. Padahal ga mirip. Sherly ini peserta baru juga. Sama kayak aku. Lumayan sih orangnya, dan kalo ngomong suaranya imut banget khas ABG labil. Pas kami lagi ngobrol-ngobrol, salah satu senior nyuruh kami beli balon warna biru dan putih. Of course dong kami nurut. Kami beli balon didepan lapangan. Ternyataaaa.. harga balonnya mahal bangeeett! Masa sepasang balon harganya sepuluh ribu. Ga boleh ditawar lagi. Mending kalo balonnya gede, trus bagus ada gambarnya. Ini mah udah kecil, polos, dekil pula..
Tapi karena kepepet, kami beli juga tuh balon. Setelah beli balon, kami ngobrol-ngobrol lagi. Tiba-tiba datenglah seorang cowok dengan kemeja putih. Namanya Khaerudin. Dia peserta baru juga. Diem-diem aku lega juga sih, coz aku nggak sendirian. Ada Sherly dan Khaerudin yang sama-sama peserta baru kayak aku.

Trus kami bertiga disuruh gabung ke kelompok-kelompok yang udah ada. Sherly masuk ke kelompok Nigeria, sedangkan aku dan Khaerudin masuk ke kelompok Inggris. Ah, nervous banget aku. Ternyata walau udah usaha buat ga panik, tetep aja aku panik. Susah emang yang namanya SP. Disana, kami ga boleh pegang HP. Jadi HP nya dikumpulin ke Pembina Kelompok (PK) masing-masing. Dan aku kaget setengah modar waktu aku denger bahwa, kami nggak boleh pulang, alias nginep tiga hari dua malem! Maigaaaawwdd.. sehari aja aku ga sanggup, apalagi tiga hari! Mana aku ga bawa perlengkapan nginep lagi. Trus aku juga ditagih uang patungan sebesar 55 ribu buat sewa tenda, dan aku nggak bawa duiiiitt..!! Jadi aku minta izin deh ke pembina kelompok Inggris (biasa dipanggil Miss Yanti) buat ngehubungin ibu aku sebentar. Aku telpon ibu. Aku bilang ke beliau kalo aku bakal nginep, dan minta tolong ke beliau buat bawain uang dan perlengkapan nginepku.

Seharian kami beraktivitas disana. Dikelompok itu, aku cukup deket sama Ati, Nia, dan Muhipah.Tapi nggak akrab. Aku ngerasa bahwa aku nggak bisa bersatu dengan kelompokku sendiri. Waktu ngumpulin perlengkapan di kampus yang lama, aku nggak ngumpulin tas itu bareng temen-temen kelompokku. Aku misah sendiri. Mereka jajan sendiri bareng temen-temennya, aku ga diajak. Trus waktu berjalan menuju kampus baru, aku juga jalan sendirian. Bukan karena aku yang mau sendirian, tapi karena temen-temen satu kelompokku seolah ngejauhin diri dari aku. Aku jalan disebelah mereka (maksudnya biar jalan bareng gitu), mereka malah ngobrol sendiri bareng temen-temen akrab mereka. Aku dicuekin. Mereka juga jalannya bareng temen-temen akrab mereka aja. Aku ditinggal. Ya udah, apa boleh buat. Aku jalan sendirian aja didepan mereka. Trus waktu di kampus baru juga nggak jauh beda. Yang lain mah kalo ke toilet bareng-bareng, aku sendirian. Mereka makan dan jajan di kantin bareng-bareng, aku sendirian. Mereka jalan-jalan ngelilingin kampus, aku jalan-jalan sendirian kayak anak nyasar. Mereka foto-foto bareng kelompoknya, aku duduk sendirian di tangga. Aku jadi ngenes sendiri. Ngenes. Yah, siapa sih yang nggak ngenes kalo digituin? Sumpah, rasanya aku pengen nangis. Aku nggak betah sama sekali disana. Aku pengen pulang. Aku nggak habis pikir, apa sih yang salah dari aku? Serba salah deh.. aku diem aja, nggak dapet temen. Aku aktif kenalan dan ikut gabung sana-sini, nggak dapet temen juga. Kenapa seolah-olah nggak ada yang mau temenan sama aku? Bahkan dua temen SMP aku yang ikut OSPEK disitu pun nggak nemenin aku. Emangnya aku ini punya penyakit menular apa?

Aku jadi sadar bahwa betapa berharganya seorang temen. Aku jadi inget Rohayati dan Putri Ayu. Tiba-tiba aku kangen banget sama mereka. Andai mereka atau salah satu dari mereka ada disana, aku nggak akan kesepian setengah mati kayak gitu. Aku dan mereka pasti bakal jadi temen yang lengket dan nggak akan misah-misah. Sumpah, daripada kayak gini, mending aku tinggal sendirian di pulau yang bener-bener kosong. Coz walaupun tempatnya rame sekalipun, aku tetep ngerasa sendirian. Ga ada yang ngajak ngobrol, ga ada yang bisa dimintain bantuan. Rasanya aku pengen nangis dan teriak sekerasnya. Tapi aku tahan-tahan deh. Ngenes bener-bener ngenes.

Kami nginep satu malem di kampus baru. Trus besoknya (Jum'at, 7 September) kami prepare buat kemping ke Waduk Dharma, Kuningan. Setelah sholat Jum'at, kami berangkat naik mobil Brimob kayak korban razia gelandangan. Untung aku dapet tempat duduk yang lumayan enak, walau kaki kaku karena gak bisa selonjoran selama sekitar dua jam. Ya iyalah, mobilnya padet banget gitu looohh..

Sampe disana, kami ngebangun tenda. Sayangnya tenda punya kelompokku kurang bagus. Nggak ada tutupnya. Beda sama punya kelompok cowok. Pengen dituker, tapi udah keburu dibangun. Udah sore pula. Jadi ditutupnya pake tiker gitu. Setelah isya, kami kumpul di lapangan buat nyalain api unggun dan ngadain pensi. Cuaca bener-bener dingin banget. Awalnya kami nggak boleh pake baju anget. Tapi karena banyak yang ngeluh kedinginan, akhirnya kami pake.

Ada satu hal yang bikin nyesek waktu aku mau ngambil baju anget dan sarung tangan aku di tenda. Kan ceritanya aku kehilangan baju anget dan sarung tangan aku. Aku cari-cari di tenda kelompok aku nggak ada. Trus aku cari ke tenda kelompok lain, siapa tau aku salah naro gara-gara buru-buru. Karena aku nyari ke tenda kelompok lain, of course dong aku nggak bisa asal masuk gitu aja. Jadi aku tanya baek-baek ke penghuni-penghuni tendanya, plus senyum ramah aku. Aku tanya, "Teh, permisi. ada yang liat baju anget dan sarung tangan saya nggak? kayaknya saya salah naro.. Barangkali ada disini.." Eh, aku malah dicuekin. Satupun nggak ada yang respon, apalagi jawab. Sapa coba yang nggak gondok kalo dicuekin kayak gitu? Sumpah yaa.. masa-masa OSPEK bener-bener bikin aku banyak-banyak ngelus dada, banyak-banyak sabar. Adaaaa aja yang bikin ngenes. Jadi yaaa gara-gara nggak ada yang respon pertanyaan aku, akhirnya aku masuk aja ke tenda itu, daripada aku mati menggigil di lapangan gara-gara nggak pake baju anget dan sarung tangan. Ternyata dugaan aku bener. Baju dan sarung tangan aku ada disitu. Parah ya.. ceroboh amat aku, sampe salah naro barang di tenda orang. Ckckck..

Kelompok kami nggak nampilin pensi, tapi cuma nonton doang. Haha.. Syukur deh :P

Acara api unggun dimulai dengan nyalain kembang api. Kembang api-kembang api itu meletus tepat diatas kepala kami. Keren banget. Baru kali ini aku ngeliat kembang api sedeket itu. Setelah itu.. wuss.. api unggun dinyalain. Lumayan juga, anget. Pentas seni yang ditampilin bagus-bagus. Aku paling suka seni yang ditampilin sama kelompok Ukraina dan Meksiko. Kelompok Ukraina nampilin tari topeng yang ditampilin sama Leni, temen SMP aku. Sedangkan kelompok Meksiko nampilin drama musikal dan hipnotis! Iya, bener. Hipnotis. Itu yang paling aku suka. Hipnotisnya bukan hipnotis boongan loh, tapi beneran. Yang bisa ngehipnotis itu namanya Lusi kalo ga salah. Cewek berkerudung ini milih dua orang untuk dihipnotis. Orang yang satu adalah kakak senior (aku lupa namanya siapa), yang satunya lagi adalah peserta OSPEK, namanya Dasuki. Mereka disuruh joget, trus disuruh memperagakan hobi masing-masing. Dasuki memperagakan main bola, sedangkan kakak senior itu memperagakan main game. Dia berlagak kayak megang senapan gitu sambil teriak-teriak, "Dor! Dor! Dor!" Trus dia nyamperin temen-temennya sambil bilang, "Awas, bro, ada musuh.. Ada musuh.." Gokil! Aku sampe puas ketawa-ketawa ngeliat mereka berdua. Diem-diem aku juga kagum banget sama si Lusi. Di usia semuda itu, 18 tahun maybe, dia udah bisa ngehipnotis orang. Aku jadi pengen kenalan sama dia. Pengen tanya-tanya dia belajar dimana. Trus bisa kali ya dimintain tolong sembuhin phobia-ku. Yah, semoga aja dalam waktu deket aku bisa bertemen sama dia.

Acara itu kelar sekitar tengah malem. Habis nonton pensi, kami tidur. Cuaca semakin dingin malem itu. Aku nggak bisa tidur nyenyak gara-gara kedinginan. Sampe menggigil gitu. Padahal udah pake baju anget, sarung tangan dan kaos kaki. Tapi dinginnya tetep kerasa nusuk tulang. Nyesel aku nggak bawa syal, jaket dan topi.

Besoknya (Sabtu, 8 September), kami ngadain outbond. Kami harus bawa air didalem topi bola. Air itu nggak boleh kurang dari satu senti. Kadang kami juga harus jalan sambil jongkok. Games nya juga menantang semua. Di pos pertama, kami harus ngambil koin didalem tepung pake mulut, trus loncat-loncat ngelewatin ban. Di pos kedua, kami harus ngerayap di lumpur, trus ngumpulin air didalem plastik. Di pos ketiga, yang cowok harus bergelantungan di bambu berlumpur, sedangkan yang cewek harus duduk dibambu itu sambil jalan (duduk sambil jalan gimana caranya coba? susah deh ngejelasinnya). Di pos keempat, kami harus manjatin ban-ban gitu. Tapi di pos kelima, aku tumbang. Aku nggak bisa ngelanjutin game karena kakiku sakit pas lagi bending. Kepalaku juga pusing, perutku sakit. Padahal itu game terakhir. Ngerasa bersalah juga sama temen-temen kelompok. Mereka pasti kecewa sama aku. Entah kenapa hari itu aku ngerasa sial banget. Di pos pertama aku udah ngecewain mereka karena salah mainin game. Harusnya setelah ngambil koin, aku ngeloncatin ban. Eh, aku malah langsung menghadap kakak senior. Aku jadi dimarahin. Di pos kedua, kakiku keperosok dan nyangkut di jembatan bambu, sampe susah keluar. Pengen cepet malah jadi lama. Di pos kelima aku malah tumbang. Siaaaall.. Ga enak udah ngecewain temen-temen kelompok.

Gara-gara outbond, sepatu dan tas kesayangan aku jadi kotor banget banget. Selama ini aku selalu berusaha buat ngejaga dua barang kesayanganku itu biar nggak kotor atau rusak. Sekarang malah kotor banget. Tas tengkorakku malah bukan cuma kotor, tapi juga robek bagian belakangnya makin gede.

Jam tiga sore, kami prepare buat pulang. Sebelum pulang, kami ngadain upacara penutupan OSPEK dulu. Ada juga pembagian hadiah untuk kelompok, peserta dan pensi terbaik. Sayangnya kelompokku nggak menang. Sekitar jam lima sore kami pulang. Aku bersyukur banget, akhirnya OSPEK menyebalkan ini kelar juga.

Pas nyampe kampus (sekitar jam setengah delapan kalo ga salah waktu itu), aku nggak bisa langsung pulang gara-gara nggak ada angkot. Padahal udah kebelet banget pengen pipis. Aku juga kangen rumah, kangen keluarga, kangen kamer.. bahkan aku kangen kamer mandi. Bayangin aja, tiga hari aku nggak mandi dan nggak BAB. Apalagi habis kotor-kotoran. Parah.
Aku nge-SMS ibu dan adik aku. Ternyata adik aku juga lagi ada nggak jauh dari tempat aku nunggu angkot. Dia nyamperin aku pake sepeda. Karena nggak ada angkot, akhirnya kami nyari becak bareng. Sialnya, para tukang becak pada nolak nganterin aku pulang dengan alasan rumah aku jauh. Sampe akhirnya aku nemuin tukang becak yang udah tua. Setelah bernegosiasi masalah ongkos, aku naik becak itu. Awalnya aku takut sama tukang becak itu. Coz dia bilang, "Jangan takut sama bapak, Neng. Bapak orang baik-baik.."

Jujur, dia ngomong kayak gitu, aku malah makin takut. Mana aku naik becak sendirian lagi. Trus jalannya ngebut banget. Takut diculik. Hahahaha..
Untungnya adik aku juga pulang. Jadi dia ngikutin dari belakang, naik sepeda. Tapi ternyata dugaan aku salah. Tukang becaknya baik banget malah. Dia ngajak aku ngobrol sepanjang jalan. Dia cerita tentang keluarganya gitu. Akhirnya aku pun pulang dengan selamat. Alhamdulillah.

Dan hari ini.. badanku nge-drop dengan sukses. Dari ujung kepala sampe ujung kaki sakit semua. Dan tadi sore pas bangun tidur kepalaku sakit luar biasa. Badanku juga panas. Sampe nggak kuat bangun gitu. Udah berasa kayak habis digebukin orang satu kampung. Parah, parah.. Padahal besok harus udah mulai kuliah. Gara-gara ikut outbond nih kayaknya. Tapi setelah dipijitin ibu dan minum obat, sekarang sakitnya udah mendingan. Walau masih kerasa sakitnya, dan perut mual kayak pengen muntah, tapi masih mending daripada waktu tadi sore. Yah, mudah-mudahan aja besok udah fit. Sekarang mah beda ya. Kuliah beda sama sekolah. Kalo di masa-masa sekolah, sakit kayak gini bisa ijin nggak masuk. Tapi kalo kuliah, aku nggak bisa main ijin seenaknya.

Jujur deh, aku deg-degan untuk besok. Kira-kira di kelas sekretaris aku bisa dapetin temen deket nggak yah? Coz temen-temen yang aku kenal deket nggak ada yang masuk jurusan sekretaris. Well, mudah-mudahan ada deh. Amin.


0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

 
;